--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Paragraf Induktif tentang Pendidikan

Contoh Paragraf Induktif tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia – Paragraf induktif adalah salah satu jenis paragraf yang kalimat utamanya ada di akhir paragraf dan dapat disajikan dengan pola tertentu. Pola yang dapat digunakan paragraf induktif adalah pola generalisasi, analogi, dan sebab-akibat. Setiap tema dapat disajikan melalui paragraf induktif. Contoh paragraf induktif tentang lingkungan dan contoh paragraf induktif tentang sekolah adalah dua contoh yang membuktikan bahwa tema apa pun dapat ditulis dengan paragraf induktif. Artikel ini juga akan membahas contoh paragraf induktif dengan tema pendidikan.



paragraf narasi – paragraf klasifikasi – contoh kalimat dan paragraf persuasi – contoh paragraf narasi singkat tentang liburan – paragraf deduktif – paragraf deskripsi

Untuk lebih lengkapnya, berikut contoh paragraf induktif tentang pendidikan dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:

Pendidikan tak hanya di sekolah ataupun di tempat-tempat kursus. Keluarga juga menjadi salah satu sarana pendidikan pertama bagi anak-anak. Di dalam keluarga, anak-anak akan diajari sejumlah keterampilan, seperti berjalan, makan, menyusun dan membereskan mainan, dan sebagainya. Selain itu, keluarga juga dapat menanamkan nilai-nilai kebajikan di lingkungan keluarga sehari-hari, entah itu lewat ucapan maupun lewat teladan perbuatan. Oleh karena itu, keluarga harus bisa menjadi sekolah pertama yang baik untuk anak-anak.

Paragraf induktif di atas menggunakan pola generalisasi. Salah satu ciri khas pola ini adalah adanya pernyataan-pernyataan khusus berupa opini atau fakta di awal-awal paragraf yang kemudian disimpulkan oleh kalimat utama di bagian akhir.


Contoh 2:

Masih banyak yang menilai kemampuan siswa dari kecerdasan otaknya saja. Padahal, manusia sendiri mempunyai dua kecerdasan lain di dalam dirinya, yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Pengajaran sekolah pun juga masih menitikberatkan peningkatan kecerdasan otak atau intelektual muridnya. Instansi pendidikan mesti merombak paradigma berpikir seperti itu. Jika tidak diubah, maka instansi pendidikan hanya akan menghasilkan murid-murid berotak cerdas yang tidak pandai mengendalikan emosi serta tidak mempunyai jiwa spiritual yang kuat.

Tema utama pada paragraf induktif di atas adalah dampak dari tidak diajarkannya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Hal tersebut tercermin dari kalimat utama di akhir paragraf contoh 2. Paragraf ini juga menggunakan pola sebab-akibat, dimana kalimat-kalimat penjelas di paragraf contoh 2 merupakan sebab, sedangkan kalimat utama adalah akibatnya.


Baca: contoh kalimat tidak padu – paragraf campuran – paragraf deduktif induktif dan campuran – paragraf argumentasi – contoh pidato tentang pendidikan – contoh karangan narasi tentang pendidikan – contoh karangan persuasi tentang pendidikan – jenis-jenis konjungsi – konjungsi


Contoh 3:

Sebuah pohon tidak akan langsung tumbuh tinggi menjulang dengan sendirinya. Pohon tersebut harus dipupuki dan disirami secara konsisten agar pohon dapat tumbuh tinggi menjulang dan kuat. Begitu juga dengan peserta didik. Meskipun mempunyai bakat semenjak lahir, namun para peserta diidk tidak tiba-tiba langsung menjadi pintar atau baik dengan sendirinya. Perlu adanya pendidikan dan pengajaran secara terus-menerus dan konsekuen agar peserta didik menjadi lebih pintar dan berakhlak baik. Oleh karena itu, para pendidik harus mendidik peserta didiknya dengan berasaskan proses dan bukan berasaskan hasil.

Paragraf induktif di atas bertema pendidikan, khususnya terkait pendidikan yang berasaskan proses. Tema tersebut tercermin dari kalimat utama yang dicetak miring di  atas. Paragraf induktif ini menggunakan pola analogi dalam penulisannya. Pola analogi sendiri merupakan suatu pola paragraf induktif yang berisi perumpamaan dua unsur yang sama di dalamnya. Dua unsur yang diperumpamakan di atas adalah pohon dan peserta didik. Keduanya diperumpamakan karena mempunyai satu kesamaan, yaitu sama-sama harus ditumbuhkembangkan melalui proses yang panjang.

Demikianlah beberapa contoh kalimat induktif tentang pendidikan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar