Pengertian Dan Contoh Paragraf eksposisi Berita

Pengertian Dan Contoh Paragraf eksposisi Berita. Paragraf eksposisi ini biasanya berisi contoh-contoh kalimat berita dalam bahasa Indonesia dan kalimat deklaratif di dalamnya. Paragraf Eksposisi berita adalah paragraf yang berisi berita tentang suatu hal. Beberapa contoh paragraf ini akan ditampilkan secara khusus dalam artikel ini, di mana beberapa contoh paragraf eksposisi berita adalah sebagai berikut!



Contoh 1:



Pada hari Rabu kemarin, SMAN 77 mengadakan pemilihan umum ketua OSIS untuk kepenguruan 2018/2019. Acara yang dihelat dari pukul 7 pagi itu berlangsung dengan lancar dan diikuti oleh seluruh siswa SMAN 77, mulai dari siswa kelas X hingga siswa kelas XII. Dari kegiatan pemilihan tersebut, Defary Sulaiman terpiliih sebagai ketua OSIS SMAN 77 yang baru untuk periode selanjutnya.

Defary Sulaiman selaku ketua OSIS yang baru mengaku senang bahwa dirinya terpilih menjadi ketua OSIS yang baru. Dia tidak menyangka bahwa sebagaian siswa mempercayakan dirinya sebagai ketua OSIS yang baru. Siswa berusia 16 tahun itu pun bertekad akan membayar semua kepercayaan para siswa yang memilihnya dengan memberikan kinerja yang terbaik selama menjadi ketua OSIS nanti. Siswa yang kerap disapa Fary tersebut juga berharap agar para seniornya di OSIS dan juga para guru di sekolahnya bisa membimbing dirinya dalam menjalankan amanah yang diembannya.

Mengenai acara pemilihan ketua OSIS tersebut, Dede Sulaiman selaku kepala sekolah SMAN 77 mengaku puas atas berlangsungnya acara tersebut, begitu pun dengan hasil dari pemilihan tersebut. Pria berusia 45 tahun itu berharap bahwa semua pihak bisa menerima hasil dari pemilihan tersebut dan juga turut membantu ketua OSIS terpilih dalam mengemban amanahnya.


Contoh 2:

Universitas Harapan Bangsa telah mengadakan acara wisuda pada hari Sabtu (18/02/17). Sekitar 1000 orang wisudawan beserta pendamping wisudanya hadir dalam perhelatan wisuda tersebut. Acara yang berlangsung hingga pukul 2 siang itu berlangsung khidmat dan lancar. Farid Ramadhan selaku dosen dan ketua pelaksana acara wisuda tersebut menuturkan bahwa dirinya sangat senang dengan terlaksananya acara wisuda tersebut. Selain itu, pria yang akrab disapa Pak Farid itu pun turut senang dan bangga atas lulusnya sejumlah mahasiswa di universitas tempat dia mengajar. Pria berusia 35 tahun itu berharap bahwa perhelatan wisuda tahun depan bisa lebih baik, dan jumlah wisudawan yang diikutsertakan bisa lebih banyak dibanding wisuda tahun ini.

Contoh 3:

Pada hari Minggu kemarin, warga RT 07 Desa Sukawangi mengadakan kegiatan kerja bakti yang diselenggarakan dari pukul 7 pagi hingga pukul 12 siang. Kegiatan kerja bakti tersebut bertujuan untuk memperkuat semangat gotong royong dan kerja sama di lingkungan RT 07 Deesa Sukawangi. Selain itu, kegiatan kerja bakti tersebut juga diadakan untuk merawat kebersihan dan kenyamanan yang ada di lingkungan RT 07 tersebut. Joko Prayogo selaku ketua RT 07 menuturkan bahwa dirinya berharap agar kegiatan kerja bakti tersebut bisa diadakan secara rutin tiap Minggunya. Selain itu, pria berusia 45 tahun itu juga berharap bahwa kegiatan tersebut bisa diikuti oleh seluruh lapisan warga RT 07, tak terkecuali dari kalangan anak-anak dan remaja.

Demikianlah beberapa contoh oaragraf eksposisi berita dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf eksposisi lainnya, maka pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf eksposisi definisi, contoh paragraf eksposisi klasifikasi, contoh paragraf eksposisi proses, dan contoh paragraf eksposisi ilustrasi. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawsan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Contoh Paragraf eksposisi Berita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel