Skip to main content

Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah dan 4 Contoh Singkat

Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia. Sebelumnya, Kitta telah mengetahui beberapa contoh jenis esai semi-ilmiah pendek. Kali ini, kita juga akan mengetahui contoh jenis esai lain, yaitu esai non-ilmiah. Esai ini adalah esai yang ditulis tanpa aturan penulisan ilmiah dan isinya dalam bentuk hal-hal yang fiktif dan imajinatif. Esai ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, di mana jenis esai non-ilmiah terdiri dari dongeng, cerita pendek, drama, dan novel. Keempat esai non-ilmiah akan menunjukkan contoh dalam artikel ini. Contoh-contoh ini dapat disimak sebagai berikut!


A. Contoh Drama Singkat

  • Tokoh 1: Hai, kawan, setelah ini kita akan ke mana lagi?
  • Tokoh 2: Entahlah. Kita ikuti saja jalan setapak yang ada di depan kita ini.
  • Tokoh 1: Kau yakin? Bagaimana kalau jalan ini justru mengarahkan kita ke jalan yang salah?
  • Tokoh 2: Sebetulnya aku juga tak yakin. Namun, masalahnya, jalan ini satu-satunya yang ada di hadapan kita. Sudahlah, kita ikuti saja jalan setapak ini da berdoa semoga jalan ini menghantarkan kita keluar dari tempat yang menyebalkan ini.

Kedua tokoh itu pun kemudian menyusuri setapak jalan tersebut. Jalan itu pun mereka tapaki selangkah demi selangkah. Dan di langkah yang terakhir, mereka pun menemukan suatu hal yang begitu mengejutkan mereka….

B. Contoh Novel Singkat

Nira masih tidak memahami keputusan yang diambil dari oleh Bayoe kepadanya. Di masih tak paham mengapa pria berusia 24 tahun itu memutuskan untuk meninggalkannya. Di lain tempat, Bayoe menangis terisak sambil merutuki keputusannya tersebut. Ini adalah keputusan terberat yang harus kuambil. Maafkan aku, Nira, rutuk Bayoe dalam hati.

C. Contoh Dongeng Singkat

Pada suatu hari, hiduplah seekor anak rusa yang hidup sendiri di hutan belantara. Anak rusa ini sudah ditinggal sejak kecil oleh keluarganya. Keluarganya sendiri menghilang karena diburu oleh sejumlah pemburu yang mengincar tanduk jenis hewan ini. Untungnya si anak rusa ini selamat setelah ditolong oleh seekor gajah yang baik. Sayangnya, sang gajah yang menolongnya pun kini sudah tiada. Bukan karena diburu, tapi memang usia yang sudah tak bersarang lagi di tubuh sang gajah. Sang anak rusa pun harus bertahan hidup sendiri di hutan sunyi itu. Suatu hari, ada seekor trenggiling yang datang ke hutan sunyi itu dan berpapasan dengan si anak rusa. Awalnya, kedua hewan itu saling berseteru dan salah paham. Namun, akhirnya mereka pun berbaikan, dan sejak saat itulah petualangan keduanya pun dimulai….

D. Contoh Cerpen Singkat

Masih saja aku mengingat sosoknya di bernda rumah ini. Di beranda ini memang mengandung selaksa kenanganku dengannya. Kini, selaksa kenangan itu pun kian menganga setiap kali aku hendak melupakannya. Mengapa demikian? Entah. Mungkin aku terlalu merindunya. Dan di saat aku mengingati semua kenangan itu, sesosok bayangan pun muncul di kejauhan sana….

Demikianlah beberapa contoh jenis esai non-ilmiah pendek dalam bahasa Indonesia. semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi semua pembaca, baik mengenai esai non ilmiah khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon maafkan juga jika ada kesalahan dalam artikel ini.

Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke esai, pembaca dapat membuka artikel tentang jenis esai ilmiah; contoh singkat dari jenis esai berdasarkan cara mereka disajikan; dan jenis esai berdasarkan isinya. Itu saja dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar