--> Skip to main content

Contoh Surat Pemberhentian Kerja / Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Contoh Surat Pemberhentian Kerja / Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dalam artikel sebelumnya kita membahas contoh Surat Surat Pengunduran Diri yang baik dan sopan di mana keputusan memutuskan untuk mengakhiri pekerjaan adalah karyawan. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang topik yang hampir serupa tetapi siapa yang memegang keputusan untuk mengakhiri pekerjaan adalah perusahaan tempat seseorang bekerja.Contoh Surat Pemberhentian Kerja / Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan atau agen kepada karyawan yang bertujuan untuk mengakhiri kerjasama antara perusahaan dengan orang yang bersangkutan.

Contoh Surat Pemberhentian Kerja / Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) diberikan kepada karyawan karena berbagai alasan. Beberapa alasan paling umum untuk pemecatan adalah bagi karyawan untuk diketahui telah melakukan kesalahan fatal atau ancaman yang dapat mengancam nama baik atau masa depan perusahaan. Alasan lain adalah karena karyawan yang bersangkutan tidak lagi produktif atau tidak menunjukkan peningkatan kinerja selama periode waktu tertentu.
Maka alasan yang cukup klasik adalah karena kebijakan perusahaan itu sendiri sebagai langkah efisiensi dengan memangkas jumlah karyawannya. Pada alasan ketiga ini biasanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan diberikan secara bersamaan pada beberapa karyawan yang kinerjanya dinilai kurang dari karyawan lain.

Ada beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan ketika membuat Pengakhiran Surat Ketenagakerjaan ini (PHK). Beberapa hal penting, antara lain:

  1. Kepala surat (kop perusahaan)
  2. Nomor surat
  3. Perihal (PHK)
  4. Orang yang dituju (bisa juga dimasukkan pada isi surat dengan menyebutkan identitas orang yang bersangkutan)
  5. Isi surat (umumnya berisi nama karyawan yang akan diberhentikan, alasan pemutusan hubungan kerja, serta tanggal resmi pemutusan hubungan kerja tersebut)
  6. Ucapan terima kasih
  7. Tempat dan tanggal surat
  8. Tanda tangan dan nama terang
Bagi Anda yang membutuhkan referensi Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), seperti biasa kami akan memberikan beberapa Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagai bahan pertimbangan Anda. Berikut beberapa Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja yang dapat kami cantumkan pada artikel ini :


Contoh Surat PHK Karena Efisiensi


 KOP SURAT

 SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor : .....

 Dengan ini,
Diberitahukan kepada :

Nama     : Ali Sodikin
Jabatan    : Staff Produksi

bahwsa PT. Maju Sejahtera memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja dengan Anda terhitung sejak 17 Juli 2017.

Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan beberapa hal penting meliputi kondisi keuangan perusahaan yang kurang stabil, quota karyawan yang tidak seimbang dengan kuantitas produksi, serta kinerja Saudara yang dinilai kurang memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan perusahaan.

Demikianlah surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan, atas perhatian dan pengertian Saudara, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Pati, 15 Juli 2017
Hormat kami,


PT. Maju Sejahtera

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja Karena Tidak Disiplin


KOP SURAT

Nomor : .....
Perihal : Pemutusan Hubungan Kerja
Lampiran : -

Yang terhormat,
Sdr. Suntono Hadi
Di tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan hasil evaluasi kinerja saudara selama 6(enam) bulan terakhir, maka kami menilai tidak ada peningkatan dan perbaikan kinerja dari aspek kedisiplinan serta tanggungjawab pekerjaan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (pemutusan hubungan kerja) dengan Sdr. Suntono Hadi. Dengan demikian, terhitung mulai tanggal 17 Juli 2017 hubungan kerja antara PT. Maju Terus dengan Sdr. Suntono Hadi dinyatakan sudah berakhir. Dan atas nama lembaga, kami menyampaikan permohonan maaf serta ucapan terima kasih atas kinerja yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.
Ads

 


Yogyakarta, 15 Juli 2017
PT. Maju Terus


Prawiro
HRD Manager


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja untuk Karyawan Masa Percobaan


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja untuk Karyawan Masa Percobaan


Contoh Surat Keputusan Pemberhentian Kerja Karyawan


Contoh Surat Keputusan Pemberhentian Kerja Karyawan




Contoh Surat Pemberhentian Karyawan Swasta


Contoh Surat Pemberhentian Karyawan Swasta


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja Antar Perusahaan


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja Antar Perusahaan


Contoh Surat PHK Karena Kesalahan Karyawan

Contoh Surat PHK Karena Kesalahan Karyawan


Contoh Surat PHK karena Mangkir Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat PHK karena Mangkir Tidak Masuk Kerja


Demikian pembahasan mengenai Contoh-contoh Surat PHK Pemutusan Hubungan Kerja yang Baik dan Benar. Serta bisa digunakan untuk referensi Anda dalam membuat Surat.




Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar