Skip to main content

Pengertian Kalimat Minor Tanggapan dan Contoh Kalimatnya

Sebelumnya, kami telah mengetahui berbagai contoh tipe kalimat minor, mulai dari contoh kalimat minor tambahan, contoh jawaban minor, seruan kalimat minor, hingga contoh kalimat judul minor. Kali ini, kita juga akan tahu contoh salah satu jenis kalimat minor lainnya, yaitu: respons kalimat ringan. Kalimat minor ini adalah kalimat yang berisi respons terhadap sesuatu, entah itu pendapat atau informasi. Contoh kalimat minor adalah sebagai berikut!



Contoh Kalimat Minor Tanggapan dalam Bahasa Indonesia

  1. Saya tidak setuju jika program tersebut dijalankan dalam waktu dekat.
  2. Menurut kami, Ujian Nasional sangat tidak relevan karena hasil pembelajaran siswa semestinya tidak ditentukan oleh soal-soal dari beberapa mata pelajaran tertentu saja.
  3. Menurut saya, sebaiknya orangtua harus tahu lebih dulu di mana minat dan bakat anak, barulah setelah itu si anak dikursuskan ke tempat yang sesuai minat dan bakatnya.
  4. Menurut saya, apa yang dicanangkan pemerintah itu sudah bagus. Hanya saja, sosialisasinyya perlu ditingkatkan agar masyarakat tahu dan merasakan manfaat dari program tersebut.
  5. Menurut tanggapan kami, pembangunan jembatan tersebut lebih baik ditunda sementara waktu, mengingat seringnya hujan dan longsor terjadi akhir-akhir ini.
  6. Menurut tanggapan kami, sebaiknya kerjasama antara perusahaan kita dengan perusahaan itu tidak dilanjutkan, karena sudah terbukti merugikan perusahaan kita.
  7. Saya tidak sependapat dengan Saudara Bambang terkait hal tersebut.
  8. Memberi hukuman kepada anak yang bermasalah memang perlu. Akan tetapi, akan lebih baik jika disertai dengan pemberian arahan kepada mereka, agar mereka tidak membuat masalah lagi di kemudian hari.
  9. Menurut kami, kerjasama antar kedua perusahaan itu sangat bagus. Sebab, kerjasama tersebut nantinya akan menguntungkan bagi kedua perusahaan.
  10. Menurut saya, Ujian Nasional masih relevan untuk dilaksanakan, karena bisa menjadi tolok ukur pemahaman siswa atas apa yang mereka pelajari di sekolah.
  11. Saya setuju dengan usulan pemerintah untuk menggiatkan hidup sehat di masyarakat.
  12. Saya apresiasi panitia acara yang mau membayar ganti rugi atas insiden tersebut.
  13. Kami mengaku senang atas penampilan tim sepakbola kami musim ini, kendatipun tak ada satu pun gelar yang berhasil digondol musim ini.
  14. Menurut kami, sebaiknya pelatih tim sepakbola kami tersebut diganti saja dengan pelatih lain, karena kinerjanya sudah tidak bisa diharapkan lagi.
  15. Menurut saya, sebaiknya tim sepakbola itu lebih sering memainkan pemain muda mereka, agar pengalaman dan kemampuan pemain muda mereka bisa semakin meningkat.
  16. Menurut kami, sebaiknya tim sepakbola tersebut berfokus kepada pembenahan stadion mereka, dibanding membeli pemain-pemain berharga mahal.
  17. Saya setuju seratus persen dengan usulan dari bapak wali kota.
  18. Menurut saya, program tersebut sebaiknya tidak dilaksanakan, karena akan merugikan semua pihak yang terkait.
  19. Menurut tanggapan saya, sebaiknya lahan tersebut dijadikan perkebunan palawija daripada dijadikan perkebunan sawit apalagi pabrik besi.
  20. Menrurut tanggapan saya, sebaiknya anak-anak tidak terlalu dibebani oleh ekspetasi orangtua yang terlalu berlebihan.

Demikian beberapa contoh kalimat minor dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai tanggapan kalimat ringan, dan materi pembelajaran bahasa Indonesia. Maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini. Terima kasih.

Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke pertanyaan kalimat ringan, maka pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh jenis kalimat ringan, serta artikel kalimat ringan dan kalimat utama.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar