Pengertian Kalimat Perbandingan Dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Kalimat Perbandingan Dan Contoh Kalimatnya. Perbandingan adalah cara untuk mengamati persamaan dan perbedaan dalam dua hal yang memiliki kesamaan tertentu. Pada paragraf perbandingan fungsinya adalah untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dari 2 hal yang berbeda (objek, kalimat dan lain-lain) seperti kecepatan mobil dan sepeda motor.



Ciri-ciri kalimat perbandingan, yaitu pertama, bersifat netral atau tidak mengumpat objek lain yang sedang dibahas. Kedua, memakai konjungsi, contoh : seperti, jika dibandingkan dengan … , daripada, seperti halnya, demikian juga, dan lain sebagainya. Selain kata penghubung, pasti adanya objek yang dibandingkan, contohnya : komputer, tinggi, lebar, ukuran, cerah, cuaca, dan lainnya. Untuk lebih mudah memahaminya, kita bisa mulai membahas dengan menggunakan contoh berikut :


  1. Kemarau tahun ini lebih panjang daripada tahun kemarin.
  2. Penerimaan siswa baru tahun ini, jumlah siswa di kelas 1A lebih banyak dibandingkan kelas 1B.
  3. Perayaan tahun baru kali ini lebih meriah dibandingkan perayaan tahun baru tahun lalu.
  4. Peserta lomba catur dalam perayaan 17 belas agustus kali ini sepi peminat dibandingkan tahun sebelumnya.
  5. Sekarang kulitku terlihat lebih cerah jika dibandingkan sebelum memakai body lotion. (Penjelasan : membandingkan kulit sekarang dengan kulit sebelum memakai body lotion).
  6. Nilai hasil ulangan matematika Redo lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai Tunang.
  7. Susi memiliki 2 hewan peliharaan di rumah, yaitu anjing dan kucing. Namun Susi lebih menyukai anjing daripada kucingnya.
  8. Udara di gunung Bromo lebih dingin jika dibandingkan dengan udara di Tangkubanperahu.
  9. Kertas kanvasmu lebih tebal dibandingkan punyaku.
  10. Hasil penjualan produk ini kurang memuaskan tidak seperti penjualan bulan sebelumnya.
  11. Jembatan yang dibangun itu tidak sesuai seperti gambar yang ia tunjukkan.
  12. Perkataanmu kepadanya sangat tajam, seperti jarum.
  13. Kasih sayang orang tua seperti sang surya yang tak lelah menyinari bumi.
  14. Dalam pesta pernikahan itu, penampilannya seperti putri raja.
  15. Harga apel saat ini lebih mahal daripada bulan lalu. (Penjelasan : dalam kalimat di atas, membandingkan harga apel, penilaian perbandingan antara harga sekarang dengan harga 1 bulan yang lalu).

Demikianlah contoh kalimat komparatif dalam bahasa Indonesia. Beberapa artikel lain yang berkaitan dengan artikel di atas adalah contoh kalimat komparatif, jenis perbandingan, konjungsi, paragraf perbandingan, contoh paragraf eksposisi komparatif pada pertanian, contoh pembanding, contoh perbandingan paragraf paragraf, contoh konjungsi subordinat hubungan komparatif, contoh kata benda tunggal kalimat, contoh kalimat minor, contoh kalimat konjungtif jika dan jika, contoh kalimat konjungsi koordinatif, contoh kalimat penghubung diterangi, contoh kalimat konjungsi objektif subordinasi, dan contoh kalimat penghubung opsional. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kalimat Perbandingan Dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel