--> Skip to main content

Pengertian Kalimat Tanya Klarifikasi dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Kalimat Tanya Klarifikasi dan Contoh Kalimatnya. Dalam jenis kalimat pertanyaan dan misalnya, kita tahu beberapa jenis kalimat pertanyaan, yang termasuk kalimat pertanyaan biasa, kalimat pertanyaan retorik, kalimat pertanyaan tersamar dan konfirmasi pertanyaan atau kalimat klarifikasi. Kalimat klarifikasi pertanyaan adalah kalimat pertanyaan yang disampaikan kepada orang lain untuk tujuan mengklarifikasi masalah yang sebelumnya telah diketahui inti masalahnya. Jadi, pada dasarnya kalimat klarifikasi pertanyaan juga dapat disebut sebagai penegasan dari sesuatu yang sedang diperdebatkan.



Contoh Kalimat Tanya Konfirmasi :

  • Apa hari ini kamu memiliki kegiatan tertentu?
  • Apa buku ini milikmu?
  • Apakah kau memiliki adik laki-laki?
  • Apakah kamu yang menjadi penyebab permasalahan ini?
  • Apa orang itu adalah anggota keluargamu?

Contoh Kalimat Tanya Klarifikasi :

  1. Apakah benar buku paket Bahasa Indonesia itu milik Anda?
  2. Apakah benar tas ini milikmu?
  3. Benarkah bahwa akan terjadi gempa di Yogyakarta?
  4. Jadi benar berita yang tersebar itu, bahwa ibunya pembuat kue terenak di Solo?
  5. Benarkah adikmu yang menjadi juara 1 di Olimpiade Nasional itu?
  6. Beberapa  contoh kalimat tanya klarifikasi di atas bertujuan menegaskan atau menyakinkan sebuah hal tersebut. Sedangkan kalimat tanya konfirmasi merupakan sebuah kalimat yang tidak meminta suatu penjelasan tetapi meminta suatu pembenaran dari keadaan yang terjadi.

Itulah beberapa contoh kalimat konfirmasi pertanyaan yang sering digunakan setiap hari. Kalimat itu meminta klarifikasi dan kalimat konfirmasi pertanyaan adalah entitas yang tidak terpisahkan. Jika kita dalam posisi ingin mengetahui kebenaran tentang sesuatu, maka Anda dapat menggunakan kalimat konfirmasi. Tetapi jika kita berada dalam posisi untuk mengklarifikasi jawaban atas masalah yang sedang dihadapi, kita dapat menggunakan kalimat klarifikasi pertanyaan.

Beberapa artikel yang terkait dengan kalimat pertanyaan untuk ditambahkan ke wawasan Anda, yaitu contoh kalimat pertanyaan dalam percakapan, contoh penggunaan tanda tanya, contoh kalimat interogatif, kalimat deklaratif, dan jenis kalimat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar