Skip to main content

Kumpulan Contoh Kalimat Berita dan Opini

Contoh Kalimat Berita dan Opini.Dua jenis kalimat yang ada adalah kalimat berita dan opini. Kalimat berita adalah kalimat yang berisi informasi tentang suatu peristiwa. Sementara itu, kalimat opini adalah kalimat yang mengandung pandangan atau pendapat seseorang tentang suatu peristiwa. Dalam artikel ini, kita akan tahu seperti apa dua kalimat itu. Contoh-contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut!



A. Contoh Kalimat Opini

  1. Menurut saya, hal itu mestinya tidak dilakukan karena akan menimbulkan kerugian bagi lingkungan sekitar.
  2. Menurut opini saya, sebaiknya kita tidak perlu membawa masalah ini ke pengadilan karena masalah ini bisa kita selesiakan secara kekeluargaan.
  3. Bagi saya, apa yang Anda wacanakan itu tidak sesuai dengan realitas yang ada di depan mata kita.
  4. Menurutku, sebaiknya kita mengerjakan tugas kelompok ini di sekolah saja.
  5. Menurut opini saya, program sekolah selama delapan jam adalah program yang tidak relevan, karena akan menyebabkan siswa stres dan kelelahan dalam proses belajar.
  6. Menurut saya, seaiknya kau jangan meminjam uang ke lintah daeat, karena itu akan menimbulkan kerugian untukmu sendiri.
  7. Menurut opini saya, pembangunan jembatan di desa ini mesti segera dirampungkan agar akses jalan desa bisa jauh lebih mudah.
  8. Bagi saya, keputusan tersebut merupakan keputusan terbaik, mengingat situasi saat ini yang semakin tidak keruan.
  9. Bagiku, masakan ini adalah masakan terenak yang pernah aku cicipi.
  10. Menurut saya, program tersebut lebih baik tak usah diselenggarakan karea lebih banyak dampak negaitf dibanding dampak positifnya.
  11. Menurut opini saya, perusahaan ini mesti mencari pempin baru mengingat pemimpin lamanya tengah bermasalah dengan pihak pengadilan.

B. Contoh Kalimat Berita

  1. Pada Hari Minggu (27/05/2018), Masjid Jami Al-Iqra mengadakan kegiatan Tabligh Akbar yang diisi oleh tausyiah dari ustaz Karim Amrillah.
  2. Pada hari Rabu kemarin, siswa-siswi SMPN 77 mengadakan karya wisata ke kota Ponorogo.
  3. Komunitas Penulis Muda akan menyelenggarakan temu penulis seluruh Indonesia pada hari Jumat yang akan datang.
  4. Pak Hamdi resmi menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Sejahtera Abadi dan mulai bekerja pada hari Senin yang akan datang.
  5. Warga Rt 07 Desa Ciseueur mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar pada hrai Minggu yang lalu.
  6. Komunitas Pecinta Novel mengadakan acara buka puasa bersama di Kafe Jalanan pada hari Sabtu kemarin.
  7. Minggu depan, PT. Niaga Elektronika akan meluncurkan mendistribusikan produk terbarunya ke seluruh penjuru Indonesia.
  8. Hari Sabtu kemarin, Komunitas Pecinta Film Indie mengadakan acara buka bersama di daerah Kalibata.
  9. PT. Indo Alam Sejahtera resmi membuka kantor cabang di Balikpapan pada hari Jumat yang lalu.
  10. Sebuah truk bermuatan beras menabrak sebuah pohon di pertigaan Jalan Buah Delima pada Jumat (11/03/2017) tengah malam.
  11. Semalam, PT. Sejahtera Abadi mengadakan acara syukuran untuk memperingati hari jadi perusahaan yang ke-75 pada hari Rabu kemarin.
Jika pembaca ingin menambah referensi soal kalimat, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh kalimat pernyataan dan pertanyaan; contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia; contoh kalimat pernyataan fakta dan opini; contoh kalimat tanya beserta jawabannya; contoh kalimat aktif berubah menjadi pasif; serta artikel contoh kalimat langsung diubah menjadi kalimat tidak langsung.

Demikianlah beberapa contoh kalimat berita dan opini dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai kalimat berita dan opini maupun bahasa Indonesia.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar