6 Cara Membuat Franchise Sendiri Dibidang Kuliner Yang Sedang Hits

6 Cara Membuat Franchise Sendiri Dibidang Kuliner Yang Sedang Hits
6 Cara Membuat Franchise Sendiri Dibidang Kuliner Yang Sedang Hits
Membuat waralaba Anda sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu upaya dalam memperluas peluang pasar. Dan menjadi cara yang efektif untuk dapat memperluas ruang lingkup dalam pengembangan bisnis. Seperti sudah diketahui bahwa, biasanya seorang pengusaha akan mengembangkan usahanya melalui pembukaan cabang baru atau bisa juga melalui program kemitraan atau lebih dikenal sebagai waralaba dan waralaba. Namun, tentu saja, untuk dikatakan sebagai bisnis tipe bisnis waralaba harus memiliki pasar yang sudah dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Dan tentu saja upaya minimum telah berjalan selama 5 tahun atau lebih. Dengan cara itu sebagai franchisor kami tidak memiliki pondasi yang kuat untuk dapat menjadikan bisnis franchise kami menjadi dilirik oleh para mitra. 

Sebagai bisnis waralaba, kami harus menyediakan tidak hanya pengetahuan dasar, tetapi sebagai pemilik waralaba, kami juga harus memberikan arahan dan arahan kepada mitra bisnis waralaba kami. Jangan sampai bisnis waralaba yang Anda waralabakan hanya mampu bertahan dalam hitungan bulan. Padahal bisnis waralaba adalah jenis kerjasama bisnis yang dapat berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama. Jadi perlu komunikasi dan hubungan harmonis antara pemilik waralaba dan mitra bisnis.
6 Cara Membuat Franchise Sendiri Dibidang Kuliner Yang Sedang Hits


Dari berbagai jenis waralaba yang ada, buat bisnis waralaba Anda sendiri di bidang makanan dan minuman menjadi salah satu jenis bisnis yang paling diinginkan seperti manfaat menjadi mitra kfc. Bagaimana tidak, seperti sudah diketahui bersama bahwa bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak perlu mati. Makanan sebagai kebutuhan dasar manusia akan selalu dibutuhkan. Tentu ini harus disesuaikan dengan jenis makanan, minat pembeli dan kreativitas serta inovasi di bidang kuliner itu sendiri. Ada begitu banyak contoh kuliner yang saat ini, seperti bandung, jenggot sponge, gehu pedas, sosis gulung, risol coklat, master ayam goreng dan banyak lagi jajanan jajanan lainnya. Semakin banyak hits dan tren pasti akan membuat franchise yang lebih sukses menjadi lebih populer. Menciptakan bisnis waralaba Anda sendiri membutuhkan persiapan yang baik. Karenanya max Anda perlu mendengarkan 5 cara untuk membuat waralaba sendiri di bidang kuliner yaitu hits.


1. Tentukan Konsep dan Model Bisnis Kuliner yang akan di Franchise kan

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah konsep dan model bisnis waralaba yang akan Anda buat seperti cara bergabung dengan indomaret. Menciptakan konsep bisnis yang seragam tentu harus menjadi konsep kami sedemikian rupa. Sehingga masing-masing mitra kami akan memiliki kesamaan baik dalam bentuk bilik, desain booth, bahan dasar, peralatan dan standar presentasi yang sama. Menyamakan konsep dan model tentu bukan hal yang mudah. Ada berbagai pertimbangan yang harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai keseragaman ini akan menyulitkan mitra untuk bisa menyesuaikan dengan standar yang digunakan. Anda hanya perlu membuat semua bahan, alat, selera dan presentasi yang sama. Keseragaman ini tentu akan membuat bisnis Anda semakin dilirik mitra.

2. Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Sebuah bisnis dikatakan layak sebagai bisnis waralaba harus melalui tahapan yang mampu memenuhi standar dan kualitas sebagai bisnis waralaba. Bisnis waralaba bukan hanya upaya untuk mendapatkan hanya keuntungan bisnis waralaba. Namun, ada pertimbangan lain bahwa perhitungan panjang modal dapat kembali dari saat bisnis mulai beroperasi. Semakin pendek waktu pengembalian modal, tentu saja semakin layak bisnis yang disebut sebagai bisnis waralaba. Selain itu, dalam bisnis franchise khususnya bidang kuliner tidak hanya dapat menghangatkan tahi ayam hangat dan kemudian menghilang. Tentu saja ini akan merugikan mitra dan pada akhirnya akan berdampak pada bisnis waralaba kita sendiri. Waralaba harus mampu bertahan untuk waktu yang lama, oleh karena itu perlu inovasi dan ide-ide kreatif yang tidak akan dikonsumsi oleh usia dan usia. Poin penting dalam bisnis waralaba kuliner adalah rasa yang lezat dan harus dipertahankan selamanya. Tentu saja dalam hal ini diperlukan kerjasama yang solid yang harus dibangun oleh franchisor dan para mitra. Sehingga keduanya dapat berjalan beriringan untuk mencapai kesuksesan bersama.

3. Kembangkan Standard Operating Procedures (SOP)

Salah satu hal utama dalam bisnis waralaba adalah adanya SOP yang jelas. Sehingga mitra akan lebih difasilitasi. Inilah sebabnya mengapa bisnis waralaba kuliner banyak diminati dan dilirik sebagai bisnis potensial. SOP yang jelas dengan standar kualitas bahan, dan kebigenisan membuat banyak konsumen akan lebih memilih camilan di outlet Anda daripada camilan di sisi jalan yang tidak jelas kebersihannya. Tentu saja, standar itu digunakan sebagai patokan dan dasar dan penggunaan yang benar dalam operasi bisnis. Standar yang digunakan juga akan memenuhi standar BPOM dan MUI. Tentu saja inilah yang akan semakin meyakinkan konsumen untuk melirik kuliner di gerai kami. Selain itu, persiapan perjanjian kerjasama harus disiapkan dengan pertimbangan yang menguntungkan kedua belah pihak. Baik Anda sebagai pemilik waralaba dan sebagai mitra harus memiliki hak dan tanggung jawab yang seimbang untuk kelancaran bisnis.

4. Persiapan Pemasaran dan Louching

Setelah 1-3 point selesai kemudian datang ke tahap pemasaran dan lounching produk. Sama seperti pemasaran produk pada umumnya. Tentu saja Anda membutuhkan sarana promosi serta alfamart frenchise. Anda dapat melakukannya secara gratis melalui media sosial atau dengan sedikit belanja untuk mencetak brosur dan memasang iklan di media elektronik dan cetak. Tentu saja Anda juga harus mempertimbangkan dan memberikan promo semenarik mungkin bagi mitra. Dan yang paling penting adalah dalam bisnis kuliner yang rasanya lezat dan telah teruji harus menjadi nilai utama dalam kampanye Anda.

5. Pemantauan dalam Kerangka Peningkatan Bisnis

Pada tahap ini tentu saja meeupakan bagian dari evaluasi bisnis waralaba. Karena terkadang bisnis tidak bisa berjalan sesuai dengan SOP Anda maka harus ada alternatif yang bisa dicari. Selain itu, munculnya kendala menuntut kita untuk dapat menemukan solusi yang dapat menyempurnakan bisnis yang kita tekuni. Sebagai franchisee yang baik tentu saja tugas kita adalah memantau para mitra. Sehingga hasil yang mereka dapat dapat melebihi harapan yang diinginkan. Lakukan komunikasi aktif dan selalu membimbing para mitra untuk dapat memecahkan kendala bisnis yang mungkin mereka hadapi. Dengan melakukan ini tentu saja sebagai pemilik waralaba Anda akan memiliki nilai plus di mata para mitra.

Itulah 5 cara untuk menciptakan franchise Anda sendiri di bidang kuliner yang hits. Tentu saja hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahwa bisnis waralaba Anda benar-benar akan dapat menguntungkan mitra. Jangan sampai Anda hanya memanfaatkan momentum yang menguntungkan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang akan didapatkan oleh mitra. Sebagai model bisnis tentu saja keuntungan dan kerugian bisnis waralaba harus dipahami dengan benar. Sebagai pemilik waralaba Anda harus jujur, dapat dipercaya, dan bijak. Selamat mencoba, semoga artikel ini bisa membantu.