--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K

Salah satu pola kalimat dasar dan contoh yang telah dibahas secara singkat adalah pola S-P-Pel-K. Pola kalimat ini terdiri dari empat unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu subjek (S), predikat (P), pelengkap (Mop), dan deskripsi (K). Untuk mengetahui seperti apa pola ini dalam kalimat - terutama kalimat dasar, berikut beberapa contoh kalimat berpola S-P-Pel-K yang tercantum di bawah ini!



Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia

  1. Tubuhnya bercucuran keringat karena berolahraga. (S: tubuhnya, P: bercucuran, Pel: keringat, K: karena berolahraga)
  2. Anak-anak itu tengah berlatih sepakbola di lapangan Mangunharjo. (S: anak-anak itu, P: tengah berlatih, Pel: sepakbola, K: di lapangan Mangunharjo)
  3. Pak Usman tengah berjualan daging ayam di pasar itu. (S: Pak Usman, P: tengah berjualan, Pel: daging ayam, K; di pasar itu)
  4. Kami berselisih paham dengan mereka. (S: kami, P; berselisih, Pel: paham, K: dengan mereka)
  5. Kami berkeliling kota dengan menggunakan sepeda. (S: kami, P; berkeliling, Pel: kota, K: dengan menggunakan sepeda)
  6. Tubuh kami bermandikan keringat karena tersengat panasnya sinar mentari. (S: tubuh kami, P: bermandikan, Pel: keringat, K; karena tersengat panasnya sinar mentari)
  7. Bibi berbelanja sendirian di pasar. (S: bibi, P: berbelanja, Pel: sendirian, K: di pasar)
  8. Perutnya berlumuran darah akibat ditusuk oleh salah seorang perampok. (S: tubuhnya, P; berlumuran, Pel: darah, K: akibat ditusuk oleh salah seorang perampok)
  9. Langit bertabur bintang di malam hari. (S: langit, P: bertabur, Pel: bintang, K: di malam hari)
  10. Taman itu berisikan pepohonan dari berbagai macam jenis pohon. (S: tama itu, P: berisikan, Pel: pepohonan, K: dari berbagai macam jenis pohon)
  11. Penyanyi itu bersenandung lirih di perhelatan konsernya tersebut. (S: penyanyi itu, P: bersenandung, Pel: lirih, K: di perhelata konsernya tersebut)
  12. Es krim itu berlapiskan cokelat dari Belgia. (S: eskrim itu, P; berlapiskan, Pel: cokelat, K: dari Belgia)
  13. Anak-anak itu sedang bermain gobak sodor di tanah lapang desa. (S: anak-anak itu, P: sedang bermain, Pel: gobak sodor, K: di tanah lapang desa)
  14. Aku bertemu wanita itu di sebuah taman kota. (S: aku, P: bertemu, Pel: wanita itu, K; di sebuah taman kota)
  15. Anak-anak itu sedang belajar pencak silat di pendopo milik Pak Kusnandar. (S: anak-anak itu, P: sedang belajar, Pel: pencak silat, K: di pendopo milik Pak Kusnandar)
  16. Para gadis sedang belajar Tari Jaipong di sanggar tari milik Bu Kinasih. (S: para gadis, P: sedang belajar, Pel: Tari Jaipong, K: di sanggar tari milik Bu Kinasih)
  17. Dua pemuda itu sedang bermain gitar di pos ronda. (S: dua pemuda itu, P: sedang bermain, Pel: gitar, K: di pos ronda)
Demikianlah beberapa contoh kalimat dasar berpola S-P-Pel-K dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat bermotif lainnya, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh kalimat SPOK bermotif dasar, contoh kalimat SPO-Pel berpola dasar, contoh kalimat SPO-Pel-K berpola dasar, contoh kalimat SP berpola dasar dan SPO, serta artikel untuk contoh pola dasar SP-Pel dan SPK.

Semoga akan bermanfaat dan mampu memberikan wawasan baru bagi semua pembaca, baik mengenai contoh kalimat yang terpola secara khusus, maupun materi pembelajaran dalam bahasa Indonesia pada umumnya. Itu saja dan juga terima kasih banyak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar