Skip to main content

Pengertian dan Contoh Paragraf Ineratif Singkat

Pengertian dan Contoh Paragraf Ineratif Singkat. Paragraf ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di tengah paragraf. Paragraf ini sendiri milik salah satu jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat, selain paragraf induktif, paragraf deduktif, dan paragraf campuran. Dalam artikel ini, kita akan menemukan apa bentuk paragraf ineratif ini ditampilkan dalam format singkat. Contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut!



Contoh 1:

Akhir-akhir ini, cuaca makin sulit diprediksi. Hal itu pun mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan bagi tubuh kita. Oleh karenanya, kita mesti selalu menjaga kesehatan tubuh kita di tengah-tengah siklus cuaca yang makin sulit diprediksi seperti sekarang. Berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, serta istirahat yang cukup adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.


Contoh 2:

Internet bisa diakses oleh siapa saja, termasuk oleh anak-anak. Mereka bisa mendapatkan apa saja yang mereka cari dari internet yang mereka selancari. Jika tidak diawasi baik-baik, maka bisa-bisa anak-anak kita akan mengakses konten yang tidak sepatutnya mereka konsumsi. Untuk itulah, pengawasan penggunaan internet pada anak-anak patut untuk dilakukan. Dengan melakukan pengawasan penggunaan internet pada anak, kita bisa menyelamatkan anak-anak kita dari konten yang tidak sepatutnya mereka konsumsi.


Contoh 3:

Meskipun sudah kedaluwarsa, kandungan bahan kimia pada obat-obatan yang kita konsumsi tidak akan pernah hilang dan justru akan menimbulkan bahaya jika obat-obatan tersebut dibuang ke sembarang tempat. Oleh karena itu, kita sebaiknya jangan membuang obat-obatan yang kedaluwarsa ke sembarang tempat. sebagai gantinya, obat-obatan yang kedaluwarsa tersebut kita kembalikan lagi ke pihak apotek atau rumah sakit untuk mereka hancurkan.

Contoh 4:

Umumnya, kita mengajari nilai-nilai kebajikan kepada anak-anak kita melalui nasihat yang kita ucapkan kepada mereka. Hal tersebut memanglah tidak salah. Akan tetapi, jika tidak diimbangi oleh contoh perbuatan langsung dari kita, maka nilai-nila kebajikan tersebut akan susah diserap oleh anak-anak kita. Itu sebabnya, kita mesti bisa mencontohkan nilai-nilai kebajikan yang kita ajarkan tersebut di kehidupan sehari-hari kepada anak-anak kita. Tidak hanya kita, orang-orang di sekitar kita pun juga mesti kita ajak untuk memberikan contoh baik dari nilai-nilai kebajikan yang kita ajarkan dengan anak. Dengan begitu, anak-anak kita akan jauh lebih mudah dalam menyerap dan mengamalkan nilai-nilai kebajikan yang kita ajarkan ke mereka.

Contoh 5:

Asupan makanan di pagi hari sangat penting bagi tubuh. Karena, hal tersebut dapat membuat tubuh lebih berenergi, sehingga kita pun bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan optimal. Maka dari itu, sarapan di waktu pagi sangatlah penting bagi tubuh kita. Adapun makanan yang mesti kita santap di waktu sarapan adalah makanan yang sehat dan bergizi, serta cukup mengenyangkan perut kita.

Contoh 6:

Lazimnya, kita selalu membuang sampah ke dalam tong sampah. Padahal, tidak semua sampah dapat dibuang begitu saja ke dalam tong sampah. Hal itu dikarenakan ada beberapa jenis sampah yang mengandung bahan berbahaya di dalamnya, sehingga kita tidak bisa membuangnya sembarangan. Adapun beberapa jenis sampah tersebut antara lain obat-obatan, baterai, dan alat elektronik.

Demikianlah beberapa contoh paragraf ineratif singkat dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf kausalitas dan contoh paragraf analogi singkat. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar