Skip to main content

Kumpulan Contoh Karangan Semi Ilmiah Opini

Contoh Karangan Semi Ilmiah Opini Pada kesempatan yang lalu, Kami telah membahas sejumlah contoh esai semi-ilmiah seperti contoh esai semi-ilmiah pendek, contoh esai semi-ilmiah tentang kesehatan, dan contoh esai semi-ilmiah tentang pendidikan. Berikut ini adalah contoh esai semi-ilmiah dalam bahasa Indonesia.


Mengakhiri Polusi Plastik*


Oleh : Lian Lubis

Kepala Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Hari Bumi, 22 April 2018, telah berlalu. Tema peringatan tahun ini adalah "Akhiri Polusi Plastik"; mengakhiri polusi plastik. Salah satu video untuk memperingati Hari Bumi 2018 yang ditayangkan oleh YouTube menawarkan data yang cukup mengerikan tentang sampah plastik dunia. Lebih dari 8 juta ton plastik dibuang ke laut setiap tahun; samudera itu seperti sampah atau limbah TPA. Pada tahun 2050, diperkirakan lebih banyak sampah plastik di lautan daripada ikan dan setengah sampah plastik di dalam tubuh penyu dan burung laut. Sebagai catatan, Indonesia berada di peringkat kedua di dunia sebagai penyumbang limbah plastik terbesar di lautan (Jambeck et al. 2015 dalam Widarini, 2016).

Bagi yang peduli dengan kelestarian ekosistem bumi, tentu saja mereka akan berpikir, bagaimana cara mengakhiri polusi plastik? Manusia terbiasa dan sangat tergantung pada plastik dan sangat tergantung pada plastik dengan berbagai bentuk dan fungsi. Meskipun berbagai penelitian dan produk inovasi telah dibuat untuk menggantikan plastik dan memecah sampah plastik, tetapi sampai sekarang plastik belum dapat diganti dan limbah relatif tidak dapat dikurangi. Dan, jika perkiraan pada tahun 2050 sampah plastik di lautan lebih dari untuk ikan, maka kita dihadapkan pada kenyataan bahwa polusi plastik tidak dapat dihentikan. Dengan kata lain, plastik akan tetap diproduksi walaupun memiliki dampak negatif pada ekosistem laut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan polusi plastik adalah dengan mengurangi penggunaan kemasan (terutama dalam bentuk botol dan gelas) dan kantong plastik. Karena dengan mengurangi penggunaan kemasan dan kantong plastik, kami telah mendorong produsen dan penjual benda plastik untuk benar-benar mempertimbangkan dampak lingkungan dari apa yang mereka hasilkan. Selain itu, penggunaan produk plastik inovatif yang ramah lingkungan dan penanganan langsung limbah produk plastik yang sudah diproduksi tetapi tidak ramah lingkungan, harus benar-benar dilakukan.

Begitulah ulasan singkat tentang contoh esai semi-ilmiah. Artikel lain yang dapat dibaca dan terkait dengan jenis esai di Indonesia termasuk jenis semi-ilmiah, contoh artikel pendek, contoh editorial pendek, contoh fitur pendek, contoh opini di koran, dan ilmiah, semi ilmiah dan non ilmiah . Semoga bermanfaat. Terima kasih.

*Disadur dan disarikan dari pikiran-rakyat.com, 26 April 2018 dengan perubahan seperlunya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar