--> Skip to main content

Contoh Karangan Semi Ilmiah Singkat yang Lengkap

Contoh Karangan Semi Ilmiah Singkat yang Lengkap. Jika pada kesempatan sebelumnya kita meninjau esai semi-ilmiah tentang kesehatan, kita akan meninjau esai semi-ilmiah singkat.


Lunturnya Budaya Santun*

Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) akhirnya membuat keputusan yang menentukan dengan menghentikan kompetisi Liga Indonesia 2018 terkait kematian seorang pendukung Jack Mania oleh pendukung Persib Bandung yang tidak bertanggung jawab, sebelum pertempuran antara dua klub saingan, di GBLA Stadium di Bandung Minggu (23/9).

Kekerasan yang berakibat pada liga sepakbola Indonesia sering terjadi. Data PSSI, sejak 2005 sebanyak 95 kematian di kancah sepakbola Indonesia. Penyebab hilangnya nyawa manusia, hanya karena persaingan antar suporter sepakbola.

Tragedi kemanusiaan dalam sepakbola, hanyalah bagian dari potret kekerasan yang akhir-akhir ini meningkat di Indonesia. Perbedaan dalam dukungan untuk klub sepak bola dan olahraga lainnya, dengan mudah memicu kekerasan, menyebabkan kematian.

Tidak hanya di dunia olahraga, perbedaan dukungan politik membuat bangsa mudah terpecah. Media sosial juga digunakan sebagai tempat untuk saling menghujat, menyalahgunakan dan saling menghina.

Sebuah budaya yang selalu digemakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang sopan, ramah dan penuh hormat tampaknya telah memudar dari perilaku egois dan fanatisme yang berlebihan.

Laju perkembangan internet, media sosial, disertai dengan kecanggihan peralatan komunikasi pintar (smartphone) dalam dekade terakhir harus diakui sebagai membawa perubahan dan dampak kompleks yang berpotensi menghancurkan nilai-nilai luhur karakter bangsa ini. .

Kebebasan berekspresi di dunia maya medos mengikis budaya kesopanan dan saling menghormati. Pengguna dunia maya juga membuat media sosial, seperti hutan non-hukum, moral dan etika, di mana setiap orang bebas untuk melakukan atau mengatakan apa pun kepada orang lain.

Proses hukum dari berbagai kasus penghinaan di media sosial melalui serangkaian aturan ketat tentang produk pemerintah tampaknya tidak mampu memerangi masalah tersebut. Orang-orang masih melakukan kekerasan di media sosial.

Komitmen bahwa bangsa ini lahir karena dirajut atas dasar perbedaan, semakin pudar. Sebagai hasil dari pandangan politik yang berbeda, termasuk elit, kita cenderung mengabaikan kewajiban untuk merawat bangsa ini dalam ikatan besar yang telah disepakati.

Berbagai insiden yang terjadi di Tanah Air termasuk pemukulan pendukung Persija oleh pendukung Persib, kurang lebih ada efek dari media sosial. Perang yang terjadi di media sosial akan dengan mudah memicu perang terbuka ketika kedua kelompok bertemu langsung secara fisik.

Tentu saja masalah seperti ini tidak bisa dibiarkan berlanjut. Kita harus segera mengembalikan budaya sopan santun yang telah dirajut nenek moyang kita sejak lama. Perlunya gerakan dan kemauan untuk membuat media sosial menjadi tempat untuk tetap berhubungan dengan berbagai ilmu, bukan tempat untuk saling menghujat dan pelecehan verbal.

Demikian ulasan singkat tentang esai semi-ilmiah singkat. Artikel lain yang dapat dibaca dan terkait dengan jenis-jenis esai dalam bahasa Indonesia beserta contoh-contohnya adalah jenis esai ilmiah, jenis esai semi-ilmiah, contoh artikel pendek, contoh editorial pendek, contoh fitur pendek, contoh pendapat di koran, contoh biografi pendek, contoh biografi orang-orang sukses, contoh otobiografi pendek diri Anda, contoh esai sastra, pemahaman dan contoh memoar, contoh memoar pendek, esai ilmiah, semi-ilmiah dan non-ilmiah. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.

*Dikutip dari laman banjarmasin.tribunnews.com tanggal 27 September 2018
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar