Skip to main content

Pengertian Kalimat Keterangan Kesalingan dan Contoh Kalimatnya

Sebuah kalimat tunggal yang berpola S P, atau S P O, atau S P O K dapat dikembangkan dengan memasukkan kata keterangan. Jenis-jenis kata keterangan termasuk adverbia cabul, kata keterangan waktu, kata keterangan derajat, cara kata keterangan, dan lain-lain. Contoh pengembangan kalimat tunggal adalah menjadi pernyataan pelampauan sebagaimana akan dibahas lebih lanjut di sini. Kalimat pelupa adalah kalimat yang menjelaskan bahwa subjek dalam bentuk jamak dalam kalimat bergantian.


Adapun kata yang menjadi penjelasnya yaitu kata keterangan kesalingan seperti satu sama lain, saling dan baku.

Contoh kalimat keterangan kesalingan :


  1. Kesadaran anggota keluarga untuk saling memberi dan menerima akan menimbulkan keharmonisan. (Kata keterangan saling pada contoh ini, menerangkan bahwa setiap anggota keluarga melakukan aktivitas memberi dan menerima secara bergantian diantara mereka).
  2. Kita tidak di perbolehkan membuka aib satu sama lain.
  3. Bu Yosi dan Bu Yani bertemu di pasar, dan kemudian mereka saling menyapa satu sama lain.
  4. Hanya karena tidak ada yang mau mengalah, akhirnya terjadi baku tembak.
  5. Baku tembak terjadi antara polisi dengan kawanan perampok itu.
  6. Dedi terlibat baku hantam pada saat keributan itu terjadi.
  7. Baku hantam antara kedua pria itupun tidak dapat dihindari lagi.
  8. Di kereta itu kami hanya terdiam dan saling tatap.
  9. Ketika gempa terjadi aku dan ibu saling peluk. (Pada kalimat yang mengandung konjungsi tersebut, klausa saling peluk adalah penulisan yang benar. Akan menjadi berlebihan jika ditulis saling berpelukan).
  10. Lima bersaudara itu ternyata tidak begitu dekat satu sama lain. (Pada contoh tersebut kata keterangan kesalingan ditempatkan pada akhir kalimat seperti pada umumnya).

Selain contoh kalimat keterangan kesalingan ini, beberapa contoh kalimat keterangan lainnya, yaitu contoh kalimat keterangan similatif, contoh kalimat keterangan alat, contoh kalimat keterangan cara, contoh kalimat keterangan tujuan, contoh kalimat keterangan tempat, contoh kalimat keterangan sebab, contoh kalimat keterangan waktu dan contoh kalimat keterangan derajat yang dapat menambah wawasan dan referensi anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar