14 Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba (Franchise)

14 Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba (Franchise)
14 Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba (Franchise)
Bisnis waralaba atau yang kita kenal dengan bisnis Franchise. Siapa yang tidak kenal bisnis ini. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis instan tanpa harus memulai dari awal, maka bisnis waralaba ini bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, banyak yang mnegakui bahwa dengan menjalankan bisnis waralaba ini Anda akan mendapatkan kesuksesan dengan cepat. Maka tak heran di Indonesia banyak dan terbukti sukses dan banyak tuntutan, antara lain KFC, Pizza Hut, McDonald, AW, Hoka Hokabento, dan banyak lainnya.

Dalam bisnis ini ada dua pihak yang bekerja sama untuk meraih keuntungan dengan kesepakatan tertentu, yaitu pemilik bisnis dan pelaku usaha. Prinsip kerja dari bisnis ini adalah pembagian keuntungan, di mana pemilik bisnis menyediakan bisnis yang dimiliki oleh pelaku bisnis dan melakukan pengawasan terhadap bisnis yang dilakukan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman antara dua pihak.
14 Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba (Franchise)

Dalam ulasan ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan kita menjalankan bisnis waralaba. Ini dimaksudkan untuk menjadi stabilisasi atau pembelajaran bagi Anda yang berniat atau ingin menjalankan bisnis waralaba, ada beberapa keuntungan dan kerugian dari bisnis waralaba ini, antara lain:

Keuntungan

1. Manajemen bisnis yang baik

Untuk menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu bingung memikirkan manajemen dalam bisnis Anda, karena di sini Anda tinggal menjalankan bisnis yang Anda jalankan sudah teruji dan terlatih. jadi dengan menjalankan bisnis ini Anda akan lebih sederhana dan praktis tidak harus memulai dari awal tetapi hanya tetap menjalankannya.

2. Tidak perlu membangun dari awal
Tidak ada keraguan bahwa bisnis waralaba atau bisnis yang Anda dapatkan dari pemilik bisnis terstruktur dengan baik dan sistematis, mulai dari manajemen perusahaan, strategi dalam menemukan konsumen dan menghadapi tantangan. Semuanya sudah diatur sehingga Anda tidak harus memulainya sendiri, di sini Anda tinggal menerapkan dan menjalankan bisnis.

3. Tidak perlu bingung mencari pelanggan

Dalam bisnis ini Anda tidak perlu capek-capek mengenalkan produk dan mencari konsumen, karena merek dan produk dalam bisnis ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Tidak diragukan lagi, konsumen akan datang sendiri tanpa Anda harus mengundang mereka.

4. Biaya pemasaran rendah

Mengapa dalam biaya pemasaran bisnis waralaba ini rendah. Karena Anda tidak perlu membuat iklan atau brosur untuk pengenalan produk, Anda tidak perlu memikirkan peralatan atau segala sesuatu yang diperlukan dalam bisnis ini, karena itu tersedia sepenuhnya. Anda memberi modal maka Anda akan mendapatkan semuanya, lebih efisien sebagai gantinya.

5. Dukungan dan keamanan dijamin

Pemilik bisnis akan selalu memberikan bantuan dan arahan untuk Anda. Mereka akan menyediakan peralatan yang dibutuhkan selain itu mereka juga membantu dalam menciptakan kondisi yang baik dan efektif. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa menjadi jembatan bagi Anda dengan pihak lain yang Anda butuhkan. Selain itu, keamanan juga lebih terjaga, karena dipandu oleh para ahli yang sudah profesional di bidangnya.

6. Keuntungan lebih besar

Berbicara tentang manfaat yang Anda raih, jangan ditanyai dengan menjalankan bisnis waralaba ini Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Karena selain produk dan merek sudah dikenal di masyarakat luas, dan peminatnyapun banyak. Anda juga akan mendapatkan pajak dari pembeli atau konsumen.

7. Kemungkinan merugi sedikit

Dengan menerapkan bisnis waralaba ini kemungkinan sedikit kegagalan atau kerugian, karena sudah ada sistem dan manajemen yang baik dan teruji. Berbeda dengan memulai bisnis Anda sendiri Anda masih sering gagal karena tidak ada pemandu yang ahli dan tidak ada bantuan dan pengawasan dari pihak lain.

8. Menggunakan prinsip keterbukaan

Keterbukaan menjadi salah satu hal mendasar yang harus ada dalam bisnis waralaba ini. Karena pada dasarnya sistem kerja dari bisnis ini adalah kerja sama antara kedua belah pihak yang mengikat satu sama lain untuk sebuah kesepakatan. Jadi bisnis palaku selalu membuat laporan keuangan yang digunakan sebagai laporan material kepada pemilik bisnis.

Kerugian

1. Modal awal yang besar (investasi)

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis waralaba maka bersiaplah dengan dana besar, karena perusahaan yang Anda beli sudah akan memiliki label yang baik, reputasi tinggi dan sudah terjamin kehebatannya. Jadi tidak mudah untuk mendapatkan waralaba ini, Anda harus menyediakan dana besar untuk mendapatkannya. Jadi bagi Anda yang belum siap disarankan untuk mengecilkan niat Anda.

2. Adanya durasi kontrak

Bagi Anda yang ingin maju atau berkembang, akan menemukan kesulitan dan hambatan ketika berpartisipasi dalam bisnis waralaba. Karena di sini ada durasi kontrak minimal 10 tahun. jadi selama Anda harus fokus pada bisnis, tidak diperbolehkan membuka bisnis baru atau membuat perbedaan dalam bisnis itu. Bisa dibilang Anda akan dibatasi dengan durasi kontrak.

3. Kurang fleksibel

Kurangnya fleksibilitas di sini berarti bahwa apa pun yang ada dalam bisnis ini telah dipatenkan, mulai dari manajemen, pemasaran, lingkungan kerja semuanya adalah paten dan tidak dapat diubah. Dalam hal ini Anda sebagai pelaku bisnis tidak diperbolehkan memberikan inovasi atau kreativitas dalam bisnis ini, Anda diperbolehkan untuk menjalankan dan mengikuti apa yang sudah ada.

4. Tanggungan royalti

Merek dan produk terkenal dari bisnis waralaba Anda mengharuskan Anda untuk menghargainya dengan membayar royalti. Royalti ini dibayarkan setiap tahun. Bisa dibilang Anda harus selalu menyetor apa yang Anda bisa, sama seperti Anda yang berkerjakeras orang lain yang menikmati hasilnya.

5. Kemungkinan konflik besar

Bisnis waralaba adalah kolaborasi antara dua pihak dengan kesepakatan tertentu, ini cenderung mudah mengarah pada perdebatan atau konflik ketika ada sesuatu yang kurang menyenangkan bagi satu pihak.

6. Menjaga reputasi

Tidak diragukan lagi bisnis waralaba ini memiliki reputasi tinggi, yang mengharuskan Anda untuk mempertahankannya. Sedikit kesalahan akan membawa Anda ke masalah besar, Anda harus memperhitungkan reputasi bisnis ini. Anda akan dihadapkan dengan banyak orang yang akan menyalahgunakan dan menusuk Anda. Jadi, Anda harus benar-benar berhati-hati.

Berikut sedikit ulasan tentang bisnis waralaba. Bagi Anda yang menyukai sesuatu yang praktis, mudah dan dapat menghasilkan dengan cepat maka bisnis waralaba ini cocok untuk Anda. Namun bagi Anda yang ingin berinovasi bebas tidak suka di bridle mending mendirikan usaha sendiri.