Kalimat Lengkap Berunsur S, P, Pel, K dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat Lengkap S, P, Pel, K dalam Bahasa Indonesia. Sebelumnya, kami sudah tahu beberapa contoh kalimat lengkap yang mengandung unsur-unsur tertentu dalam beberapa artikel. Beberapa artikel termasuk: contoh kalimat lengkap dengan istilah S, P, O, K; contoh kalimat lengkap dengan istilah S, P, O, Pel, dan K; dan artikel pada contoh kalimat S, P, O, Pel.



Artikel ini juga akan menyajikan beberapa contoh kalimat lengkap lainnya, di mana unsur kalimat dalam bahasa Indonesia dalam contoh ini adalah Subjek (S), Predikat (P), Pelengkap (M), dan juga Informasi (K). Contohnya adalah sebagai berikut!

  1. Anak-anak tengah bermain bola di tanah lapang itu. (S: anak-anak, P: tengah bermain, Pel: bola, K: di tanah lapang itu)
  2. Kami sempat bertemu orang itu di taman kota. (S: kami, P: sempat bertemu, Pel: orang itu, K: di taman kota)
  3. Anak-anak sedang belajar bercocok tanam di halaman belakang sekolah. (S: anak-anak, P: sedang belajar, Pel: bercocok tanam, K: di halaman belakang sekolah)
  4. Tubuhnya bercucuran keringat dingin akibat terlalu gugup. (S: tubuhnya, P: bercucuran, Pel: keringat dingin, K: akibat terlalu gugup)
  5. Aldo terlambat bangun tidur akibat begadang semalaman. (S: Aldo, P: terlambat, Pel: bangun tidur, K: akibat begadang semalaman)
  6. Anak-anak tengah bermain layang-layang di tanah lapang perkampungan. (S: anak-anak, P: tengah bermain, Pel: layang-layang, K: di tanah lapang perkampungan)
  7. Dia berhenti bekerja karena kondisi kesehatannya yang kian menurun. (S: dia, P: berhenti, Pel: bekerja, K: karena kondisi kesehatannya yang kian menurun)
  8. Perempuan itu tengah menari Jaipong di atas panggung tersebut. (S: perempuan itu, P: tengah menari, Pel: Jaipong, K: di atas panggung tersebut)
  9. Aku pernah berjumpa orang itu di suatu tempat. (S: aku, P: pernah berjumpa, Pel: orang itu, K: di suatu tempat)
  10. Tubuhnya bercucuran darah akibat dibacok oleh orang yang tidak dikenal. (S: tubuhnya, P: bercucuran, Pel: darah, K: akibat dibacok oleh orang yang tidak dikenal)
  11. Pohon itu tersambar petir tadi siang. (S: pohon itu, P: tersambar, Pel: petir, K: tadi siang)
  12. Perempuan itu masih terduduk sendiri di bangku taman. (S: perempuan itu, P: masih terduduk, O: sendiri, K: di bangku taman)
  13. Anak itu tertabrak sebuah sepeda motor tadi pagi. (S: anak itu, P: tertabrak, Pel: sebuah sepeda motor, K: tadi pagi)
  14. Anak-anak itu sedang berlatih sepak bola di stadion tersebut. (S: anak-anak itu, P: sedang berlatih, Pel: sepak bola, K: di stadion tersebut)
  15. Langit itu berhiaskan bintang-bintang di malam hari. (S: langit itu, P: berhiaskan, Pel: bintang-bintang, K: di malam hari)
  16. Mobil itu tertimpa pohon tadi siang. (S: mobil itu, P: terimpa, Pel: pohon, K: tadi siang)
  17. Pak Afip tengah berdagang sayur di perumahan itu. (S: Pak Afip, P: tengah berdagang, Pel: sayur, K: di perumahan itu)

Demikian beberapa contoh kalimat lengkap dalam istilah S, P, Pel, K dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke pertanyaan kalimat lengkap, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: jenis kalimat berdasarkan elemen, kalimat lengkap dan tidak lengkap, dan artikel untuk contoh kalimat lengkap dan tidak lengkap. Semoga akan bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai kalimat lengkap dan mata pelajaran bahasa Indonesia. Itu saja dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kalimat Lengkap Berunsur S, P, Pel, K dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel