Cara Cek dan Mencari NISN ( Nomer Induk Siswa Nasional ) Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online

Cara Cek dan Mencari NISN ( Nomer Induk Siswa Nasional ) Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online
Cara Cek dan Mencari NISN ( Nomer Induk Siswa Nasional ) Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online
Cara Cek dan Mencari NISN ( Nomer Induk Siswa Nasional ) Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online. Anda, apa kabar? Saya harap Anda dalam keadaan sehat dan dalam perlindungan Tuhan. Okey dalam artikel ini saya akan berbagi tips tentang cara memeriksa dan mencari NISN dengan mencari berdasarkan sekolah dan mencari berdasarkan NISN-siswa yang bersangkutan. Namun sebelum kita melanjutkan prosedur prosedur pencarian NISN, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu NISN, beserta tujuan dan manfaatnya. mengikuti ulasannya

Cara Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

1. Pengertian
Nomor Identifikasi Siswa Nasional adalah kode identifikasi identitas siswa yang unik, standar dan valid yang dapat membedakan satu siswa dari siswa lain di semua sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di luar negeri; Nomor Identitas Mahasiswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap pelajar yang dididik di unit pendidikan dengan NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem manajemen nasional NISN oleh Pusat Data dan Pendidikan dan Pendidikan Kemendikbud (PDSPK) yang merupakan bagian dari program Dapodik (Pendidikan Data Primer) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses identifikasi identifikasi PDSPK secara publik ditampilkan dalam batas-batas tertentu melalui situs web NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

2. Tujuan dan Manfaat
Sebuah. Identifikasi setiap siswa (pelajar) di seluruh sekolah di Indonesia dengan standar, konsisten dan berkelanjutan.
b. Sebagai pusat sistem manajemen mahasiswa untuk nomor urut mahasiswa online untuk Unit Kerja di Kemendikbud, Kantor Pendidikan Daerah ke Sekolah yang standar, terintegrasi dan bertanggung jawab berdasarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi terbaru.
c. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan pelaksanaan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya di tingkat pusat, provinsi, kotamadya, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP , SNMPTN.

Cara Cek dan Mencari NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online

Baiklah setelah mengetahu apa sih NISN dan apa saja tujuan serta manfaatnya, yuk kita mulai belajar tutorial tentang cara cek dan mencar NISN siswa SD, SMP dan SMA.

Bagaimana caranya mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)?
Untuk mengetahui NISN, silakan cek di menu DATA SISWA atau klik pada link ini (http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data) pada situs NISN, setalah anda mengklik link tersebut maka akan muncul tampilan/gambar seperti dibawah ini:

Cara Cek dan Mencari NISN ( Nomer Induk Siswa Nasional
Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mencari data siswa, yang dapat menggunakan metode pencarian data dengan memasukkan siswa NISN kemudian klik menu "Cari" dan juga dapat mencari siswa NISN dengan nama siswa yang bersangkutan, seperti ilustrasi gambar di bawah ini;

Cara Cek dan Mencari NISN ( Nomer Induk Siswa Nasional
Berdasarkan kedua kriteria diatas, maka akan muncul siswa aktif dengan NISN-nya. Jika tidak ada sama sekali berarti sekolah belum mendaftarkan siswanya.

Pertanyaan seputar NISN;
Saya belum memiliki NISN, bagaimana cara memperolehnya?

Disarankan terlebih dahulu untuk mengimplementasikan solusi seperti pada masalah sebelumnya (di atas)
Jika siswa tidak ditemukan, silakan unduh (unduh) Formulir Siswa (F-PD) dan A.1 formulir Nomor Identifikasi Siswa Nasional (NISN) yang baru di situs web NISN a.http: //nisn.data.kemdiknas. go.id melalui menu FORMULASI FORMULASI;
b. Cetak formulirnya;
c. Isi formulir secara manual;
d. Kirim ke operator NISN / NPSN dari sekolah tempat siswa berasal;
Untuk pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. ke PDSP melalui email: pdsp@kemdiknas.go.id untuk NISN.

Bagaimana cara memperbaiki biodata NISN? Karena terdaftar tidak cocok dengan akta kelahiran?
a. Silakan unduh (unduh) formulir A.3. Penyerahan Peningkatan Kemahasiswaan di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id pada menu FORMULASI FORMULASI;
b. Cetak formulirnya;
c. Isi formulir secara manual;
d. Kirim ke operator tingkat sekolah tempat NISN diterbitkan;
Untuk sekolah, silakan kirim formulir lengkap ke PDSP melalui email: pdsp@kemdiknas.go.id.

Di sekolah saya yang sekarang bertanya NISN. Padahal pada saat kelulusan dari sekolah sebelumnya tidak dilengkapi dengan NISN?
Pertama-tama disarankan untuk mengimplementasikan solusi semacam itu dalam edisi No.1 di atas;
Sebuah. Jika tidak ditemukan, silakan unduh (unduh) formulir siswa (F-PD) dan bentuk A.1. penerapan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru di situs web NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id melalui menu FORMULASI FORMULASI;
b. Cetak formulirnya;
c. Isi formulir secara manual;
d. Kirim ke operator NISN / NPSN dari sekolah asli.
Untuk pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. ke PDSP melalui email: pdsp@kemdiknas.go.id untuk NISN.

Kartu NISN saya hilang, datanya juga salah, bagaimana ini?
Jika terjadi kesalahan, kerusakan atau kehilangan kartu NISN, laporkan ke NISN / NPSN operator sekolah tempat NISN dikeluarkan.

Bagaimana jika ada 1 siswa memiliki 2 (dua) NISN? NISN yang digunakan.
NISN yang digunakan adalah NISN yang telah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolah. Jika tidak, NISN yang digunakan adalah kode NISN terkecil. Untuk NISN yang tidak terpakai, segera laporkan ke operator NISN / NPSN dari sekolah asal untuk segera dihapus.