Skip to main content

Pengertian Kalimat Lokusi dan 10 Contoh Kalimatnya

Pengertian Kalimat Lokusi dan Contoh Kalimatnya. Lokusi adalah makna kata yang menjelaskan atau menginformasikan sesuatu tanpa bermaksud atau mengandung makna lain di dalamnya. Makna lokusi umumnya terkandung dalam kalimat berita, pernyataan, atau kalimat deklaratif. Dengan demikian, yang dimaksud dengan kalimat lokusi adalah kalimat yang mengandung kata-kata yang bermakna lokusi. Berikut adalah beberapa contoh kalimat lokusi.



Contoh Kalimat Lokusi dalam Bahasa Indonesia


  1. Industri 4.0 adalah nama yang diberikan kepada tren otomasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur.
  2. W.R. Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya, merupakan salah satu tokoh Sumpah Pemuda yang lahir di Purworejo tanggal 9 Maret 1903.
  3. Letak geologis adalah letak suatu negara atau daerah berdasarkan struktur batuan yang ada di muka bumi.
  4. Hiposentrum adalah pusat gempa yang berada di dalam bumi.
  5. Gempa runtuhan terjadi karena turunnya atau runtuhnya tanah, dan biasa terjadi pada daerah tambang yang berbentuk terowongan, pegunungan kapur, atau lubang.
  6. Galaksi adalah kumpulan planet, bintang, gas, debu, nebula, dan benda-benda langit lainnya yang membentuk pulau-pulau di dalam ruang hampa jagad raya.
  7. El Nino adalah terjadinya pemanasan temperatur air laut di pantai barat Peru-Ekuador yang menyebabkan gangguan iklim secara global.
  8. Megadeth adalah band heavy metal Amerika Serikat yang digawangi oleh Dave Mustaine (gitar/vokal), David Effelson (bas), Kiko Loureiro (gitar), dan Dirk Verbeuren (drum).
  9. Likuifaksi atau pencairan tanah adalah fenomea yang terjadi ketika tanah yang jenuh atau agak jenuh kehilangan kekuatan dan kekakuan akibat adanya tegangan sehingga tanah yang padat berubah wujud menjadi cairan atau air berat.
  10. Kaltara atau Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan.

Demikian ulasan singkat tentang contoh kalimat lokus. Artikel lain yang dapat dibaca dan dikaitkan dengan jenis kalimat dalam bahasa Indonesia meliputi contoh-contoh makna lokus, ilokusi, dan perlokusi, contoh makna ilokusi, contoh makna perlokusi, contoh makna lokus dan ilokusi , contoh contoh ilokusi dan perlokusi makna perlokusi dan locusi, jenis makna kata, dan contoh kalimat berita dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar