Skip to main content

Pengertian Paragraf Deskripsi - Contoh Paragraf Deskripsi tentang Sekolah

Contoh Paragraf Deskripsi tentang Sekolah dalam Bahasa Indonesia – Paragraf deskripsi adalah paragraf yang berisi penjelasan rinci tentang suatu objek yang menyebabkan pembaca seolah-olah melihat dan merasakan objek tersebut. Objek yang dijelaskan melalui paragraf deskripsi harus dijelaskan berdasarkan apa yang ditangkap oleh panca indera. Paragraf ini adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan isinya.

Baca : contoh paragraf campuran singkat – contoh paragraf deduktif singkat – contoh paragraf induktif tentang liburan – contoh paragraf narasi singkat tentang liburan – paragraf klasifikasi

Baca: jenis-jenis paragraf berdasarkan pola pengembangannya – contoh paragraf induktif tentang sampah – contoh paragraf induktif tentang kesehatan – contoh paragraf campuran tentang olahraga – paragraf deduktif – paragraf deduktif induktif dan campuran

 Adapun paragraf ini mempunyai sejumlah ciri, yaitu:

  1. Mengandung banyak jenis-jenis kata sifat.
  2. Dijelaskan secara terperinci.
  3. Memberikan efek kepada pembaca seolah-olah objek tersebut ada di dekat mereka.
  4. Menggambarkan sebuah objek, entah itu benda orang, tempat, dan sebagainya.
  5. Melibatkan fungsi panca indera dalam proses pendeskripsian suatu objek.
  6. Melibatkan ciri-ciri fisik yang terdapat pada objek tersebut, seperti warna, ukuran, bentuk, dan sebagainya.

Baca: contoh paragraf induktif tentang sekolah – jenis-jenis paragraf berdasarkan posisi kalimatnya – jenis-jenis paragraf – contoh paragraf deduktif tentang pendidikan



Untuk lebih jelasnya, berikut ditampilkan beberapa contoh paragraf deskripsi tentang sekolah dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Ibu Yani adalah wali kelasku saat ini. Beliau adalah guru mata pelajaran bahasa Inggris yang mengajar di kelasku setiap rabu dan kamis. Saat beliau mengajar di kelasku, beliau selalu bertanya terlebih dahulu kondisi di kelas kami. Setelah itu, barulah beliau mulai memberikan materi bahasa Inggris. Ibu Yani sendiri mempunyai postur tubuh yang kurus serta memiliki tinggi sekitar 1, 75 meter. Beliau memakai jilbab dan biasanya memakai baju dinas khas seorang guru.

Cara mengajar beliau juga tergolong menyenangkan dan mudah dipahami. Beliau selalu menggunakan perumpamaan-perumpamaan sederhana yang ada di sekitar jika menjelaskan suatu materi. Terkadang, beliau juga menyuruh kami praktek di depan kelas. Hal tersebut membuat materi yang beliau ajarkan jadi mudah terserap di otak kami. Saat kami bermasalah atau nilai kami menurun, beliau selalu menanyakan apa penyebabnya serta memberi motivasi dan masukan agar kami bisa jadi lebih  baik.

Contoh 2:
Sudah dua tahun aku bersekolah di SMA swasta ini. Kini aku sudah kelas XI dan mengambil jurusan bahasa Indonesia. Sekolahku sendiri merupakan sekolah yang cukup terkenal di daerahku. Rata-rata, murid-murid yang bersekolah di sini adalah orang-orang yang tinggal di daerahku. Selain dekat, adanya potongan biaya bagi murid yang tempat tinggalnya dekat sekolah pun menjadi alasan mengapa orang-orangku bersekolah di sini.

Sekolahku ini terdiri dari tiga lantai dan bercat hijau tosca. Gerbang masuknya sendiri memiliki tinggi sekitar 2 meter lebih dan mempunyai kawat berduri di atasnya. Permberian kawat itu diberikan agar pencuri segan untuk mencuri di sekolah ini. Ketika memasuki gerbang, kendaraan para guru dan murid akan terlihat berjara di bawah pohon-pohon kersen. Pohon-pohon kersen tersebut sudah ada semenjak sekolah didirikan.

Jika masuk lebih ke dalam lagi, maka akan dijumpai lapangan sekolah di sana. Lapangan ini biasanya dipakai saat mata pelajaran olahraga berlangsung. Dari arah utara lapangan, terdapat gedung yang berisi ruang-ruang kelas tempat aku dan murid-murid lainnya belajar.Di samping barat, terdapat masjid yang halamannya cukup luas. Di sebelah barat lapangan, terdapat ruang Bimbingan Konseling, Ruang Guru, dan Ruang Kepala Sekolah. Perpustakaan sendiri ada di antara gedung ruang-ruang kelas.

Kedua contoh di atas hanya segelintir dari contoh paragraf deskripsi tentang sekolah dalam bahasa Indonesia. Mudah-mudahan kedua contoh tersebut bisa dipahami dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar