--> Skip to main content

Pengertian dan Contoh Kalimat Definisi tentang Alam

Definisi adalah suatu batasan atau arti, bisa juga dimaknai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

Kalimat definisi adalah salah satu jenis kalimat, selain kalimat imperatif, kalimat deklaratif, kalimat interogatif, kalimat retorik, kalimat aktif dan kalimat pasif, kalimat inti, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, contoh kalimat efektif dan tidak efektif, ekspresi kalimat contoh, dan seterusnya. Kalimat definisi itu sendiri adalah kalimat yang berisi informasi tentang suatu objek, baik dalam bentuk objek, orang, proses, dan aktivitas. Kalimat definisi memiliki sejumlah karakteristik, yaitu:

  1. Biasanya dapat ditemukan dalam laporan ilmiah.
  2. Jika kalimat ini dibalik struktur kalimatnya, maka makna kalimat ini tidak akan berubah.
  3. Menjelaskan makna atau arti suatu objek, baik itu orang, benda, proses, maupun aktivitas.
  4. Penjelasan bersifat umum atau tidak mengarah kepada ciri khusus dari objek yang hendak didefinisikan.


Untuk lebih memahami seperti apa kalimat definisi itu, berikut disajikan sejumlah contoh di antaranya. Adapun contoh yang disajikan adalah contoh kalimat definisi tentang alam.


  1. Alam adalah segala sesTaman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang dikelola dan dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pelatihan, serta rekreasi dan pariwisata.
  2. Cagar alam adalah daerah khusus untuk pelestarian hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dilindungi oleh undang-undang dan bertujuan supaya hewan dan tumbuhan tersebut tidak mengalami kepunahan.
  3. Cagar ikan adalah tempat perlindungan bagi ikan-ikan yang perlu dilestarikan keberadaannya.
  4. Suaka alam adalah perlindungan yang dilakukan pemerintah atau badan yang khusus menangani masalah lingkungan alam terhadap suatu daerah atau lingkungan yang mempunyai hewan dan tumbuhan yang terancam mengalami kepunahan.
  5. Flora adalah keseluruhan kehidupan jenis-jenis tumbuhan di suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu.
  6. Ekosistem adalah komunitas organik yang terdiri atas hewan dan tumbuhan, beserta dengan habitatnya.
  7. Habitat adalah tempat makhluk hidup bertumbuh dan berkembang.
  8. Konservasi alam adalah pemeliharaan dan perlindungan suatu ekosistem alam yang dilakukan secara teratur untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kepunahan di dalam ekosistem tersebut.
  9. Sumber daya alam adalah potensi yang ada di dalam alam yang mampu dimaksimalkan atau dikembangkan untuk proses produksi yang dilakukan oleh manusia.
  10. Sumber daya mineral adalah kandungan mineral yang ada di dalam alam.
  11. Pelestarian hutan adalah proses atau upaya untuk melestarikan hutan.
  12. Reboisasi adalah proses penanaman kembali pohon di hutan yang gundul akibat penebangan atau kebakaran hutan.
  13. Fauna adalah keseluruhan kehidupan jenis-jenis heman di suatu daerah, habitat, atau strata geologi tertentu.
  14. uatu yang ada di langit dan di bumi.
  15. Langit adalah ruang luas yang terbentang di atas langit dan sekaligus menjadi tempat adanya bulan, bintang, matahari, dan planet-planet lainnya.
  16. Bumi adalah tempat di mana kita hidup dan berpijak sekaligus planet ke-3 yang jaraknya dekat dengan matahari.
  17. Matahari adalah benda angkasa yang menjadi menjadi titik pusat tata surya di galaksi Bima Sakti.
  18. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan atau interaksi yang terjadi di antara makhluk hidup dan lingkungannya.


Demikianlah beberapa contoh kalimat definisi tentang alam dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui lebih lanjut soal kalimat definisi, pembaca bisa membuka artikel kalimat definisi dan kalimat deskripsi. Untuk pembahasan di artikel kali ini cukup sampai di sini saja. Semoga mampu dipahami dan dapat menambah wawasan pembaca di dalam bidang bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar