Skip to main content

Kumpulan contoh Paragraf Deduktif tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan dalam Bahasa Indonesia – Salah satu jenis paragraf adalah paragraf deduktif. Paragraf ini adalah jenis paragraf yang memiliki pola umum untuk spesifik, di mana kalimat utama adalah pada awal paragraf, dan paragraf penjelasan ditempatkan setelahnya. Artikel ini akan menyajikan beberapa contoh paragraf deduktif, terutama yang bertema lingkungan.

Baca: paragraf induktif – paragraf campuran – paragraf deduktif induktif dan campuran – paragraf klasifikasi – paragraf argumentasi – paragraf deskripsi



Untuk lebih lengkapnya, berikut contoh paragraf deduktif tentang lingkungan dalam bahasa Indonesia

Contoh 1:
Botol plastik bekas ternyata bisa dibuat menjadi pot tanaman gantung. Cara membuat pot gantung dari botol bekas ini pun terhitung mudah. Pertama-tama, siapkan boto bekas, cutter, tang, tanah, sedotan, paku dan bibit tanaman gantung. Setalah itu, lubangi tutup botol dan bagian bawah botol dengan menggunakan paku. Potong satu sisi botol dengan menggunakan cutter, lalu masukkan sedotan ke dalam botol. Masukkan kawat ke dalam lubang bagian bawah botol hingga menembus ke lubang sedotan dan keluar lewat lubang ttup botol. Ujung kawat yang keluar dari tutup botol itu lalu dibengkokkan hingga berbentuk lingkaran. Masukkan sedotan ke ujung kawat satunya lagi yang berada di bagian luar botol yang telah dilubangi. Ujung kawat yang ada di luar botol tersebut lalu dibengkokkan hingga bentuknya mirip dengan kail pancing. Maka jadilah sebuah pot tanaman gantung. Setelah jadi, masukkan tanah dan bibit tanaman gantung ke dalam pot. Setelah itu digantungkan ke tembok halamn rumah yang sudah dipaku. Bila ingin lebih indah, pot bisa diwarnai terlebih dahulu dengan cat yang bebas dari timbal. Pengecatan dilakukan sebelum pot dimasukkan tanah dan bibit tanaman.

Pokok pikiran pada paragraf di atas adalah tentang pengolahan botol bekas menjadi pot tanaman gantung. Kalimat utama pada paragraf di atas adalah kalimat pertama yang dicetak tebal pada paragraf tersebut. Adapun kalimat penjelas dari paragraf di atas adalah pada kalimat-kalimat setelah kalimat utama. Kalimat penjelas tersebut menjelaskan secara rinci kalimat utama yang berisi pokok pikiran paragraf tersebut.


Contoh 2:
Bank sampah kini tengah menjadi tren di masyarakat dalam hal pengelolaan sampah. Bank sampah sendiri merupakan suatu tempat dimana sampah-sampah yang dipilah terkumpul.  Bank sampah dikelola menggunakan sistem yang milik dengan perbankan serta pengelolanya adalah petugas-petugas sukarelawan. Penyetor yang menyetorkan ke bank sampah adalah warga di sekitar bank sampah yang telah diberi buku tabungan bank sampah. Sampah-sampah yang telah dipilah tersebut akan diberikan kepada para pengrajin sampah atau kepada pengepul sampah.

Pokok pikiran pada paragraf di atas adalah pengenalan tentang bak sampah yang kini tengah tren di masyarakat. Kalimat pembuka yang dicetak tebal pada alinea di atas adalah kalimat utamanya, kalimat-kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas dari kalimat utama tersebut.

Contoh 3:
Salah satu sumber pencemaran air adalah limbah rumah tangga. Limbah ini merupakan limbah yang dihasilkan oleh aktivitas rumah tangga sehari-hari. Limbah ini dibagi dua berdasarkan bahannya, yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Limbah rumah tangga yang termasuk limbah rumah tangga antara lain: sisa-sisa makanan, kotoran  manusia, dan sisa-sisa sayuran. Sementara itu, limbah rumah tangga anorganik antara lain: air sabun, kantung plastik, dan sebagainya.

Pokok pikiran pada paaragraf di atas adalah soal limbah rumah tangga. Kalimat pembuka pada paragraf tersebut adalah kalimat utama, sedangkan kalimat-kalimat setelahnya adalah kalimat penjelas.

Baca: contoh paragraf deduktif tentang pendidikan – jenis-jenis paragraf berdasarkan fungsinya – jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya – jenis-jenis paragraf berdasarkan pola pengembangannya – jenis-jenis paragraf berdasarkan posisi kalimatnya – paragraf narasi – contoh paragraf induktif tentang sampah – contoh paragraf induktif tentang kesehatan – contoh paragraf induktif tentang lingkungan

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang lingkungan. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar