Kalimat Berpola Dasar S-P-O-K dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Pola Dasar S-P-O-K. Sebelumnya, kami sudah tahu beberapa pola dan contoh kalimat dasar. Satu pola adalah S-P-O-K yang terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, dan Deskripsi yang merupakan empat unsur kalimat dalam bahasa Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menemukan beberapa contoh kalimat yang menggunakan pola kalimat S-P-O-K dasar di dalamnya.

Contoh-contoh kalimat S-P-O-K bermotif dasar adalah sebagai berikut!


  1. Ibu membeli sayuran di pasar. (S: ibu, P: membeli, O: sayuran, K: di pasar)
  2. Ayah menyetir mobil dengan sangat kencang, (S: ayah, P: menyetir, O: mobil, K: dengan sangat kencang)
  3. Pak direktur telah mendatandatangani surat kerjasama pada pertemuan kerjasama dengan pihak perusahaan lain yang diselenggarakan kemarin. (S: pak direktur, P: telah menandatangani, O: surat kerjasama, K: pada pertemuan kerjasama dengan pihak perusahaan lain yang diselenggarakan kemarin)
  4. Dia mengerjakan tugas itu dengan penuh kesungguhan. (S: dia, P: mengerjakan, O: tugas itu, K: dengan penuh kesungguhan)
  5. Ani memegangi perutnya karena rasa lapar yang dia rasakan. (S: Ani, P: memegangi, O: perutnya, K: karena rasa lapar yang dia rasakan)
  6. Pihak perusahaan telah memecat Pak Dhira karena kinerjanya sudah tidak sesuai dengan keinginan perusahaan. (S: pihak perusahaan, P: telah memecat, O: Pak Dhira, K; karena kinerjanya sudah tidak sesuai dengan keinginan perusahaan)
  7. Andi sedang menikmati secangkir kopi di kedai kopi ternama itu. (S: Andi, P: sedang menikmati, O: secangkir kopi, K: di kedai kopi ternama itu)
  8. Para petani sedang memanen padi di sawah-sawah mereka. (S: para petani, P: sedang memanen, O: objek,K: di sawah-sawah mereka)
  9. Kami menjenguk Fadhil di rumah sakit dekat sekolah. (S: kami, P: menjenguk, O: Fadhil, K: di rumah sakit dekat sekolah)
  10. Pak Usman menjual ayam goreng di pinggir jalan. (S: Pak Usman, P: menjual, O: ayam goreng, K: di pinggir jalan)
  11. Polisi menangkap para pelaku pengedar narkoba di rumah kontrakan mereka. (S: polisi, P: menangkap, O: para pelaku pengedar narkoba, K: di rumah kontrakan mereka)
  12. Aku menjumpai mereka di pagelaran seni itu. (S: aku, P: menjumpai, O: mereka, K: di pagelaran seni itu)
  13. Paman sedang memperbaiki mobil sedannya di halaman depan rumah. (S: paman, P: sedang memperbaiki, O: mobil sedannya, K: di halaman depan rumah)
  14. Aku mewawancarai pejabat itu di rumah sang pejabat sendiri. (S: aku, P: mewawancarai, O: pejabat itu, K: di rumah sang pejabat sendiri)
  15. Aku menemui wanita itu di sebuah taman kota. (S: aku, P: menemui, O: wanita itu, K: di sebuah taman kota)
  16. Bibi sedang memasak gulai ikan di dapur. (S:bibi, P: sedang memasak, O: gulai ikan, K: di dapur)

Begitulah beberapa contoh kalimat S-P-O-K bermotif dasar. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat lainnya, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: contoh deskripsi kalimat hewan, contoh deskripsi kalimat objek, contoh kalimat berpola SPO berpola, contoh kalimat pasif, dan contoh nol kalimat pasif.

Semoga diskusi ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi semua pembaca, baik mengenai kalimat dasar dan pola khususnya, maupun tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan juga terima kasih banyak.

Belum ada Komentar untuk "Kalimat Berpola Dasar S-P-O-K dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel