--> Skip to main content

9 Cara Bisnis Usaha Jual Ikan Laut Konsumsi Yang Menguntungkan

Cara Bisnis Usaha Jual Ikan Laut Konsumsi Yang Menguntungkan. Anda harus tahu bahwa ikan segar yang akan dijadikan salah satu konsumsi umum dari komunitas ini adalah lauk dalam kelezatan setelah ayam dan daging. Banyak pembeli akan membutuhkan kebutuhan ikan harian baik ikan laut maupun ikan air tawar. Kebutuhan kedua jenis habitat ikan cukup seimbang. Inilah mengapa tidak jarang begitu banyak kita temui pedagang ikan laut dan pengusaha ikan serta konsumsi ikan segar di pasaran. Bisnis Usaha Jual Ikan Laut Konsumsi Yang Menguntungkan. Meskipun di tengah serbuan pesaing, tetapi selalu ada pedagang ikan laut baru yang selalu bermunculan.

Namun, jika Anda adalah salah satu pengusaha ikan laut yang cukup baru dan pemula, tentu saja Anda benar-benar membutuhkan beberapa cara dan tips untuk memberitahu bisnis Anda akhirnya akan dijual dan dapat bersaing dengan pesaing lainnya. Karena tana anduan jelas dan pasti akan sulit bersaing dengan nomor-nomor yang jumlahnya tak terhitung jumlahnya. Nah, jangan khawatir, di sini kami akan menyajikan cara konsumsi bisnis ikan laut yang bisa Anda jadikan panduan dalam memulai bisnis:
Cara Bisnis Usaha Jual Ikan Laut Konsumsi Yang Menguntungkan


1.  Mencari Ikan Di Grosir Pantai

Anda dapat menemukan pemasok bisnis ikan laut Anda dengan mencari langsung untuk para pedagang di pantai atau di pinggir laut yang akan memberikan kisaran harga yang lebih ekonomis dan lebih murah. Biasanya pedagang ikan yang merupakan ikan di ikan tepi laut akan menawarkan harga yang dapat membuat Anda ebih untung nantinya jika dijual kembali sebagai lahan usaha Anda. Biasakan membeli dalam jumlah yang relatif lebih banyak penjual tepercaya untuk membuat harganya lebih terjangkau.

2. Memilih Jenis Ikan Laut

Ketika ada yang mencoba mencari tahu bagaimana bisnis konsumsi ikan laut maka hal-hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah tentang mengetahui dan memilih jenis ikan laut yang sering dibeli atau banyak di pasaran. Karena dengan mengetahui jenis ikan laut yang sering dijual maka Anda telah menerapkan cara memulai bisnis ikan laut yang baik. Serta beberapa ikan laut yang sering kita jumpai dan memiliki tingkat permintaan yang tinggi di pasar, yaitu: tuna, sarden dan ikan tuna.

3. Persiapan Tempat Penyimpanan Ikan

Setelah beberapa hal mendasar tentang cara konsumsi bisnis ikan laut telah dilakukan dengan baik maka kita juga harus melangkah ke langkah selanjutnya yaitu menyiapkan wadah atau tempat untuk menyimpan ikan. Anda tentu membutuhkan wadah khusus berupa kulkas agar nantinya bisa membantu dalam proses penyimpanan ikan laut agar tetap terlihat segar. Tetapi Anda juga dapat menggunakan wadah penyimpanan lain yang digunakan bersama dengan beberapa balok es yang biasanya merupakan tempat penyimpanan ikan segar. Kotak penyimpanan ini sebenarnya juga lebih ekonomis dan mudah dibawa kemana saja selama Anda melakukan transaksi bisnis Anda.

4. Menentukan Lokasi, Stand atau Tempat

Cobalah untuk mendirikan kios atau perdagangan bisnis ikan laut Anda di tempat yang strategis, tidak jauh dari pasar dan lebih mudah dijangkau oleh kebanyakan orang. Jangkauan pembeli untuk bisnis ikan laut Anda tentu akan lebih luas dengan menggunakan strategi ini. Karena sekarangg tidak jarang Anda akan menemukan beberapa pengecer dan penjual ikan laut yang menggunakan mobil atau yang membuka warung di pinggir jalan. Jangan terlalu memaksakan dalam penentuan tempat, yang penting lokasi itu akan dapat mendukung bisnis Anda.

5. Tahu Semua Hal Tentang Ikan Laut

Sebelum bisnis ikan laut tentu Anda juga harus memiliki pengetahuan umum tentang hal penting dalam perdagangan ikan laut. Tentunya Anda juga harus melakukan sedikit riset dan tahu apa yang harus Anda pertahankan selama bisnis ikan laut. Seperti tingkat kesegaran, jenis ikan laut dan harga pasar. Karena ikan laut sejati dan ikan air tawar akan memiliki harga jual yang berbeda maka Anda harus tahu terlebih dahulu harga pasar setiap ikan sehingga nantinya tidak akan mengalami kerugian.

6. Promosi

Seperti halnya beberapa bisnis yang menguntungkan di desa, Anda juga harus melakukan berbagai upaya promosi untuk bisnis ikan laut Anda dapat diketahui dan untuk kepentingan umum. Anda dapat menggunakan beberapa promosi menarik seperti trik untuk menarik pembeli dengan mengandalkan penambahan item jika mereka membeli jenis ikan tertentu dalam jumlah tertentu. Karena melakukan trik seperti ini akan lebih mudah menarik calon pembeli nantinya.

7.  Melakukan Penjualan Keliling

Konsumsi bisnis ikan laut akan terasa lebih efisien dan sederhana dengan membuat proses penjualan kembali dengan berjualan di sekitar kompleks warga yang padat dengan menggunakan beberapa transportasi andalan seperti mobil dan sepeda motor. Agar untung lebih banyak maka Anda bisa menggunakan trik di atas yanitu membeli langsung dari para nelayan dan kembali menjajakannya di lingkungan yang ramai. Namun, Anda juga memiliki tuntutan pada proses ini karena Anda yang harus menjual kepada konsumen dengan waktu yang seharusnya tidak terlalu lama karena akan mempengaruhi kesegaran dan ikan akan lebih mudah membusuk jika memakan waktu terlalu lama. Anda bahkan dapat bekerja dengan beberapa pedagang dan pengusaha terkait seperti restoran dan pengusaha katering serta beberapa usaha kuliner modal kecil.

8.Merambah Bisnis Ikan Laut Beku

Tidak ada salahnya Anda juga merambah ke bisnis ikan laut beku yang akan berisiko lebih rendah dari pembusukan ikan segar. Karena ikan yang diolah juga merupakan salah satu usaha yang memiliki nilai jual tinggi yang mampu menembus pasar di berbagai negara maju. Pengelolaan spesies ikan beku adalah salah satu bisnis paling sederhana yang merupakan bagian dari bisnis ikan laut yang populer di beberapa negara. Produk ini disebut makanan froozen atau ikan laut beku yang akan lebih mudah didistribusikan dan lebih tahan lama tentunya. Jika dibandingkan dengan harga jual ikan segar yang hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk bertahan hidup menjaga ikan laut beku segar semakin tinggi harga jualnya.

9. Pelajari Cara Menjaga Kesegaran Ikan

Ada dua cara umum di mana ikan laut bertahan hidup dengan kesegaran yang baik. Cara pertama adalah membiarkan ikan - ikan laut tetap hidup selama proses transportasi. Cara kedua adalah menjaga kesegaran ikan laut meskipun mereka mati. Untuk kelancaran jalan pertama, Anda memerlukan tempat khusus yang dapat mengandung cukup oksigen di dalam air dan Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti pH air, suhu dan makanan di dalam wadah selama transportasi. Jika Anda tidak mengalami proses ini biasanya ikan yang Anda beli akan segera mati.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar