Skip to main content

Macam-Macam Kalimat Ambiguitas Dan Contoh Kalimtnya

Contoh Macam-Macam Kalimat Ambiguitas dalam Bahasa IndonesiaSalah satu jenis kalimat yang ada adalah kalimat ambiguitas atau juga disebut nama kalimat ambigu. Kalimat ini adalah kalimat yang memiliki makna bias atau memiliki lebih dari satu makna. Kalimat ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, di mana jenis-jenis kalimat ambiguitas itu sendiri meliputi: kalimat ambiguitas fonetik, ambiguitas tata bahasa, dan ambiguitas leksikal kalimat.




Kalimat ambiguitas fonetik adalah kalimat ambiguitas yang berarti itu bias karena kata yang dapat diucapkan lebih dari satu pengucapan. Misalnya: kata-kata kata yang bisa diucapkan dengan kata-kata untuk tahu dan juga tahu.

Kalimat ambiguitas tata bahasa adalah kalimat yang maknanya bias karena proses gramatikal yang terjadi dalam kata / frasa / klausa dalam kalimat ini. Sementara itu, kalimat ambiguitas leksikal adalah kalimat yang artinya bias karena adanya kata yang maknanya bias atau lebih dari satu. Misalnya: hak kata yang bisa berarti sepatu wanita atau sesuatu atau kebutuhan dasar yang harus ada pada manusia.

Untuk mencari tahu apa arti dari tiga kalimat ambiguitas, maka ketiga artikel tersebut akan disajikan sebagai contoh. Contohnya adalah sebagai berikut!

A. Contoh Kalimat Ambiguitas Gramatikal

Budi ayah ibu pergi
  • Secara gramatikal, klausa di atas bisa bermakna Budi, ayah dan ibu pergi dulu ya, atau bisa juga bermakna Budi, ayah, dan ibu sedang pergi. Makna tersebut tergantung dari kalimat apa yang hendak dibentuk oleh kalusa tersebut. Jika kalimat yang dibentuk adalah Budi, ayah dan ibu pergi dulu ya!, maka makna klausa tersebut tentu adalah makna pertama yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, jiika kalimat yang dibentuk adlaah Budi, ayah, dan ibu sedang pergi dari rumah, maka makna kedualah (Budi, ayah, dan ibu sedang pergi) yang hendak dimaksud oleh klausa tersebut.


B. Contoh Kalimat Ambiguitas Leksikal

Putih

  • Hari ini, Rani memakai baju berwarna putih. (putih di sini bermakna warna serupa warna kapas)
  • Sungguh, hati wanita itu amatlah putih sekali. (putih di sini bermakna suci, bersih, atau tulus)

C. Contoh Kalimat Ambiguitas Fonetik

Tadi siang dia sudah kuberi tahu.
  • Kalimat ini bisa bermakna tadi siang dia sudah kuberi tahu (makanan)atau tadi siang dia sudah kuberi tahu (pemberitahuan/informasi).

Orang itu terlihat seperti beruang.
  • Kalimat ini bisa bermakna orang itu terlihat seperti beruang (nama hewan), atau orang itu terlihat seprti beruang (dibaca ber uang atau orang yang punya banyak uang)


Kita sudah jamak.
  • Kalimat ini bisa dibaca kita sudah jamak dan bermakna kita sudah banyak, atau bisa dibaca kita sudah jama’ dan bermakna kita sudah mengganti salat kita.

Begitu juga beberapa contoh berbagai macam ambiguitas kalimat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan baru bagi semua pembaca, baik mengenai kalimat ambiguitas khusus, maupun materi pembelajaran dalam Bahasa Indonesia secara umum. Mohon maaf jika ada kesalahan yang terkait dalam artikel ini. Itu saja dan juga terima kasih.

Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke kalimat, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh jenis kalimat kalimat, contoh kalimat kalimat dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat pasif dalam bahasa Indonesia, dan contoh kalimat tunggal kata kerja dan kata benda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar