Pengertian Memoar dan Contoh Memoar Singkat

Pengertian Memoar dan Contoh Memoar Singkat. Salah satu jenis esai semi-ilmiah yang ada adalah memoar. Esai ini biasanya sering dianggap mirip dengan otobiografi. Faktanya, keduanya memiliki sejumlah perbedaan, di mana perbedaan dalam otobiografi dan memoar itu sendiri meliputi:



  • Autobigrafi berkisah tentang perjalanan hidup seorang tokoh mulai dari kecil hingga dewasa; sedangkan memoar berkisah tentang suatu peristiwa khusus yang dialami oleh seorang tokoh.
  • Autobiografi bisa ditulis sendiri oleh sang tokoh atau bisa dibantu oleh penulis pendamping dan penulis bayangan. Sementara itu, memoar hanya bisa ditulis oleh si tokoh tersebut.
  • Autobiografi bisa bersudut pandang orang pertama, bisa juga berudut pandang orang ketiga. DI lain pihak, memoar hanya memakai sudut pandang orang pertama saja.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu memoar, serta seperti apa bentuk dari karangan ini. Adapun pembahasan tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Contoh Memoar

Untuk mengetahui seperti apa bentuk memoar, berikut adalah salah satu contoh yang dapat disimak sebagai berikut!

Suatu malam, pintu rumah saya mengetuk. Saya sebenarnya ingin membuka pintu yang mengetuk. Namun, karena rasa kantuk yang begitu dahsyat, maka saya kembali tidur. Ah, ada bibi. Paling-paling bibi akan membuka pintu. Aku bergumam sebelum tertidur lagi.

Pintunya juga masih mengetuk. Saya masih terlena oleh tidur saya. Ketika saya hampir tertidur lagi, pintu rumah saya masih mengetuk, bahkan detaknya lebih keras dari sebelumnya. Kemudian, saya merasa kesal dan bergegas ke pintu rumah saya. Ah, dimana bibi. Pintu bukannya dibuka malah ditinggalkan begitu saja. Jadi saya terpaksa membuka pintu. Aku bergumam ketika aku melangkah menuju pintu.

Saya sudah berada di pintu rumah yang masih mengetuknya. Ada sedikit prasangka buruk yang melintas di kepalaku. Mungkinkah ketukan di pintu ini adalah hantu? Atau, rentenir yang ingin menagih hutang saudara laki-laki saya? Bulu di tubuh saya langsung berdiri. Dengan sedikit gentar, aku membuka pintu rumahku perlahan.

Pintu terbuka. Sosok itu mulai terlihat oleh mata. Dia, adalah orang yang dicari oleh rentenir yang selalu datang ke rumah saya.

Pengertian Memoar

Menurut halaman kbbi.kemendikbud.go.id, memoar didefinisikan sebagai catatan peristiwa masa lalu yang menyerupai otobiografi dan biasanya ditulis dengan menjelaskan tanggapan penulis dan kesan acara tersebut. Halaman kbbi.kemendikbud.go.id juga mendefinisikan memoar sebagai catatan atau catatan pengalaman hidup seseorang.

Dari definisi ini, kita dapat menyimpulkan bahwa memoar adalah esai yang secara khusus menggambarkan pengalaman hidup seseorang. Pengalaman yang ditulis dalam memoar biasanya merupakan pengalaman yang sangat mengesankan dalam kehidupan penulis memoar. Karena pengalaman yang mengesankan ini berasal dan dialami oleh penulis, memoar harus ditulis oleh penulis, dan bukan oleh penulis lain seperti yang dilakukan dalam esai biografi.

Demikianlah diskusi tentang pemahaman dan contoh memoar dalam bahasa Indonesia. Jika Anda ingin menambahkan referensi ke esai semi-ilmiah, pembaca dapat membuka artikel berikut ini, yaitu: contoh biografi pendek, contoh autobiografi pendek diri Anda, perbedaan biografi dan autobiografi dalam bahasa Indonesia, jenis esai, dan contoh sastra. esai. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Memoar dan Contoh Memoar Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel