--> Skip to main content

13 Langkah Cara Memulai Usaha Kue Basah Mudah dan Menguntungkan

Langkah Cara Memulai Usaha Kue Basah Mudah dan Menguntungkan. Tidak salah jika Anda mendengar anggapan bahwa bisnis kuliner adalah bisnis seumur hidup yang tak ada habisnya. Karena itu bangayk banget banget ide dan peluang bisnis kuliner yang bisa dikembangkan dan menjadi salah satu ide bisnis bagi para pensiunan misalnya. Bisnis kuliner bisa di lapangan dan di minati oleh berbagai kalangan, baik wirausahawan yang masih gampang bahkan pengusaha senior yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Karena kuliner selalu berkembang dan mengikuti kecanggihan teknologi dan zamannya. Di mana satu contoh ide bisnis kuliner adalah kue basah. Agar Anda berhasil memulai ide bisnis kuliner yang satu ini maka kami akan memberikan beberapa informasi penting tentang bagaimana memulai bisnis kue basah ini.

Bisnis ini adalah bisnis yang sangat bagus, menjanjikan dan memiliki prospek masa depan yang cerah. Dimana kue basah adalah salah satu camilan yang sangat disukai dan lezat. Inilah mengapa kue basah juga menjadi salah satu camilan wajib yang disediakan di pasar maupun di tempat umum lainnya. Bahkan kue basah juga merupakan salah satu makanan penutup dan menu pembuka di acara-acara penting. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mencoba masuk ke bisnis kuliner kue basah untuk mencari tahu bagaimana memulai bisnis kue di tengah kompetisi. Karena sangat disarankan untuk mengetahui cara memulai bisnis kue basah sebelum Anda langsung membuka usaha.
13 Langkah Cara Memulai Usaha Kue Basah Mudah dan Menguntungkan


1. Menyukai dan Menguasai Tahapan Pembuatan

Tidak jauh berbeda dengan cara memulai bisnis kue rumah, Anda harus terlebih dahulu menguasai dan benar-benar mengerti tentang dunia kue basah. Tidak peduli apa pendidikan backgroun Anda dan apa lingkungan Anda. Namun, Anda harus terlebih dahulu memiliki minat dan mengetahui beberapa tahap penting dalam pembuatan dan bagaimana melakukan bisnis kue basah. Karena kue basah akan sangat berbeda dari kue kering yang lebih lama dibandingkan dengan jenis kue basah. Kehadiran rasa memiliki dan kesenangan dan kecintaan Anda pada bisnis kue basah ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

2. Belajar dan Survei

Diperlukan beberapa tahap pembelajaran yang didukung oleh survei sehingga Anda benar-benar dapat memahami bisnis dan bisnis kue basah ini. Karena kue basah ini adalah bisnis yang cocok untuk dilakukan di mana saja, bahkan salah satu bisnis yang cocok di pasar malam, dapat dengan mudah tumbuh jika Anda memahami konsep dasar menjual kue basah. Anda dapat melakukan survei lapangan dengan mencari tahu penyebab apa pun yang menyebabkan pengusaha kue menjadi bangkrut dan tidak mengalami pengembangan bisnis. Sebaliknya, Anda dapat mengetahui apa yang menyebabkan bisnis kue basah tumbuh dan sukses di pasar.

3. Penentuan Jenis Kue

Ada begitu banyak jenis kue basah di pasaran. Tugas Anda adalah memilih dan menentukan beberapa jenis kue yang akan Anda buat sebagai kue basah poduksi usaha kuliner Anda. Karena ini adalah salah satu bisnis makanan terbaik untuk mahasiswa, Anda dapat menilai apa yang lebih menarik bagi pembeli dan lebih banyak di pasar.

4. Buat Daftar

Agar usaha bisnis kuliner basah ini berjalan dengan baik, maka setelah Anda melakukan survei lapangan dan tahu jenis kue apa yang layak untuk Anda prodksi. Kemudian buat daftar sederhana yang berisi beberapa daftar kue terlaris di pasar. Anda dapat mengubah pembuatan berbagai produk berdasarkan daftar.

5. Memahami dan Menetapkan Tujuan

Ketika Anda berada dalam tahap menentukan kondisi pasar dan mengetahui tentang usia target yang akan menjadi pelanggan masa depan Anda. Kemudian Anda bisa mengetahui di pasar yang banyak di masukkan oleh pesaing Anda. Ya, pengusaha kue basah lainnya. Di sana Anda dapat mengetahui tentang segala hal, termasuk kualitas harga makanan. jenis kue dan faktor penting lainnya.

6. Ciptakan Keunggulan

Ya, tujuan dari semua hal yang Anda lakukan seperti melakukan survei dan yang lainnya adalah agar Anda menjadi lebih kreatif. Membuat outlet baru yang lebih unggul akan membuat Anda memiliki produk berbeda yang dapat terjual dengan baik.

7. Buat Sistem Terstruktur

Ketika Anda membuat terobosan dalam bisnis kue basah ini menggunakan sistem yang akan mengelola semuanya termasuk cara menjalankan produksi dengan baik, maka ini akan menjadi salah satu pendukung kuat dalam bisnis Anda.

8. Pengaturan Komposisi Bahan, Harga Jual dan Modal

Ada perumpamaan di mana itu adalah pasak yang besar daripada sebuah tiang. Ya, ini adalah perumpamaan yang seharusnya menjadi salah satu peringatan Anda dalam memulai bisnis. Di mana Anda harus percaya diri untuk dapat mengelola semua bentuk keuangan dengan tepat dari awal pembelanjaan modal dan bagaimana nanti harga jual dapat menjadi cukup ringan bagi pembeli tetapi tetap menguntungkan bagi Anda.

9. Meningkatkan Flavour and Form Variation

Pernahkah Anda melihat bisnis kuliner yang sukses hanya dengan mengandalkan varian bentuk dan rasa? Tidak tidak. Semakin banyak variasi yang Anda buat dan pilihan rasa yang berbeda, pelanggan akan lebih mudah dalam memilih dan mereka juga akan lebih tertarik untuk mencoba kue basah Anda.

10. Kemasan

Jika Anda menggunakan kemasan yang rapi, menarik, dan bersih, akan memudahkan pelanggan untuk mempromosikannya lagi kepada rekan kerja mereka. Khusus untuk anak-anak, mereka pasti akan lebih tertarik pada kemasan unik dan menarik yang akan menghibur mata mereka /

11. Cara Memasarkan

Anda harus lebih pintar dalam memasarkan produk dari kue basah Anda. Karena nantinya Anda akan menemukan banyak pesaing di pasar kuliner ini. Karena itu Anda harus lebih pintar dan pintar dalam mengelola strategi terbaik dalam memasarkan produk Anda nanti.

12. Promosi

Agar nantinya Anda bisa melakukan pengembangan bisnis yang baik, maka Anda harus lebih giat dalam melakukan promosi dan memberikan beberapa penawaran dan harga agar orang-orang tertarik dengan promosi yang Anda lakukan. Tidak hanya dengan promosi offline, sekarang lebih mudah untuk melakukan kampanye online.

13. Terobosan Baru

Jangan terlalu malas untuk melakukan inovasi dan terobosan di mana ini akan memudahkan Anda dalam melipatgandakan pelanggan Anda. Terobosan ini bisa berupa:


  • Pemberian diskon secara berkala
  • Produk tester yang bisa menunjang pemasaran kue basah anda
  • Perbaiki citra rasa dan jenis varian kue kue basah anda
  • Perbaiki kemasan produk kue basah anda
  • Jangan ragu untuk memasuki beberapa even tertentu yang nantinya bisa menjadi ladang dan tempat promosi anda
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar