--> Skip to main content

5 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Usaha / Bisnis

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Usaha / Bisnis. Di beberapa artikel sebelumnya kami membahas berbagai jenis surat perjanjian. Mulai dari Perjanjian Jual Beli tanah, Perjanjian Sewa Mobil, hingga Perjanjian Utang. Dalam artikel ini masih ada satu lagi surat perjanjian yang akan kita diskusikan. Topik yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah tentang Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Berbagi Produksi.

Secara garis besar, Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil tidak jauh berbeda dengan beberapa surat perjanjian yang kami diskusikan sebelumnya. Tetapi sebelum memasuki sistematika penulisan Perjanjian Bagi Hasil ini, alangkah baiknya jika kita mengetahui persyaratan hukum dari perjanjian berikut:

Persiapan surat perjanjian harus dengan ikhlas dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Isi perjanjian harus disetujui oleh kedua belah pihak, sebagaimana diindikasikan oleh tanda tangan kedua belah pihak dalam perjanjian yang dicap dengan cukup.
Pihak-pihak dan saksi-saksi kontrak (jika ada) harus matang dan dalam keadaan sadar ketika proses kesepakatan berlangsung.
Isi perjanjian harus rinci dan jelas.
Isi surat perjanjian tidak boleh bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Setelah mengetahui persyaratan hukum dari sebuah kesepakatan, berikut adalah beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan ketika menyusun Letter of Cooperation for Production Sharing:

1. Identitas kedua belah pihak
Poin pertama adalah identitas kedua pihak yang terlibat dalam perjanjian kerjasama ini. Identitas ini dapat berisi nama lengkap Anda, tempat & tanggal lahir, alamat dan nomor identitas (bisa berupa KTP / SIM). Pastikan data pribadi kedua pihak valid sehingga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di masa depan.

2. Detail kerja sama
Poin berikutnya adalah tentang rincian kerjasama itu sendiri. Jelaskan dengan jelas bentuk kerjasama dalam Surat Perjanjian Kerjasama Berbagi Produksi ini.

3. Aturan
Salah satu bagian terpenting dalam Perjanjian Kerjasama Berbagi Produksi ini adalah di bagian perjanjian atau aturan perjanjian. Pada bagian ini kami akan menjelaskan secara detail apa yang bisa dan tidak boleh dilakukan oleh kedua pihak yang membuat perjanjian. Ini termasuk hal-hal yang dapat membatalkan perjanjian dan metode penyelesaian yang digunakan ketika perselisihan atau masalah terjadi dalam perjanjian.


Seperti biasa itu tidak lengkap jika hanya membahas teori tanpa tahu persis bagaimana bentuk Surat Kerjasama Berbagi Produksi ini. Oleh karena itu, di sini kami menyediakan Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Berbagi Hasil sebagai bahan referensi bagi pembaca juga:

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA


Yang bertanda tangan di bawah ini :
1.    Nama                         : Paijo
Tempat, Tanggal Lahir     : Sleman, 17 Agustus 1977
Alamat                              : Jalan Kebon Agung 13, Mlati, Sleman, DIY
No. KTP/SIM                   : 33120000000000000000
Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

2.    Nama                        : Paijan
Tempat, Tanggal Lahir    : Bantul, 1 Januari 1980
Alamat                             : Jalan Mataram 1, Sleman, Yogyakarta
No. KTP/SIM                  : 331211111111111111111
Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Dengan surat ini menyatakan sepakat untuk melakukan perjanjian kerja sama dengan ketentuan sebagai berikut :

Pasal 1
Dalam surat perjanjian kerjasama ini Pihak Kedua meminjam uang sebesar Rp. 50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah) kepada Pihak Pertama untuk usaha peternakan dan pembiakan ikan lele.

Pasal 2
Pihak Kedua memberikan keuntungan dari penjualan sebesar 5% atau Rp. 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) kepada Pihak Pertama selama 1 bulan.

Pasal 3
Apabila Pihak Kedua tidak dapat mengembalikan uang tersebut dalam jangka waktu dua bulan maka komisi akan diberikan kepada Pihak Pertama.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dan disetujui bersama serta tanpa ada suatu unsur paksaan dari pihak manapun.

Yogyakarta, 18 September 2017
Pihak Pertama                                                                                                 Pihak Kedua

[materai]


Paijo                                                                                                                       Paijan


Contoh Perjanjian Bagi Hasil Penjualan

contoh perjanjian bagi hasil penjualan
contoh perjanjian bagi hasil penjualan

Contoh Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Rumah Makan

contoh perjanjian kerjasama bagi hasil rumah makan
contoh perjanjian kerjasama bagi hasil rumah makan

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Proyek

contoh surat perjanjian kerjasama bagi hasil proyek
contoh surat perjanjian kerjasama bagi hasil proyek

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Perorangan

contoh surat perjanjian kerjasama usaha perorangan
contoh surat perjanjian kerjasama usaha perorangan
Demikian artikel tentang Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar