KUMPULAN CONTOH KATA PENGANTAR KARYA ILMIAH (Proposal, Skripsi, Laporan Penelitian, Makalah, Resensi Novel, Penerbit Novel)

KUMPULAN CONTOH KATA PENGANTAR KARYA ILMIAH (Proposal, Skripsi, Laporan Penelitian, Makalah, Resensi Novel, Penerbit Novel) Kata pengantar dalam karya tulis ilmiah tidak sama dengan kata pengantar dalam novel, kata pengantar dalam karya tulis ilmiah lebih rinci daripada kata pengantar novel ataupun buku. Buku ataupun novel tidak selalu terdapat kata pengantar di pendahuluannya seperti pada novel – novel klasik atau novel – novel  zaman dulu.

Kata pengantar adalah bagian dari pendahuluan di dalam sebuah karya tulis yang berisi terima kasih dari penulis. Kata pengantar pada setiap karya tulis di pendahuluannya. Karya tulis yang diterbitkan buku, makalah, esai, tesis, dissasi, surat kabar, tabloid, dll. Kata pengantar memiliki peran penting dalam karya tulis juga dalam sebuah buku, karena melalui kata pengantar pengarang rasa syukurnya atas semua kontributor yang membantu selesainya karya tersebut. Baik bantuan dalam bentuk konten, materi dalam bentuk motivasi.



Penulisan kata pengantar pada setiap karya tulis berbeda – beda baik karya berbentuk buku, esai, makalah, laporan, proposal, skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagainya.

Cara menyusun / menulis kata pengantar supaya makalah, buku, laporan, skripsi menjadi menarik bagi pembaca yaitu harus memenuhi bagian – bagian yaitu :

  • Judul, judul yang diberikan yaitu “Kata Pengantar”. Penulisan judul posisinya di tengah atas, huruf kapital dan bercetak tebal.
  • Ungkapan pujian kepada Allah/Tuhan atas kesehatan dan pencerahan-Nya sehingga makalah, skripsi, laporan tersebut terselesaikan dengan baik.
  • cantumkan judul makalah atau laporan atau skripsi atau karya lain tersebut dicantumkan dalam pengantar. Letakkan judul tersebut setelah ungkapan rasa syukur.
  • Tambahkan deskripsi sesingkat-singkatnya tentang karya ilmiah anda. Kemudian sertakan tujuan penyusunan buku, makalah, laporan, tesis, skripsi di paragraf.


Itulah cara maupun langkah-langkah membuat kata pengantar. Untuk mempermudah dalam memahami langkah-langkah pembuatannya, berikut contoh contoh kata pengantar.

1. Contoh Kata Pengantar untuk Proposal

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah dengan sepenuh kerendahan hati, penulis memanjatkan puji serta syukur kehadirat Allah, karena dengan izin, rahmat dan hidayahNya, penulisan Proposal Pengadaan Buku untuk perpustakaan Desa Ngabenrejo Grobogan.

Penulisan Proposal Usulan Pengadaan Buku ini ditujukan untuk Penerbit Pustaka Jaya. Pengadaan buku tersebut dimaksudkan agar anak-anak memiliki sarana untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Proposal Usulan Pengadaan buku ini dibuat berdasarkan hasil pengamatan, diskusi, wawancara, dan keterlibatan langsung dalam rencana peningkatan kuantitas dan kualitas buku di Perpustakaan Desa Ngabenrejo.

Penulis menyadari, keberhasilan penyusunan Proposal  Pengadaan Buku ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan banyak pihak yang sudah memberikan masukan, semangat serta doa kepada penulis dalam menghadapi setiap tantangan, sehingga pada kesempatan ini penulis menghaturkan ungkapan terima kasih kepada :

  1. Bapak Sugiyono,H. selaku Kepala Desa Ngabenrejo, Grobogan.
  2. Bapak Samuri, selaku RT tempat perpustakan Desa Ngabenrejo.
  3. Ibu Siti Rohmah Selaku Penanggungjawab Perpustakaan Desa.
  4. Anak – anak pegiat baca buku di Desa Ngabenrejo, Grobogan.

Serta berbagai pihak yang telah berkontribusi terhadap pembuatan proposal ini, yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu

Akhir kata, penulis berharap semoga Proposal Pengadaan Buku ini dapat dikabulan, dan tujuan kami menambah wawasan anak – anak dapat terealisasikan. Dalam penyajian Proposal Pengadaan Buku ini penulis menyadari belum mencapai kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan koreksi serta saran yang bersifat membangun sebagai bahan masukan  demi perbaikan maupun peningkatan penulis dalam bidang ilmu pengetahuan.

Wasalamu’alaikum Wr.Wb.

Grobogan, 27 Februari 2016

Penulis

Ekarasi



2. Contoh Kata Pengantar Resensi Novel

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puja puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang sudah melimpahkan berkah dan karuniaNya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan resensi buku yang berjudul “Geserlah Cahaya Palsumu” ini dengan tepat waktu.

Adapun penulisan ini bertujuan untuk meresensi novel “Geserlah Cahaya Palsumu” karya Ekarasi. Geserlah Cahaya Palsumu merupakan novel ke-10 dari Ekarasi. Penulis ingin berterima kasih terhadap semua pihak yang turut membantu dalam penyelesaian tugas resensi ini.

Saya menyadari bahwa resensi novel ini masih kurang dari kesempurnaan. Maka, dengan kerendahan hati penulis mohon para pembaca berkenan untuk memberi saran dan kritik konstruktif. Penulis berharap resensi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan mempermudah pembaca dalam memahami isi novel, tanpa menghabiskan banyak waktu untuk membaca novel tersebut.

Purwodadi, 14 November 2012

Fathur

3. Contoh Kata Pengantar Penerbit Novel

KATA PENGANTAR PENERBIT

Sejarah merupakan guru kehidupan. Meskipun sosoknya telah usang justru sering memberikan pencerahan. Pembacaan sejarah bisa mempertemukan manusia terhadap kearifan. Pada titik yang paling spektakuler, sejarah yang tercantum dalam karya Ilahi yang dinamakan kitab suci, bahkan dapat mengantarkan umat untuk tunduk kepada Tuhannya atas dasar keimanan.

Fiksi sebagai salah satu karya seni dapat lahir dari imajinasi. Namun, arti penting karya tulisan fiksi bagi kelestarian peradaban tidak dapat dikecilkan hanya karena ia menyandang label sebagai buah imajinasi. Imajinasi dalam novel-novel Jules Verne mampu membimbing ilmuwan semacam J.D. Watson menemukan DNA, Auguste Pichard menemukan lampu neon. Penemuan-penemuan lain seperti balon udara, kapal selam nuklir, hujan buatan, dan rudal, sedikit banyak berutang pada imajinasi Verne.

Keteguhan pada komitmen-komitmen moral yang kemudian diekspresikan melalui karya fiksi jualah yang membuat orang-orang semacam Pramudya Ananta Toer, Gao Xingjian, dan Boris Pasternak tergusur dari kesempatan menjalani hidup secara wajar. Atas nama karya fiksi tokoh-tokoh ini harus rela hidupnya dinistakan dengan segala kenelangsaannya.

Sejarah dan fiksi, dua hal besar, penting, kadang ekstrem, bahkan tidak masuk akal. Lantas, kemungkinan seperti apa yang bakal lahir dari sintesis dua hal dahsyat ini? Pasti, bukan hal yang remeh-temeh, apalagi kosong. Gajahmada dan Majapahit adalah ikon yang akan selalu hadir dalam pentas sejarah panjang perjalanan bangsa ini. Hanya, barangkali tidak terlalu banyak yang mengetahui bahwa di balik dua nama besar ini tersimpan kisah amat memesona, penuh gejolak, dan menggugah.

Fakta sejarah inilah yang ditautkan dengan fiksi sehingga lahir sebuah epos berjudul Gajahmada. Eksplorasi kesejarahan ini akan mengabarkan kepada Anda bahwa nama besar Majapahit bukan hanya terbangun karena luas wilayahnya, ketangguhan Gajahmada,pemerintahan Raden Wijaya, atau Jayanegara. Di balik segala kemegahan itu ada pasukan elite bernama Bhayangkara yang sumbangsihnya membuat kita mengenal Majapahit dengan segala

kebesarannya seperti sekarang ini. Terimakasih atas kontribusi berbagai pihak dalam penyelesaian novel fiksi ini, khususnya untuk penulis. Semoga karya ini mampu menjadi ”teman” bagi Anda yang ingin melakukan pembacaan sejarah dan menghikmati kearifan di dalamnya karena hidup manusia mestinya adalah sebuah hidup yang menjadi sejarah.

Tiga Serangkai


4. Contoh Kata Pengantar untuk Skripsi

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Puji Syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW. yang telah membawa risalah Islam yang penuh dengan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu keIslaman, sehingga dapat menjadi bekal hidup kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Bagi penulis, penyusunan laporan skripsi yang berjudul “Model Kurikulum Integralistik” ini merupakan tugas yang tidak ringan. Penulis sadar banyak hambatan yang menghadang dalam proses penyusunan laporan ini, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis sendiri. Kalaupun pada akhirnya karya ini dapat terselesaikan tentulah karena beberapa pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini. Oleh Karena itu penulis sampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya, utamanya kepada yang terhormat:

Darmu’in, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Mustopa, Ag., selaku Ketua Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Aang Kunaepi, M.Ag., selaku pembimbing I yang telah berkenan meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan skripsi ini.
Abdul Rohman, M.Ag., selaku pembimbing II yang telah berkenan meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan skripsi ini.
Achmad Bashori, S.Pd., selaku Kepala Bagian Yayasan SD Islam Integral Luqman al-Hakim Purwodadi Grobogan.
Mukhlisin, S.Pd.I., selaku Kepala SD Islam Integral Luqman al-Hakim Purwodadi Grobogan.
Wakil Kurikulum serta pengajar SD Islam Integral Luqman al-Hakim Purwodadi Grobogan.
Keluarga dan sahabat-sahabat yang telah memberikan motivasi dan dukungan terhadap terselesaikannya laporan penelitian ini.
Tidak ada yang dapat penulis berikan kepada mereka selain iringan do’a yang tulus dan ikhlas semoga amal baik mereka diterima dan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah SWT. Tidak lupa saran dan kritik yang konstruktif sangat penulis harapkan dari pembaca demi kesempurnaan skripsi ini.

Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Amin.

Semarang, 06 September 2013

Ekarasi

5. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan Penelitian

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan penelitian ini yang merupakan syarat yang wajib dipenuhi guna memperoleh beasiswa penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Walisongo Semarang.

Sholawat dan salam saemoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW. yang telah membawa risalah Islam yang penuh dengan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu keIslaman, sehingga dapat menjadi bekal hidup kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Suatu kebahagiaan tersendiri, jika suatu riset dapat terselesaikan dengan sebaik-baiknya. Bagi penulis, penyusunan laporan riset ini merupakan tugas yang tidak ringan. Penulis sadar banyak hambatan yang menghadang dalam proses penyusunan laporan ini, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis sendiri. Kalaupun pada akhirnya karya ini dapat terselesaikan tentulah karena beberapa pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan ini.

Untuk itu penulis sampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya, utamanya kepada yang terhormat:

  • Dr. H. Muhibbin, M. Ag., selaku Rektor IAIN Walisongo Semarang
  • Lift Anis Ma’shumah, M.Ag. selaku pembimbing yang telah berkenan meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan laporan ini.
  • Muhsoni selaku pengasuh Pondok Pesantren Modern Bina Insani Semarang
  • Munzaini, S. Ag, M.Pd.I selaku kepala sekolah SMP dan SMA Bina Insani Semarang
  • Sahaba-sahabat yang telah memberikan motivasi dan dukungan terhadap terselaikannya laporan penelitian ini.

Tidak ada yang dapat penulis berikan kepada mereka selain iringan do’a yang tulus dan ikhlas semoga amal baik mereka diterima dan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah SWT. Tidak lupa saran dan kritik yang konstruktif sangat penulis harapkan dari pembaca demi kesempurnaan laporan penelitian ini.

Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Amin.

Semarang, 06 September 2013

Penulis



6. Contoh Kata Pengantar untuk Makalah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena Rahmat dan KaruniaNya kami bisa menyusun makalah berjudul “Sejarah penemuan Internet” ini dengan tepat waktu, guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Sejarah Internet, Fakultas Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, UNY.
Dalam pembuatan makalah ini, kami banyak mendapat hambatan dan tantangan namun dengan dukungan dari berbagai pihak, tantangan tersebut dapat teratasi. Olehnya itu, tim penyusun mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah ikut membantu dalam penyelesaian makalah ini. Untuk itu penulis sampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya, utamanya kepada yang terhormat Dosen Pengampu, DR. Indarto, S. Si., M.T., dan rekan – rekan kelompok penyusun makalah ini. Semoga kontribusinya mendapat balasan dari Tuhan YME.
Tim penyusun sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan baik segi penyusunan maupun isinya. Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan untuk kesempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata, harapan kami makalah ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca dan kita sekalian.

Yogyakarta, 27 Oktober 2016

Tim Penyusun


Pembuatan kata pengantar untuk keperluan apapun baik makalah, novel, skripsi, buku, proposal dll pada dasarnya dengan format yang sama namun dengan konten yang berbeda. Kata pengantar dalam karya – karya tersebut pastilah mengandung ungkapan terimakasih penulis ataupun penyusun kepada pihak – pihak yang melancarkan penulisan karya tersebut. Semoga contoh kata pengantar karya ilmiah dalam tulisan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "KUMPULAN CONTOH KATA PENGANTAR KARYA ILMIAH (Proposal, Skripsi, Laporan Penelitian, Makalah, Resensi Novel, Penerbit Novel)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel