--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Sinopsis Buku Kumpulan Puisi Dari Bebagai Sumber

Contoh Sinopsis Buku Kumpulan Puisi.Sebelumnya, kita sudah mengetahui beberapa contoh sinopsis dari berbagai jenis esai, yaitu novel sinopsis contoh dan sinopsis dari cerita pendek anthops. Artikel ini juga akan menyajikan sejumlah contoh sinopsis dari karya tulis lain, di mana jenis tulisan yang disajikan dalam sinopsis adalah kumpulan puisi. Contoh sinopsisnya adalah sebagai berikut!


Contoh 1:

Hanya satu kata: Lawan! Kalimat pendek itu lebih dikenal ketimbang Widji Thukul, penyair yang menuliskan puisi tersebut. Hanya satu kata: Lawan! telah menjadi semacam roh bagi kebangkitan jiwa-jiwa yang coba menemukan jati dirinya, yaitu sebuah kekuatan melawan rezim otoritarianisme. Ia telah menemukan api bagi sebuah simbol kekuasaan.

(Sinopsis buku Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi) karya Widji Thukul yang dinukil dari laman https://www.goodreads.com/book/show/1697353.Aku_Ingin_Jadi_Peluru)

Contoh 2:

Rendra, penyair legendari negeri ini, telah lama berpulang. Namun, dia tidak sepenuhnya pergi. Ditinggalkannya alunan kata yang indah dan bertenaga bagi kita. Rendra bukan hanya seorang pemuja estetika. Dia turut menghadirkan realita di dalamnya. Perhatikanlah betapa puisi-puisinya selalu berbicara peristiwa di sekeliling kita. Tentang mulut-mulut yang terbungkam. Tentang orang-orang yang dirampas haknya. Tentang harapan mereka yang dilupakan. Namun, tak lupa pula dia membingkai rasa hormatnya kepada pencipta dalam larik-larik penuh makna.

Doa untuk Anak Cucu berisi puisi-puisi yang kerap dibacakan Rendra di berbagai kesempatan, namun tak pernah diterbitkan. Buku ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menikmati kepekaan dan kejeniusan Rendra dalam mengolah rasa menjadi kata, sekaligus menjadi warisan otentik tak ternilai bagi generasi-generasi yang akan terlahir di masa-masa berikutnya.

(Sinopsis buku puisi Doa untuk Anak Cucu karya W.S. Rendra yang dinukil dari laman https://www.goodreads.com/book/show/17847550-doa-untuk-anak-cucu)

Contoh 3:

Kumpulan duka-Mu abadi adalah suatu perkembangan baru, pembebasan, dan penemuan kembali atas berbagai pengalaman manusiawi sehingga menjadi sajak yang indah, membebaskan hati, sambil menjadikannya sedih.

Kumpulan ini pertama kali dilakukan oleh pelukis Jeihan dari karya-karya penulis yang tersebar di berbagai media tahun 1969.

Isinya berupa 43 puisi-puisi yang ditulis pada tahun 1967 dan tahun 1968.

(Sinopsis buku puisi Duka-Mu Abadi karya Sapardi Djoko Damono yang dinukil dari laman https://www.goodreads.com/book/show/1440932.Duka_Mu_Abadi)

Contoh 4:

Koleksi sajak 1942-1949.

Selama ini kita tidak bisa menemukan sajak-sajak Chairil Anwar dalam satu buku. Sebagian kita temukan dalam Debu Campur Deru dan Kerikil Tajam yang Terampas dan Terputus, sedangkan sebagian lagi kita jumpai dalam Tiga Menguak Takdir dan Chairil Anwar Pelopor Angkatan 45. Akan tetapi, sajak-sajak yang terdapat dalam pelbagai buku itu sekarang disatukan dalam Aku Ini Binatang Jalang.

Selain keseluruhan sajak asli, dalam koleksi ini juga dimuat untuk pertama kalinya surat-surat Chairil yang menggambarkan “keadaan jiwa”-nya kepada karibnya, H.B. Jassin.

(Sinopsis buku puisi Aku Ini Binatang Jalang Chairil Anwar yang dinukil dari laman https://www.goodreads.com/book/show/1446004.Aku_Ini_Binatang_Jalang)


Demikianlah beberapa contoh sinopsis buku kumpulan puisi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai sinopsis pada khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Adapun jika pembaca ingin menambah referensi mengenai contoh karangan, pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, contoh karangan bebas, contoh autobiografi singkat tentang diri sendiri, contoh biografi singkat, contoh biografi pahlawan, dan contoh biografi orang sukses. Sekian dan juga terima kasih yang sebesar-besarnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar