--> Skip to main content

Contoh Surat Pengantar Permohonan Rekomendasi Aparat Pemerintahan

Contoh Surat Pengantar Permohonan Rekomendasi Aparat Pemerintahan. Surat rekomendasi memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk mendukung persetujuan suatu kegiatan, penyediaan beasiswa, pelaksanaan pembangunan, hingga penggalangan dana. Surat rekomendasi ini biasanya dikeluarkan oleh pihak yang memiliki posisi cukup tinggi. Misalnya kepala sekolah, direktur perusahaan, kepada aparat pemerintah.

Untuk mendapatkan rekomendasi ini, ada prosedur yang perlu Anda lakukan. Salah satunya menggunakan Letter of Intent of Recommendation of Government Aparatus. Nah, Contoh Surat Pengantar Aplikasi Rekomendasi Aparatur Pemerintah adalah orang yang akan menjadi topik diskusi kita di artikel ini. Sebelum membahas lebih lanjut Contoh Surat Rekomendasi Aparatur Pemerintah ini Surat Pengantar, Anda perlu mengetahui poin-poin berikut sebagai bahan persiapan:


  • Kegiatan atau rencana yang ingin dilaksanakan harus jelas dan bukan merupakan sebuah kegiatan yang negatif. Biasanya Anda perlu melampirkan sebuah proposal sebagai dokumen pelengkap.
  • Kegiatan atau rencana yang ingin dilaksanakan tidak boleh mengganggu masyaralat atau pihak manapun.
  • Surat Pengantar Permohonan Rekomendasi Aparat Pemerintahan ini biasanya diajukan oleh lembaga yang legal, jadi pastikan bahwa Anda memiliki lembaga dengan izin dan struktur yang jelas.
Setelah mengetahui beberapa poin tersebut, mari kita bahas mengenai sistematika penulisan Surat Pengantar Permohonan Rekomendasi Aparat Pemerintahan. Secara garis besar, beberapa bagian yang perlu Anda perhatikan ketika menyusun Surat Pengantar Permohonan Rekomendasi Aparat Pemerintahan, antara lain sebagai berikut:

  • Kop surat Sebuah surat resmi umumnya menggunakan kop resmi pula.
  • Nomor surat, perihal, dan lampiran Setelah mencantumkan kop surat, kemudian diikuti dengan nomor surat, perihal surat yaitu permohonan rekomendasi, kemudian lampiran yang dicantumkan (biasanya berupa proposal kegiatan).
  • Pihak tujuan Pihak yang dituju harus disebutkan secara jelas beserta alamatnya. Dalam kasus ini yaitu aparat pemerintahan yang bersangkutan.
  • Pembuka surat Pembuka surat umumnya terdiri dari salam pembuka dan kalimat pembuka.
  • Isi surat Sampaikanlah isi (maksud dan tujuan) surat yaitu berupa permohonan rekomendasi secara singkat dan jelas.
  • Penutup surat Penutup surat umumnya terdiri atas ucapan terima kasih dan salam penutup.
  • Tanda tangan dan nama terang Tanda tangan dan nama terang pengirim juga jangan lupa dicantumkan.
  • Stempel lembaga Sebuah surat resmi selalu disertai dengan stempel resmi lembaga yang bersangkutan.
Seperti biasa, setelah membahas mengenai sistematikanya, tidak lupa kami akan memberikan Contoh Surat Pengantar Permohonan Rekomendasi Aparat Pemerintahan sebagai bahan referensi. Simak yang berikut ini:

Contoh Surat Pengantar Permohonan Rekomendasi Aparat Pemerintahan



KOP SURAT
*******************************************************************
Yogyakarta, 2 April 2018
Nomor : ….. / ….. / ….. / …..
Perihal : Permohonan Rekomendasi Pembangunan Masjid Al Amin
Lampiran : 1 Set Proposal

Yang terhormat,
Kepala Desa Sendangadi
Jalan Kebon Agung 12, Sleman
Yogyakarta

Assalammualaikum Wr. Wb.
Salam silaturrahim kami sampaikan bersama dengan doa semoga kita senantiasa dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Aamiin. Dalam rangka turut serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Kabupaten Sleman dan sekitarnya, Yayasan Bina Insani melaksanakan berbagai program pendidikan dan pembinaan kepada masyarakat. Dalam proses pembinaan tersebut kami terkendala oleh terbatasnya sarana dan prasarana di wilayah Desa Sendangadi, Mlati, Sleman.

Berhubungan dengan hal tersebut, melalui surat ini kami ajukan permohonan Rekomendasi Pembangunan Masjid Al Amin di Desa Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Sebagai bahan pertimbangan, kami sertakan pula sebuah proposal terlampir.
Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Ads


Yayasan Bina Insani
Ketua


Ahmad Ridlo 

Contoh Surat Pemberhentian Sekretaris Desa


Contoh Surat Pemberhentian Sekretaris Desa


Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Camat

 Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Camat

Demikianlah yang dapat kami tulis dan cantumkan mengenai Contoh Surat Undangan Peresmian Masjid semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa share ya …
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar