--> Skip to main content

9 Contoh Notulen Rapat Terlengkap Dilengkapi Contoh Cara Membuat Notulen

Contoh Notulen Rapat Terlengkap Dilengkapi Contoh Cara Membuat Notulen. Organisasi yang baik tentu harus memiliki administrasi yang baik juga. Baik itu organisasi mahasiswa, urusan mahasiswa atau organisasi perusahaan. Satu administrasi yang baik adalah merekam semua kegiatan organisasi seperti seminar, diskusi atau rapat. Catatan-catatan ini biasanya disebut menit. Menit ini memiliki nama lain, yaitu notulen rapat yang sebelumnya telah kami posting. Fungsi dari risalah tersebut adalah meringkas pertemuan atau acara seperti diskusi atau seminar dari awal acara hingga selesai. Risalah ditulis secara singkat, padat dan jelas dan sistematis sesuai dengan aturan yang ada. Di sisi lain, menit ini dapat digunakan sebagai dokumentasi kegiatan organisasi.

Notulis adalah orang yang mencatat menit. Reporter harus berada dalam pertemuan untuk dapat merekam semua aktivitas rapat dan menarik kesimpulan dari rapat. Reporter memiliki peran penting untuk dapat mendokumentasikan pertemuan dengan baik dengan satu menit. Notulis tidak harus dilakukan oleh sekretaris, itu bisa ditulis oleh orang lain sebagai bahan laporan untuk sekretaris. Cara membuat menit yang benar harus memperhatikan menit. Menit yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  1. Kepala (Kop) Notulen yang berisi mengenai : Topik, Hari dan tanggal acara, waktu acara, tempat acara, serta Peserta acara
  2. Isi Notulen yang berisi mengenai : pembukaan, jalannya acara kesimpulan dan penutup
  3. Penutup Notulen dan dilengkapi dengan tanda tangan notulen dan Penanggung jawab Rapat. Biasanya yang ditanda tangani oleh Ketua, Sekretaris, Notulis.

Note : Dalam sebuah pengesahan notulen lebih baiknya ditulis lengkap mengenai Nama Lengkap, Jabatan serta NIP atau Nomor Induk Anggota sebuah Organisasi.

Sebagai seorang Notulis atau seseorang yang bertugas membuat notulen Rapat, Anda harus menuliskan beberapa hal yang harus dicatat seperti :

  • Jumlah peserta
  • Tema Masalah
  • Waktu Diskusi
  • Catatan Diskusi
  • Rangkuman Akhir


Seperti biasanya, kami juga memberikan beberapa contoh notulen rapat yang baik dan benar.

Contoh Notulen Diskusi dan Seminar

Contoh Notulen Diskusi dan Seminar

Contoh Notulen Rapat Sederhana 

Contoh Notulen Rapat Sederhana

Contoh Notulen Rapat Perusahaan Swasta (MOM) Minutes of Meeting atau Memo Of Meeting

Contoh Notulen Rapat Perusahaan Swasta (MOM) Minutes of Meeting atau Memo Of Meeting


Contoh Notulen Rapat OSIS

Contoh Notulen Rapat OSIS


Contoh Notulen Rapat Kantor Pemerintah

Contoh Notulen Rapat Kantor Pemerintah


Contoh Notulen Rapat Kantor 

Contoh Notulen Rapat Kantor


Contoh Notulen Rapat Dinas
Contoh Notulen Rapat Dinas

Demikian tulisan tentang beberapaContoh Notulen Rapat Terlengkap Dilengkapi Dengan Cara Membuatnya yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca Sample mail.com, silakan Bookmark atau Bagikan artikel ini jika Anda merasa teman Anda membutuhkannya.



Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar