Pengertian Kalimat Berpola dasar S-P-O-Pel-K Beserta Contoh Kalimatnya

Kalimat memiliki pola dasar S-P-O-Pel-K. beberapa contoh kalimat bermotif dasar telah ditunjukkan dalam sejumlah artikel sebelumnya, yaitu contoh pola dasar S-P-O-K, dan contoh pola dasar S-P-O-Pel. Artikel ini juga akan menunjukkan beberapa contoh kalimat yang menggunakan pola dasar khusus, yang merupakan pola khusus dalam contoh ini adalah S-P-O-Pel-K.

Pola kalimat ini adalah pola yang mengandung semua unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu subjek, predikat, objek, pelengkap, dan penjelasan. Contohnya adalah sebagai berikut!




  1. Dia mengalungkan leher istrinya sebuah kalung berlian pada hari ulang tahun istrinya yang ke-30. (S: dia, P: mengalungkan, O: leher istrinya, Pel: sebuah kalung berlian, K: pada hari ulang tahun istrinya yang ke-30)
  2. Pak guru mempercayakan Nathan sebagai ketua kelas yang baru pada hari Rabu kemarin. (S: pak guru, P: mempercayakan, O: Nathan, Pel: sebagai ketua kelas yang baru, K: pada hari Rabu kemarin)
  3. Paman masih menanyakan aku soal tawaran kerja itu saat kami bertemu di rumahku. (S: paman, P: masih menanyakan, O: aku, Pel: soal tawaran kerja itu, K: saat kami bertemu di rumahku)
  4. Nathan mentraktir kami semangkuk bakso pada hari inggukemarin. (S: Nathan, P: mentraktir, O: kami, Pel: semangkuk bakso, K: pada hari Minggu kemarin)
  5. Petugas hotel itu menunjukkan aku letak kamar hotel saat aku hendak ke kamar mandi. (S: petugas hotel itu, P: menunjukkan, O: aku, Pel: letak kamar mandi, K: saat aku hendak ke kamar mandi)
  6. Laras memberikan Dina oleh-oleh dari Negeri Sakura. (S: Laras, P: memberikan, O: Dina, Pel: oleh-oleh, K: dari Negeri Sakura)
  7. Dia memberitahu aku bahwa Laras tidak masuk sekolah selama tiga minggu karena sedang dirawat di rumah sakit. (S: dia, P: memberitahu, O: aku, Pel: bahwa Laras tidak masuk sekolah selama tiga minggu, K: karena sedang dirawat di rumah sakit)
  8. Laras memilihkan Carmell sebuah pakaian yang bagus saat keduanya tengah berbelanja pakaian. (S: Laras, P: memilihkan, O: Carmell, Pel: sebuah pakaian yang bagus, K: saat keduanya tengah berbelanja pakaian)
  9. Pak guru memberitahu kami bahwa kami mesti mengikuti karya wisata pada hari Rabu yang akan datang. (S: pak guru, P: memberitahu, O: kami, Pel: bahwa kami mesti mengikuti karya wisata, K: pada hari Rabu yang akan datang)
  10. Anindya membelikan kucing peliharaannya sebungkus makanan kucing degan uang sakunya sendiri. (S: Anindya, P: membelikan, O: kucing peliharaannya, Pel: sebungkus makanan kucing, K: dengan uang sakunya sendiri)
  11. Paman menawarkan aku sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan swasta. (S: paman, P: menawarkan, O: aku, Pel: sebuah pekerjaan, K: di sebuah perusahaan swasta)

Begitu juga beberapa contoh kalimat S-P-O-Pel-K berpola dasar. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh lain, maka pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, contoh definisi tentang alam, contoh keterangan kalimat hewan, contoh kalimat bermotif SPO bercorak, contoh pola kompleks dengan kalimat SPOK dan contoh definisi hewan.

Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan kepada semua pembaca, baik itu tentang contoh kalimat khususnya, maupun tentang subjek bahasa Indonesia sendiri pada umumnya. Itu saja dan juga terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kalimat Berpola dasar S-P-O-Pel-K Beserta Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel