Kalimat Langsung Diubah Menjadi Kalimat Tidak Langsung dan Contohnya

Kalimat Langsung Diubah Menjadi Kalimat Tidak Langsung. Salah satu jenis kalimat yang ada adalah kalimat langsung. Kalimat ini adalah kalimat dalam bentuk kata-kata atau ucapan seseorang. Salah satu ciri dari kalimat ini adalah penggunaan tanda kutip yang mengkonfirmasi kutipan atau pernyataan seseorang. Kalimat ini sendiri dapat diubah menjadi kalimat lain, yang merupakan kalimat tidak langsung.



Perubahan dapat dilakukan dengan menghapus tanda kutip dalam kalimat secara langsung, dan menggantinya dengan kata yang ditempatkan sebelum pernyataan orang tersebut. Selain itu, pidato orang tersebut juga berubah sesuai dengan kebutuhan kalimat tidak langsung tanpa mengubah makna pernyataan. Dalam kalimat langsung tertentu, kata itu biasanya tidak digunakan.

Untuk lebih memahami perubahan apa dalam bentuk kalimat langsung ke tidak langsung, maka artikel akan menyajikan beberapa contoh ini. Contohnya adalah sebagai berikut!

Contoh 1:

  • “Kalian, ayo cepat jalannya!” teriak Omar, “nanti pesawatnya keburu terbang.”
  • Umar berteriak kepada kami agar kami harus berjalan cepat, sebab nanti pesawat yang hendak kami naiki keburu terbang.


Contoh 2:

  • Tanpa tendeng aling-aling, dia pun menampar pipi pria itu, dan kemudian berkata, “bagaimana, sakit bukan? Tapi, kau harus tahu, bahwa rasa sakit dari tamparanku ini tidak sebanding dengan sakit hati yang kurasakan akibat perbuatanmu di masa lalu!”
  • Tanda tendeng aling-aling, dia pun menampar pipi pria itu, dan kemudian berkata bahwa rasa sakit dari tamparannya tidaklah sebanding dengan rasa sakit hatinya akibat perbuatan pria itu di masa lalu.


Contoh 3:

  • “Andai aku tidak mengambil keputusan seperti itu,” katanya, “mungkin aku tidak akan menanggung rasa sesal yang teramat dalam ini.
  • Dia berkata bahwa andai dia tidak mengambil keputusan seperti itu, mungkin dia tidak akan menanggung rasa sesal yang teramat dalam tersebut.

Contoh 4:

  • Pak Ujang berkata, “kalian akan kubawa ke polisi, wahai kalian para pencuri!”
  • Pak Ujang berkata pada para pencuri itu bahwa dia akan membara mereka ke polisi.


Contoh 5:

  • Pak guru berkata, “anak-anak, hari ini bapak tidak bisa mengajar karena bapak harus mengikuti rapat antar guru yang akan dilakukan sebentar lagi. Selama bapak nanti, kalian kerjakan dahulu soal-soal yang ada di LKS. Jika selesai, nanti kalian kumpulkan ke Ketua Kelas kalian lalu simpan di meja bapak yang ada di ruang guru.”
  • Pak guru berkata bahwa hari ini dia tidak bisa mengajar karena hari mengikuti rapat guru yang sebentar lagi akan dimulai. Sebagai gantinya, kami disuruh mengerjakan LKS hingga selesai, lalu mengumpulkannya ke Ketua Kelas dan setelah itu disimpan di mejanya yang ada di ruang guru.

Dengan demikian sejumlah contoh kalimat secara langsung diubah menjadi kalimat tidak langsung. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai kalimat tertentu, maupun materi pembelajaran dalam Bahasa Indonesia secara umum. Tolong maafkan juga jika ada kesalahan yang terkandung dalam artikel ini.

Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke pertanyaan kalimat, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh kalimat kalimat dalam bahasa Indonesia; contoh jenis kalimat berdasarkan fungsinya; elemen kalimat dalam bahasa Indonesia; karakteristik kalimat dalam bahasa Indonesia; pola dan contoh kalimat dasar; dan jenis kalimat berdasarkan elemen. Itu saja dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kalimat Langsung Diubah Menjadi Kalimat Tidak Langsung dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel