--> Skip to main content

Pengertian Kalimat Gramatikal Reduplikasi dan Contoh Kalimatnya

Kalimat gramatikal reduplication adalah kalimat yang mengandung arti gramatikal yang terbentuk dari proses reduplikasi. Proses reduplikasi itu sendiri adalah proses yang membentuk kata dasar leksikal menjadi kata baru yang bermakna. Dalam artikel ini, akan ada beberapa contoh kalimat yang mengandung makna gramatikal reduplikasi. Contoh-contoh yang dimaksud adalah seperti berikut!


1. Tukang sayur itu menjual berbagai macam jenis sayur-mayur.

Kata sayur-mayur pada kalimat di atas mempunyai makna berbagai jenis sayur yang ada. Kata sayur mayur sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata sayur yang digramatikalisasi dengan cara reduplikasi salin suara. Reduplikasi ini merupakan reduplikasi atau pengulangan kata yang dilakukan dengan cara mengulang kata dasar tersebut dan merubah salah satu suara pada fonem kata dasar tersebut.

2. Adikku yang bernama Jenny sedang bermain rumah-rumahan bersama seorang temannya.

Kata rumah-rumahan pada kalimat di atas mempunyai makna menyerupai atau diserupakan dengan rumah. Kata rumah-rumahan sendiri merupakan gramatikalisasi kata rumah yang dilakukan dengan cara reduplikasi berimbuhan seperti halnya yang dilakukan pada contoh nomor 1. Bedanya, pada contoh ini, kata ulangnya diberi imbuhan di belakang, sedangkan kata ulang pada contoh 1 imbuhannya diberikan di bagian depan.

3. Pak Muhsin dan koleganya sedang makan-makan di sebuah restoran mahal.

Kata makan-makan pada kalimat di atas mempunyai makna acara makan yang dilakukan untuk bersenang-senang ataupun pesta. Kata makan-makan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata makan yang dilakukan dengan cara reduplikasi dwilingga. Raduplikasi dwilingga tersebut juga dilakukan pada contoh kalimat nomor 2.

4. Untuk melepas penatku di hari Minggu, aku pun berjalan-jalan di sekitar kompleks rumahku.

Kata berjalan-jalan pada kalimat di atas bermakna melakukan kegiatan berjalan di suatu tempat dengan tujua untuk melepas penat ataupun ketegangan. Kata berjalan-jalan sendiri merupakan kata yang terbentuk dari hasil gramatikalisasi kata jalan yang direduplikasi dengan cara reduplikasi berimbuhan. Adapun reduplikasi berimbuhan sendiri adalah proses pengulangan kata yang dilakukan denga cara mengulang kata dasar sekaligus memberi imbuhan pada kata yang telah diulang tersebut.

5. Anak-anak tengah asyik bermain bola di tanah lapang.

Kata anak-anak pada kalimat di atas bermakna anak yang masih belum dewasa atau anak yang masih kecil. Kata anak-anak sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata anak yang digramatikalisasi dengan cara mereduplikasi kata tersebut. Adapun reduplikasi yang dilakukan adalah reduplikasi dwilingga atau pengulangan kata yang dilakukan dengan cara mengulangi kata dasar itu dengan bentuk dasar dari kata yang diulang tersebut.

6. Taman itu mempunyai banyak pepohonan yang tinggi dan juga rindang.

Kata pepohonan pada kalimat di atas mempunyai makna kelompok dari berbagai jenis pohon. Kata pepohonan sendiri merupakan hasil gramatikalisasi kata pohon yang digramatikalisasi dengan cara reduplikasi dwipurwa. Reduplikasi dwipurwa adalah pengulangan kata yang dilakukan dengan cara mengulang sebagian unsur kata dasar yang hendak diulang tersebut.

Ini adalah beberapa contoh kalimat gramatikal berganda dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa referensi tentang makna gramatikal, pembaca dapat membuka artikel dari makna dan contoh gramatikal, contoh kalimat gramatikal, contoh perubahan dalam makna gramatikal melalui sarana afiksasi, contoh perubahan makna gramatikal oleh reduplikasi, contoh perubahan tata bahasa melalui penulisan kata, contoh kata-kata gramatikal afiksasi, dan contoh makna leksikal dan gramatikal. semoga bermanfaat untuk semua Pustaka
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar