Skip to main content

Kumpulan Contoh Paragraf Teks Persuasi Propaganda

Kumpulan Contoh Paragraf Teks Persuasi Propaganda. Sebelumnya, kita sudah tahu contoh paragraf persuasi iklan yang merupakan paragraf persuasif yang berisi persuasi untuk menggunakan produk atau layanan. Dalam artikel ini, kita juga akan mengetahui contoh salah satu dari jenis paragraf persuasi lainnya, di mana jenis paragraf persuasif adalah paragraf persuasi propaganda. Propaganda paragraf persuasi sendiri adalah paragraf yang berisi undangan / persuasi untuk melakukan atau menjauhi sesuatu. Undangan atau bujukan dalam paragraf diskusi ini cukup mudah dibandingkan dengan jenis-jenis paragraf persuasi lainnya.

Untuk mengetahui seperti apa bentuk paragraf ini, berikut ditampilkan beberapa contoh paragraf persuasi propaganda dalam bahasa Indonesia yang ditampilkan pada artikel di bawah ini!



Contoh 1:

Dari tahun ke tahun, jumlah sampah elektronik kian banyak jumlahnya. Sayangnya, banyaknya jumlah sampah elektronik ini tidak dapat dikelola dengan baik sehingga sampah jenis ini pun menjadi salah satu penyumbang pencemaran lingkungan yang cukup besar saat ini. Bila tidak ditanggulangi dengan baik, maka sampah-sampah elektronik tersebut akan semakin menggunung dan mengakibatkan pencemaran lingkungan dan bencana alam yang merugikan seluruh umat manusia. Sebetulnya, ada satu cara yang bisa mengurangi kuantitas sampah elektronik ini, yaitu dengan pendaurulangan sampah elektronik menjadi suatu barang yang lebih berguna lagi. Cara ini mesti dilakukan dengan sungguh-sungguh jika ingin jumlah sampah elektronik dapat berkurang jumlahnya. Adapun sampah elektronik sendiri bisa didaur ulang menjadi barang elektronik baru ataupun menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Mendaur ulang sampah elektronik menjadi suatu karya seni pun tidak ada salahnya untuk dicoba. Dengan demikian, pendaurulangan sampah elektronik menjadi suatu langkah yang harus dikampanyekan kepada seluruh masyarakat dan juga perlu diaplikasikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Jika masyarakat belum mampu melakukan daur ulang sampah elektronik, maka pelatihan daur ulang sampah elektronik perlu diberlakukan agar selurub masyarakat terampil dalam mendaur ulang sampah elektronik. Dengan begitu, jumlah sampah elektronik pun bisa dikurangi dan dampak buruk dari sampah elektronik pun juga bisa lebih mudah diatasi.

Contoh 2:

Menyantap mi instan yang dicampur nasi putih merupakan suatu kebiasaan yang lazim dilakukan oleh masyarakat kita. Padahal, perlu kita ketahui bahwa kebiasaan tersebut merupakan suatu kebiasaan yang dapat mengakibatkan dampak negatif pada tubuh kita. Perlu Anda ketahui, mengkonsumsi mi instan yang dicampur dengan nasi akan mengakibatkan Anda mengalami obesitas. Hal tersebut dikarenakan karena adanya zat karbohidrat sederhana yang dominan di dalam kedua makanan tersebut yang membuat perut hanya kenyang sementara dan menimbulkan perut menjadi seri merasa lapar. Hal itulah yang memicu obesitas di dalam diri Anda dan membuat Anda makan lebih banyak dari sebelumnya. Obesitas tersebut akan membuat tubuh Anda penuh dengan makanan dan mengakibatkan sejumlah penyakit di kemudian hari, seperti kegemukan, kolesterol, hingga penyakit jantung dan juga ginjal. Oleh karena itulah, mulai saat ini, Anda mesti mengurangi kebiasaan mengkonsumsi mi instan dicampur nasi putih jika Anda ingin mempunyai tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Demukianlah beberapa contoh paragraf persuasi propaganda dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf persuasi lainnya, maka pembaca dapat membuka artikel contoh paragraf persuasi tentang makanan, contoh paragraf persuasi tentang teknologi, contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, contoh paragraf persuasi tentang internet. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar