--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Kalimat Pasif Berpola O-P-S-Pel-K Lengkap

Sebelumnya, kita sudah tahu apa contoh kalimat pasif yang bermotif O-P-S-K. Kali ini, kita juga akan tahu beberapa contoh kalimat pasif dalam bahasa Indonesia yang ditulis dengan pola kalimat khusus. Polanya adalah pola O-P-S-Pel-K. Contoh kalimat pasif yang terpola dalam kalimat dapat didengarkan sebagai berikut!


Contoh Kalimat Pasif Berpola O-P-S-Pel-K dalam Bahasa Indonesia

  1. Kami diberi oleh paman oleh-oleh dari Pekanbaru. (O: kami, P: diberi, S: oleh paman, Pel: oleh-oleh, K: dari Pekanbaru)
  2. Agus dikirimi oleh orangtuanya sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama di perantauan. (O: Agus, P: dikirimi, S: oleh orangtuanya, Pel: sejumlah uang, K: untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama di perantauan)
  3. Kami diberi oleh bos kami upah tambahan karena beliau puas dengan hasil kerja kami. (O: kami, P: diberi, S: oleh bos kami, Pel: upah tambahan, K: karena beliau puas dengan hasil kerja kami)
  4. Karyawan perusahaan itu diberi oleh pemimpin perusahaannya parsel pada hari Sabtu kemarin. (O: karyawan perusahaan itu, P: diberi, S: oleh pemimpin perusahaannya, Pel: parsel, K: pada hari sabtu kemarin)
  5. Bakri diberi oleh pak guru hukuman akibat dari perbuatannya yang mengganggu siswa lain itu. (O: BAkri, P: diberi, S: oleh pak guru, Pel: hukuman, K: akibat dari perbuatannya yang mengganggu siswa lain itu)
  6. Aku ditawari oleh Pak Burhan pekerjaan di perusahaan miliknya. (O: aku, P: ditawai, S: oleh Pak Burhan, Pel: pekerjaan, K: di perusahaan miliknya)
  7. Kucing kampung itu diberi majikannya makanan kucing tadi pagi. (O: kucing kampung itu, P: diberi, S: majikannya, Pel: makanan kucing, K: tadi pagi)
  8. Anni dibelikan Agung kalung emas di hari ulang tahunnya kemarin. (O: Anni, P: dibelikan, S: Agung, Pel: cincin emas, K: di hari ulang tahunnya kemarin)
  9. Adik diberi ibu mainan baru di hari ulang tahunnya kemarin. (O: adik, P: diberi, S: ibu, Pel: mainan baru, K: di hari ulang tahunnya kemarin)
  10. Kami ditawari paman sebuah pekerjaan pada hari Rabu kemarin. (O: kami, P: ditawari, S: paman, Pel; sebuah pekerjaan, K: pada hari Rabu kemarin)
  11. Kami ditraktir Nathan makan siang saat jam makan siang kantor. (O: kami, P: ditraktir, S: Nathan, Pel: makan siang, K: saat jam makan siang kantor)
  12. Kami disuruh pak guru mengerjakan soal-soal LKS tadi pagi. (O: kami, P: disuruh, S: pak guru, Pel: mengerjakan soal-soal LKS, K: tadi pagi)
  13. Kami ditawari tukang obat itu salah satu obat dagangannya saat kami melintas di hadapannya. (O: kami, P: ditawari, S: tukang obat itu, Pel: salah satu obat daganganya, K: saat kami melintas di hadapannya)
  14. Para santri tengah diajari pak ustaz mengaji di masjid. (O para santri, P: tengah diajari, S: pak ustaz, Pel: mengaji, K: di masjid)
Demikianlah beberapa contoh kalimat pasif bermotif O-P-S-Pel-K dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai kalimat pasif maupun bahasa Indonesia. Mohon maaf jika ada kesalahan yang terkandung dalam artikel ini. Terima kasih.

Jika pembaca ingin menambah wawasan ke dalam pertanyaan kalimat pasif, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh kalimat nol pasif, contoh kalimat pasif, contoh kalimat pasif yang dilekatkan, dan artikel misalnya kalimat pasif diubah menjadi aktif kalimat.


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar