11 Indikator Pembangunan Ekonomi Suatu Negara - Ilmu Ekonomi

11 Indikator Pembangunan Ekonomi Suatu Negara - Ilmu Ekonomi
11 Indikator Pembangunan Ekonomi Suatu Negara - Ilmu Ekonomi
Negara-negara maju adalah negara-negara yang memperhatikan perkembangan ekonomi. Menyinggung pembangunan ekonomi, negara yang dalam kondisi baik harus memiliki perkembangan pembangunan ekonomi yang baik pula. Pembangunan ekonomi tidak hanya terkait dengan kemajuan atau perkembangan suatu negara, tetapi dengan perkembangan ekonomi kita akan tahu bagaimana keadaan negara dengan sistem yang digunakan oleh pemerintah.

Pembangunan ekonomi itu sendiri terkait dengan rata-rata kesejahteraan orang-orang yang tinggal di negara tersebut. Tidak hanya itu dengan pembangunan ekonomi diharapkan dapat menaikkan standar hidup di suatu negara, mulai dari penghasilan, pendidikan, teknologi, kesempatan kerja, dan lain sebagainya. Dalam hal ini kita dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara dengan pengembangan standar hidup masyarakatnya dan hal-hal yang disebutkan sebelumnya.

Dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu negara dalam pembangunan ekonomi maka kita membutuhkan indikator. Indikator diperlukan sebagai referensi kami dalam menilai. Nilai dalam hal ini adalah untuk menilai seberapa jauh suatu negara mencapai indikator yang telah ditentukan. Indikator berfungsi sebagai penjelasan tentang pola, gejala dan efek yang sedang berlangsung, untuk menentukan sejauh mana negara dianggap berhasil, mulai dari mengukur, menganalisis hingga mengevaluasi rencana untuk implementasi untuk membentuk kebijakan. Karena keberhasilan suatu negara dapat dilihat jika suatu negara mencapai indikator atau tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya.
11 Indikator Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Untuk menentukan indikator keberhasilan suatu pengembangan, diperlukan ruang lingkup yang jelas. Indikator pembangunan ekonomi dapat dijabarkan dalam 11 poin sebagai berikut:

1. Urbanisasi

Urbanisasi adalah migrasi dari pedesaan ke perkotaan. Alasan urbanisasi sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah sesuatu yang sederhana dapat disimpulkan. Di daerah perkotaan, banyak penduduk desa yang urban menunjukkan bahwa di daerah perkotaan, semuanya menjamin kemakmuran dan kemakmuran, biasanya konsep ekonomi adalah makroekonomi. Seperti banyak peluang kerja yang didukung oleh peralatan mesin canggih, dan kebutuhan untuk sejumlah besar pesanan, menyebabkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pekerja baru. Dengan jumlah perusahaan yang membutuhkan pekerja, semakin rendah tingkat pengangguran akan menurunkan tingkat kemiskinan.

2. Pendapatan Per kapita

Pendapatan per kapita terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan pertumbuhan ekonomi, itu juga akan mempengaruhi perkembangan ekonomi. Alasan pendapatan per kapita sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah peningkatan pendapatan per kapita yang disebabkan oleh stabilitas ekonomi yang baik pula. Sarana yang menandakan kesejahteraan masyarakat terjamin. Ketika dikaitkan dengan urbanisasi pada poin 1, maka dari sebuah perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga kerja, akan menarik banyak pekerja yang bekerja di perusahaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dengan demikian, pendapatan perusahaan meningkat, dan dapat meningkatkan pendapatan dari perusahaan, yang selanjutnya berdampak pada para pekerja. Jika pekerja meningkatkan kualitas pekerjaan mereka, itu juga akan meningkatkan permintaan sehingga pendapatan per kapita juga naik.

3. Struktur Ekonomi

Pembangunan ekonomi terkait dengan struktur ekonomi. Alasan struktur ekonomi sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah dengan perkembangan pembangunan ekonomi maka akan berkembang juga struktur ekonomi. Struktur di sini didefinisikan sebagai pola perubahan yang mengarah pada perbaikan. Sebagai contoh, kita berada di sektor pertanian, kemudian seiring dengan pertumbuhan sektor pertanian diganti dengan sektor industri. Maka struktur ekonomi akan berubah seiring pertumbuhan ekonomi.

4. Angka Tabungan

Tingkat tabungan ini terkait dengan struktur ekonomi. Alasan tingkat tabungan sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah menikah dari perubahan struktur ekonomi. Perubahan yang dimaksud adalah ketika sektor pertanian beralih ke sektor industri maka tingkat produktivitas akan meningkat dan output yang dihasilkan juga akan naik, tabungan adalah modal dalam ekonomi, semakin banyak tingkat tabungan yang sedang dalam perubahan struktur ekonomi dapat disimpulkan bahwa ekonomi sedang tumbuh.

5. Indeks Kualitas Hidup

Secara umum kita tahu bahwa indeks kualitas hidup dibagi menjadi tiga bagian, yaitu angka rata-rata harapan hidup. Angka kematian bayi dan tingkat melek huruf. Alasan untuk indeks kualitas hidup sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah semakin baik indeks kualitas hidup semakin baik perkembangan ekonomi yang dilkasanakan. Pertama dari harapan hidup rata-rata, jika negara dalam keadaan perkembangan ekonomi baik maka angka harapan hidup rata-rata meningkat dilihat dari terpenuhinya kebutuhan pangan kepada masyarakat secara merata, karena mereka dapat memenuhi kebutuhannya sendiri sehingga tidak ada kata tentang kurangnya makanan, selain itu jika penyakit mereka terjangkau dalam pemenuhan kebutuhan medis atau akses ke kesehatan. Kedua adalah angka kematian bayi, pembnagunna ekonomi yang baik adalah ketika angka kematian bayi menurun. Ini dibuktikan dengan pemenuhan gizi, gizi, dan layanan kesehatan yang memadai dari ibu hamil hingga bayi yang dilahirkan. Dan yang ketiga adalah semakin baik suatu pembangunan ekonomi adalah ketika tingkat literasi semakin meningkat karena ini menandakan fasilitas untuk mempermudah warga yang lebih melek dan memfasilitasi merak untuk melakukan komunikasi yang baik dengan literasi yang terseut, sehingga masyarakat dapat memahami perkembangan suatu negara.

6. Indeks Pembangunan Nasional

Alasan Indeks Pembangunan Nasional sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah indeks inilah yang nantinya akan membandingkan indeks kualiitas hidup dari suatu negara. Dari adanya indeks pembangunan nasional ini kita nanti akan mengetahui perkembangan pembangunan ekonomi kita berada dimana. Nantinya dari indeks pembangunan nasional ini dapat menjadi tolak ukur sudah sampai mana negara kita sekarang. 

7. Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu indicator pembangunan ekonomi karena kita bisa melihat suatu negara memilki pembangunanan ekonomi yang maju apabila tingkat pendidikan tinggi, yang dimaksud adalah dilihat dari angka melek huruf masyarakat disuatu negara, semakin banyak orang yang melek huruf dalam suatu negara menandakan bahwa pembangunan ekonominya bagus. Bukan hanya dilihat dari angka melek hurufnya saja namun juga dari tingkat partisipasi masyarakat akan pentingnya pendidikan.

8. Kesehatan

Kesehatan juga turut berpengaruh, semakin lengkap fasilitas kesehatan yang ada, semakin mudah akses kesahtan yang ada akan mengakibatkan angka harapan hidup yang tinggi termasuk pelayanan KB (keluarga berencana), sehingga kesehatan menjadi alasan dijadikan indicator keberhasilan. 

9. Tempat tinggal

Indikator selanjutnya adalah temapat tinggal, temapat tingal yang dimaksud adalah tempat tinggal yang mendapat fasilitas air , sarana sanitasi dan listrik yang memadai, dan memiliki kualitas tempat tinggal yang layak huni, yang menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

10. Kriminalitas

Apabila suatu negara memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi, maka berkuranglah tingkat kriminalitas, karena masyarakat sudah meampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri. 

11.Akses Media

Yang terakhir adalah akses media yang sampai menuju tempat yang tak terjangkau menandakan bahwa tingkat pembangunan ekonomi yang baik. (Baca juga : alat pemuas kebutuhan , Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)

Itulah beberapa indikator yang menjadi ukuran atau standart suatu pembangunan ekonomi sedang berlangsung. Semua indikator terpadu dalam sebuah siklus dimana semua saling mempengaruhi. Demikianlah penjelasan mengenai indikator-indikator pembangunan ekonomi.