--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya

Kumpulan Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya. Sebelumnya, kita sudah tahu apa beberapa contoh kalimat perintah-partikel. Dari beberapa contoh ini, kita dapat mengetahui bersama bahwa partikel adalah salah satu karakteristik dan elemen penting dalam menulis kalimat perintah.



Dalam artikel ini, kita akan tahu contoh-contoh kalimat perintah apa yang disertai dengan tanggapan mereka. Biasanya, respons dari kalimat perintah adalah sikap orang yang menerima hukuman. Contohnya adalah sebagai berikut!

Contoh Kalimat Perintah Disertai Tanggapannya 

Tolong kau sampaikan salamku jika kau bertemu dengannya!
  • Saat seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka seseorang tersebut akan menyampaikan salam kepada orang yang dimaksud pada kalimat perintah di atas.


Isilah soal-soal di bawah ini dengan baik dan benar, dimulai dari soal yang termudah!
  • Saat seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka orang tersebut akan berusaha mengisi soal-soal yang dimaksud dengan baik dan benar, dimulai dari soal yang menurutnya mudah.


Sebutkan jenis-jenis hewan mamalia yang kamu ketahui, minimal 5 jenis hewan!
  • Ketika orang-orang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan berusaha menyebut minimal lima jenis hewan mamalia yang mereka ketahui.


Simpanlah barang ini baik-baik, siapa tahu nanti kau akan sangat membutuhkannya!
  • Ketika seseorang mendengar kalimat di atas, maka dia akan berusaha menjaga barang yang dimaksud dengan baik-baik.


Eh, Pak Marko. Mari pak, silakan masuk ke dalam (rumah kami)!

  • Ketika Pak Marko mendengar kalimat di atas, maka dia akan masuk ke dalam rumah orang yang menyampaikan kalimat perintah tersebut.

Nak, tolong belikan ibu garam di warung Bu Imas!
  • Jika seorang anak mendengar kalimat perintah ini, maka si anak tersebut pasti akan langsung bergegas membeli garam di warung yang telah disebutkan.


Tolong jangan kau beritahu siapa pun soal apa yang telah kuceritakan padamu tadi!
  • Ketika seseorang mendengar kalimat perintah di atas, maka orang tersebut akan berusaha untuk tidak menceritakan kepada siapa pun soal apa yang telah diceritakan si pemberi kalimat perintah kepadanya.


Para tamu undangan yang terhormat, kami persilakan untuk mencicipi hidangan yang telah kami sediakan di sebelah timur gedung ini!
  • Ketika orang-orang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan langsung ke area gedung yang tersedia hidangan yang dimaksud.


Bagi para pembeli tiket, kami persilakan untuk mengantre di depan loket yang telah kami sediakan!
  • Ketika orang-orang (terutama yang hendak membeli tiket) mendengar ujaran kalimat perintah di atas, maka mereka pun akan mengantre di depan loket yang dimaksud.


Kepada bapak/ibu yang mempunyai waktu luang, kami mohon untuk hadir pada kegiatan rapat antarwarga yang akan diselenggarakan nanti malam di balai kelurahan!
  • Ketika bapak/ibu yang mempunyai waktu luang mendengar kalimat perintah di atas, maka mereka akan langsung menghadiri kegiatan yang dimaksud.

Demikianlah beberapa contoh kalimat perintah dan tanggapan mereka dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan semua pembaca, baik mengenai kalimat perintah tertentu, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia secara umum.

Jika pembaca ingin menambahkan wawasan ke dalam pertanyaan kalimat, maka pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh kalimat dan pertanyaan; contoh kalimat dan seruan imperatif; contoh kalimat pertanyaan menggunakan jenis kata tanya; contoh kalimat pertanyaan khusus; contoh jenis kalimat berdasarkan fungsinya; dan artikel misalnya kalimat verbal.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar