--> Skip to main content

Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT dan RW

Keterangan Domisili atau Tempat Tinggal adalah sertifikat yang menjelaskan tempat tinggal atau di mana seseorang berada di suatu daerah. Keterangan Domisili ini biasanya dikeluarkan oleh kelurahan, mulai dari pejabat terendah, yaitu RT ke kepala desa. Tujuan pembuatan Sertifikat Domisili ini biasanya untuk melengkapi dokumen sebelum melaksanakan pernikahan. Fungsi lain dari Sertifikat Domisili ini adalah sertifikat jika seseorang ingin berpindah dari satu area ke area lain.

Beberapa manfaat yang diperoleh dari Keterangan Domisili ini termasuk yang berikut:


  1. Asal usul seseorang menjadi lebih jelas karena ada catatan resmi dan lengkap dari kelurahan atau daerah tempat tinggalnya.
  2. Sebagai bukti yang valid dan valid dari mana orang yang bersangkutan berasal. Jika Keterangan Domisili atau Tempat Tinggal digunakan untuk proses pindah domisili, daerah tujuan tidak perlu khawatir tentang asal-usul orang tersebut.
  3. Sebagai jaminan jika pihak terkait ingin langsung melacak asal orang yang dijelaskan dalam Keterangan Domisili.


Dalam menyiapkan Keterangan Domisili ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Adalah sebagai berikut :

1. Kop surat

Karena termasuk jenis surat resmi, dalam menyiapkan Keterangan Domisili ini harus menyertakan kop surat resmi (kelurahan).

2. Identitas orang yang bersangkutan

Ini adalah salah satu poin terpenting yang harus ada dalam Keterangan Domisili, yaitu identitas orang yang menjadi objek dalam surat itu. Masukkan identitas Anda dengan jelas dan lengkap.

3. Tanda tangan dan perangko

Juga tambahkan tanda tangan dan cap resmi dari lembaga yang menerbitkan Keterangan Domisili, dalam hal ini orang yang memiliki kewenangan adalah ketua RT.

4. Bahasa standar

Seperti jenis surat resmi pada umumnya, kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menyiapkan Sertifikat Domisili Hunian dari RT.

Tanpa perlu berlama-lama, di sini kami memberikan Contoh Keterangan Domisili Residensial dari RT sebagai bahan referensi untuk Anda:

Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT


Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT
Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT

Contoh :


PEMERINTAH KABUPATEN PATI
KECAMATAN JAKEN
KANTOR KELURAHAN DESA RONGGO
Jalan Bukit Indah 12, Desa Ronggo, Kec. Jaken, Kab. Pati
Telepon : 0295-123-4567

SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor : ..... / ..... / ..... / .....

 
Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT 01, RW 01, Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati dengan ini menerangkan bahwa :
Nama                               : Joko
Tempat, Tanggal Lahir    : Pati, 17 Agustus 1994
Jenis Kelamin                  : Laki - laki
Pekerjaan                         : Mahasiswa
Agama                             : Islam
Status Pernikahan            : Belum menikah
Kewarganegaraan            : Indonesia
Alamat                             : Desa Ronggo, RT 01, RW 01, Kec. Jaken, Kab. Pati

Orang tersebut di atas benar – benar warga kami yang pada saat ini berdomisili di Desa Ronggo, RT 01, RW 01, Kec. Jaken, Kab. Pati.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar – benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Ronggo, 3 Maret 2017
Ketua RT 01 / RW 01,


Ahmad Nur Mujiono

Demikian Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT yang dapat kami berikan kepada Anda pada artikel kali ini. Semoga dapat membantu dan menjadi referensi bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa pada artikel dan pembahasan lainnya. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar