Paragraf Analogi - Contoh Paragraf Analogi Singkat

Contoh Paragraf Analogi singkat dalam bahasa Indonesia – Paragraf analogi adalah salah satu jenis paragraf selain paragraf deduktif, paragraf campuran, deskripsi paragraf, paragraf naratif, atau paragraf argumen. Selain itu, paragraf analogi juga termasuk dalam jenis paragraf berdasarkan pola perkembangan di samping klasifikasi paragraf. Definisi analogi paragraf itu sendiri adalah paragraf atau paragraf yang berisi perumpamaan antara dua elemen yang dapat dibandingkan dan bertujuan agar pembaca memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Sebagai sebuah paragraf, analogi paragraf juga merupakan pola yang ada dalam penulisan paragraf induktif.



Adapun beberapa contoh paragraf analogi secara singkat adalah sebagai berikut.

Contoh 1 :
Menjadikan pekerjaan lepas ( freelance)sebagai pekerjaan utama adalah seperti berjalan di dalam lorong yang gelap dan berlubang di bagian jalannya. Seorang pekerja lepas (freelancer) harus siap bekerja tanpa gaji yang tetap dan jaminan hari tua. Selain itu, seorang pekerja lepas juga harus rela dianggap sebelah mata atas pekerjaan yang dilakoninya. Sebab, profesi pekerja lepas memang masih dianggap awam bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mental yang kuat serta pengelolaan finansial yang baik adalah beberapa kiat yang bisa dilakoni oleh seorang pekerja lepas. Dengan begitu, diharapkan para pekerja lepas dapat menjalani konsekuensi sebagai pekerja lepas yang bagaikan sebuah long hitam dan berlubang di bagian jalannya.

Contoh 2 :


Di zaman sekarang ini, mencari sebuah informasi atau referensi begitu mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Hal ini disebabkan adanya internet yang membuat semua itu mudah untuk di dapat. Sayangnya, kemudahan yang diberikan internet justru membuat kita terlena dan malas untuk berkarya. Padahal, mudahnya akses informasi atau referensi justru harus dijadikan pemicu untuk lebih produktif lagi dalam menghasilkan berbagai karya, bukan malah menjadi semakin malas dan konsumtif. Menumbuhkan kebijaksanaan dalam menggunakan internet menjadi salah satu upaya agar kita tidak terlena oleh internet yang mampu melenakkan kita dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Contoh 3 :
Arus informasi saat ini bagaikan hujan deras yang turun ke bumi. Banyaknya informasi yang lalu lalang di masyarakat akan membuat pembaca pusing sekaligus bingung dalam menentukan informasi yang valid dan informasi yang tidak valid. Mengasah daya kritis, serta selektif dalam memilih sumber informasi menjadi tips yang bisa dilakukan dalam membendung arus informasi yang deras seperti hujan.

Contoh 4 :
Memilih jurusan kuliah yang tepat adalah sesuatu yang gampang-gampang susah seperti halnya dalam memilih pasangan hidup. Butuh perhitungan yang matang dan kesadaran akan minat dan kemampuan diri adalah kunci dalam memilih jurusan. Dua hal tersebut mesti diterapkan oleh para calon mahasiswa agar terlepas dari keruwetan memilih jurusan kuliah yang ruwetnya sama seperti mencari pasangan hidup.

Contoh 5 :


Mendidik anak sama seperti merawat sebuah tanaman. Dalam merawat tanaman, kita mesti merawat mereka secara telaten dan sabar, sehingga tanaman yang kita rawat bisa bertumbuh dengan semestinya. Begitu juga dengan mendidik anak. Perlu adanya ketelatenan dan kesabaran ekstra agar mereka dapat bertumbuh dengan semestinya. Oleh karena itu, kita harus mendidik anakkita dengan telaten dan sabar seperti halnya saat kita merawat tumbuhan.

Demikianlah beberapa contoh paragraf analogi singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Analogi - Contoh Paragraf Analogi Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel