--> Skip to main content

10 Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat Sehari Hari

Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat Sehari Hari. Pasar adalah tempat utama dalam perputaran roda ekonomi suatu negara, pasar menjadi tempat aktivitas atau kegiatan ekonomi seperti produksi, konsumsi dan distribusi. Selain itu, pasar juga dapat menjadi tempat berkumpul bagi orang-orang untuk menemukan kebutuhan mereka, menjalankan ego mereka dan memahami motif ekonomi mereka. Dan yang paling penting dalam ekonomi karena pasar menjadi pusat kegiatan ekonomi dalam suatu negara, dengan tidak adanya pasar ekonomi negara akan terganggu dan bahkan tidak bisa tumbuh. Ini bisa terjadi karena pasar adalah obyek yang mati tetapi hidup, hidup dengan segala aktivitas dan aktivitas di dalamnya yang tentunya dapat membawa dan membawa kebaikan, kemudahan dan manfaat bagi semua pihak.

Pada dasarnya pasar adalah tempat di mana ada interaksi antara dua atau lebih sisi yang sama - tujuan yang sama. Dengan begitu pasar pasti memiliki fungsi, serta tempat-tempat lain seperti taman rekreasi yang berfungsi sebagai sarana hiburan, bandara ini memiliki fungsi melayani penerbangan umum dan lain sebagainya. Ada beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh pasar seperti
 Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat Sehari Hari


1. Sarana distribusi

Fungsi utama pasar adalah tempat di mana proses distribusi baik, baik distribusi untuk produsen dan konsumen. Dengan pasar para produsen dapat memasarkan dan menjual barang-barang dari produk mereka dan konsumen dapat memperoleh kebutuhan mereka melalui baranag-barang di pasar. Intinya pasar menjadi jembatan antara produsen dan konsumen, produsen yang telah menghasilkan barang dapat menjual dan menawarkan kepada konsumen dan konsumen yang memiliki kebutuhan dapat dibantu oleh keberadaan barang-barang tersebut.

Selain itu, dengan pasar produsen dan konsumen ini akan sangat membantu bagi produsen yang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan produknya tidak perlu mencari konsumen yang susah payah, tetapi hanya pergi ke pasar dan konsumen akan datang kepadanya. Begitu juga dengan konsumen yang ingin mendapatkan kebutuhannya maka cukup pergi ke pasar dan membelinya.

2. Pembentuk harga atau penentu nilai

Harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan ekonomi, semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi harus menyepakati harga dan setuju dengan tujuan untuk menguntungkan semua pihak. Ini mengharuskan harga untuk setiap produk atau setiap pihak yang memiliki produk yang sama harus memiliki harga yang sama mungkin berbeda tetapi hanya sedikit, jika penipuan atau melanggar peraturan akan menjadi hambatan bagi pembangunan ekonomi. Dari masalah ketidakpastian ini pasar hadir untuk memberikan pemecahan masalah.

Pasar berfungsi untuk menetapkan dan menetapkan harga dengan tujuan di semua tempat dan harga adalah sama saja dengan kondisi yang berlaku seperti harga disesuaikan dengan kondisi geografis, publik, kondisi ekonomi dalam bentuk permintaan dan penawaran dan banyak lainnya. Ini semua dalam lingkup yang besar, sedangkan dalam lingkup kecil fungsi pasar yang menjadi pembuat harga terlihat ketika ada proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual yang menghasilkan harga minimal tetapi tetap menguntungkan bagi produsen atau penjual.

3. Sarana untuk promosi

Pasar menjadi salah satu tempat paling efektif untuk digunakan sebagai sarana promosi. Karena di pasar ada banyak orang dan keramaian yang mencari kebutuhan mereka. Inilah yang disebut produsen sebagai ajanag untuk pengenalan produknya dengan harapan banyak konsumen tertarik dengan produksi barang-barang ini. Dengan pasar maka produsen akan mendapatkan bantuan dan kemudahan dalam hal promosi, yang biasanya membutuhkan banyak biaya promosi untuk memasukkannya dalam media cetak atau iklan elektronik, tetapi jika di pasar, produesn tidak perlu menghabiskan banyak waktu tetapi hanya pergi ke pasar dan memperkenalkan serta menjual produk yang mereka miliki. Ini adalah esensi dari fungsi pasar sebagai sarana promosi yang dapat dimanfaatkan oleh produsen untuk memperkenalkan produk tanpa kesulitan dan persyaratan yang rumit.

4. Tempat mencari keuntungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang terlibat dalam aktivitas ekonomi dan bekerja di pasar untuk mencari untung. Pasar dapat menjadi pilihan utama bagi produsen untuk mencari untung, tentu saja keuntungannya bukan hasil dari kecurangan karena di pasar selalu menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan, sehingga yang bekerja keras maka dia yang akan mendapat untung lebih banyak dari yang kurang aktif dalam promosi atau lainnya.

Dengan pasar ini para produsen dapat menjual barang dagangan mereka yang akan memberikan pemasukan bagi para produsen itu. Pasar di sini sangat membantu karena semua pihak tidak perlu membangun dari awal jaringan konsumsi atau sulit untuk mencari konsumen, tetapi di pasar masalahnya akan hilang karena di pasar ada satu kesatuan antara produsen dan konsumen di mana semua saling mencari keuntungan baik dari sisi moral maupun material.

5. Pembentukan kreatifitas

Kehadiran pasar dapat membentuk kreativitas yang tinggi bagi produsen dan konsumen. Bagi produsen kreatif dan inovasi harus dilakukan untuk selalu menarik konsumen untuk membeli produk mereka, selain kreativitas harus tetap dilakukan sesuatu yang baru harus diciptakan agar tetap kompetitif dan bertahan di pasar. Adapun kreativitas konsumen mereka akan dilatih untuk melatih kepekaan mereka dalam memilih dan memutuskan produksi atau barang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Selain itu, konsumen juga lebih mudah dalam mengembangkan pemikirannya dalam memilih barang secara selektif. Tidak hanya itu masalah yang ada di pasar mampu membentuk kreativitas produsen dan konsumen ini terlihat ketika mereka mengatasi dan mengatasi masalah ini. 

6. Mempererat tali silaturrahmi

Di pasar akan ada komunikasi atau interaksi antara pihak-pihak yang berkepentingan antara produsen dan produsen dapat juga antara produsen dan konsumen ketika transaksi berjalan. Tidak disadari bahwa hal-hal sederhana bisa berbuah hal yaitu persaudaraan atau silaturrahmi antar individu lebih dekat.

Dengan demikian selain kegiatan atau kebutuhan ekonomi yang terpenuhi kebutuhan sosial akan terpenuhi pula, kita perlu ingat bahwa manusia dilahirkan di dunia ini menjadi makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain untuk tetap hidup di dunia ini. Selain itu, dengan pasar bisa menjadi fasilitas tempat pertemuan dua pihak yang memiliki tujuan bersama bertemu untuk membuat kesepakatan bersama yang terkandung dalam aktivitas jual beli dan tawar menawar. 

7. Melatih daya juang dan saing

Mungkin kita bertanya-tanya apa hubungan daya juang dan daya saing di pasar, tentu ada kaitannya. Dengan menjebloskan seseorang ke pasar, dia harus siap untuk bertempur dan bersaing dengan keadaan di sekitar mereka, tanpa memandang status, kelas dan sebagainya. Di pasar semua sama tergantung apa yang dilakukan, bagi mereka yang ingin sukses maka mereka akan bekerja keras dan melakukan semua yang mereka bisa untuk bersaing tetapi tetap di koridor kanan. Dan bagi mereka yang malas atau pasif maka mereka juga tidak akan mendapatkan apa-apa. Bagi mereka yang terlatih dan terbiasa berjuang dan bersaing, ketika mereka keluar dari pasar akan menjadi individu yang kuat dan mampu menyelesaikan masalah yang ada dalam hidupnya.

8. Sarana pembangunan nasional

Di suatu negara perlu ada perbaikan dalam bentuk pembangunana, dalam hal ini suatu negara akan dapat berkembang, tetapi juga dapat menciptakan kemakmuran bagi semua orang di daerah tersebut. Tak dapat dipungkiri bahwa pembangunan sangat diperlukan untuk semua negara, dapat dibayangkan bahwa ketika suatu negara tidak pernah mengalami perkembangan, maka secara otomatis akan tertinggal.

Pasar memiliki hubungan erat dengan pembangunan nasional, karena di pasar tersedia bahan, alat atau sumber daya lain yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembangunan. Selain itu, pasar juga merupakan salah satu pemasok dana untuk pengembangan pajak yang ada yang mereka bayar. Inilah yang mendasari fungsi pasar sebagai sarana pembangunan nasional. (Juga dibaca: fungsi ekonomi regional dalam perencanaan pembangunan nasional)

9. Meningkatkan pemasukan negara

Masuknya negara atau sering disebut sebagai divisi negara adalah salah satu aset penting bagi negara. Dana yang ada dapat digunakan untuk tujuan pengembangan, melunasi utang negara jika mereka miliki, digunakan untuk bekerja sama dengan orang lain, dan sebagainya. Ada beberapa pendapatan yang diterima oleh negara termasuk pajak, denda pajak, sanksi pelanggaran, pergantian dan banyak lagi. Pasar adalah salah satu penyumbang terbesar bagi negara, karena di pasar hampir semuanya terkait dengan uang dan laba.

Kegiatan produksi menghasilkan uang yang harus dibayar sebagian untuk pajak, kegiatan konsumsi juga menghasilkan uang yang pada akhirnya harus disisihkan untuk membayar lokasi sewa atau tempat sewa dan banyak lagi. Bisa dibilang pendapatan negara akan membaik jika kondisi pasar negara juga bagus. Jadi pada dasarnya kehadiran pasar dapat membantu pemerintah dalam menjalankan tugasnya untuk mencapi tujuan yaitu kesejahteraan masyarakat. Dengan kondisi ini, kondisi ekonomi dan kondisi negara akan stabil dan terkendali. 

10 Mengontrol kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi merupakan salah satu aspek penting dalam suatu negara, tentunya di seluruh bagian dunia semua negara melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk mendapatkan kesejahteraan hidup. Hampir sebagian besar kegiatan ekonomi terfokus dan terfokus pada satu tempat atau wadah yaitu pasar. Di pasar ini segala sesuatu yang terkait dengan ekonomi dilaksanakan mulai dari produksi, konsumsi, distribusi dan lain sebagainya. Tidak hanya kegiatan dan kegiatan saja tetapi masalah seputar ekonomi juga termasuk di dalamnya.

Dengan pasar ini sangat membantu pemerintah atau negara dalam mengendalikan semua kegiatan dan aliran ekonomi negara. Dapatkah kita bayangkan ketika tidak ada pasar maka konsentrasi pemerintah akan terbagi dan ini menyulitkan mereka untuk mengendalikan dan mengatasi masalah yang terjadi. Dengan demikian, dengan kehadiran pasar, itu dapat membantu pemerintah fokus untuk menjalankan ekonomi dengan pengawasan terfokus satu titik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kehadiran pasar memberikan kontribusi besar bagi kehidupan dan keberlangsungan suatu negara. Dengan berbagai fungsinya yang memudahkan pemerintah dan masyarakat dalam melakukan kegiatan atau kegiatan yang terkait dengan ekonomi. Dapatkah kita bayangkan ketika pasar tidak ada maka ekonomi suatu negara akan diam tidak lebih hiruk pikuk sekelompok orang yang tawar-menawar untuk menghasilkan harga, tidak lagi ramai menjual partai dan tidak ada lagi pihak yang dapat membantu pemerintah dalam tujuannya untuk memberikan kemakmuran bagi seluruh komunitas.

Fungsi pasar adalah sifatnya, dengan bantuan pihak-pihak yang terlibat. Ini menjadikan pasar sebagai bagian penting atau aset berharga bagi negara dalam kelangsungan hidup negara, bangsa, dan tanah air. Jika bisa diibaratkan pasar ini ibarat keran yang selalu mengalir baik bagi negara dan masyarakat dalam bentuk untung, kemudahan dan lain sebagainya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar