--> Skip to main content

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Tombol Power Laptop Tidak Berfungsi

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Tombol Power Laptop Tidak Berfungsi. Untuk bisa menyalakan laptop, maka yang harus dilakukan tentu saja menekan tombol power pada laptop. Namun, terkadang laptop kita sering mengalami masalah, di mana tombol power tidak bisa membantu menyalakan laptop. Jika tombol power telah ditekan, tetapi tidak bisa menyalakan laptop, maka mungkin ada beberapa masalah yang terjadi pada laptop Anda.

Jika ada kerusakan pada laptop, setidaknya pengguna tahu apa yang harus dilakukan. Mulai dari mengecek baterai laptop hingga beberapa saat untuk berhasil, tetapi bukan tidak mungkin terkadang laptop menjadi lebih bermasalah jika terus dikakasakan. Salah satu cara menjaga agar laptop agar tidak cepat rusak untuk selalu menjaga keyboard dan tombol lain dengan penggunaan laptop yang tidak terlalu kasar.
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Tombol Power Laptop Tidak Berfungsi

Tombol power tidak menyala bukan hanya karena kerusakan hardware saja, tetapi bisa ada kerusakan pada perangkat lunak yang tidak diketahui oleh pengguna. Akibatnya dan bahaya laptop sering diinstal ulang yang menyebabkan banyak program di laptop crash ke prosesor perangkat lunak inti.

Penyebab Laptop Tidak Menyala

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mengapa tombol power laptop tidak akan berfungsi ketika ditekan. Berikut beberapa penyebab tombol daya laptp yang tidak berfungsi dan beberapa cara untuk mengatasinya

1. Baterai Laptop Mengalami Kebocoran
Hal pertama yang mungkin terjadi adalah karena baterai laptop sudah mulai bocor, atau kerusakan yang ada di sel baterai, jadi ini membuat laptop tidak akan menyala ketika ditekan tombol power.

Cara mengatasi:

Untuk mengatasinya, mudah saja, Anda hanya perlu menggunakan adaptor bawaan laptop Anda untuk menyalakan laptop. Atau Anda juga dapat mengganti baterai laptip Anda dengan baterai dan kualitas yang lebih baru.

2. Tegangan tidak Stabil
Bagi Anda yang menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai, alias langsung menggunakan tenaga listrik, maka pastikan tegangan dan juga tenaga rumah Anda sudah cukup untuk menyalakan laptop Anda.

Kemungkinan besar, laptop Anda tidak menyala ketika tombol power ditekan karena tegangan listrik dan juga arus listrik tidak stabil, menyebabkan laptop tidak bisa menyala.

Apa solusinya?

Jika benar bahwa tegangan listrik rumah Anda tidak stabil, maka Anda dapat menggunakan stabilizer untuk membantu menstabilkan arus listrik rumah Anda, sehingga laptop Anda dapat menyala.

3. Kerusakan pada Perangkat Keras Laptop
Faktor beriktnya yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada perangkat keras komputer anda. Kerusakan bisa saja terjadi pad komponen internal, seperti :

  • Motherboard (Baca juga ciri motherboard rusak dan penyebab kerusakan motherboard).
  • Harddisk (Baca juga penyebab kerusakan harddisk).
  • RAM (Baca juga penyebab kerusakan RAM).
  • Processor (Baca juga penyebab kerusakan processor).
  • Chipset
  • Kerusakan pada kompoenen tersebut memang seringkali menyebabkan laptop tidak mau menyala, sehingga hal ini tentu saja membuat tomol power pada laptop anda tidak dapat berfungsi.


Bagaimana Memperbaikinya?

Untuk memperbaikinya, maka hal yang harus anda lakukan adalah memastikan bagian komponen mana yagn mengalami kerusakan. Apabila sudah mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan, maka pilihan terbaik adalah mengganti komponen internal tersebut, agar laptop bisa berfungsi kembali.

4. Kerusakan pada Bagian Tombol Power
Terkadang, tombol power laptop juga tidak berfungsi karena terjadi kerusakan pada bagian tombol powernya. Penyebabnya? Berikut ini adalah penyebab kerusakan pada tombol power laptop :


  • Tombol power yang patah.
  • Bagian tombol power yang berdebu dan kotor.
  • Switch tombol power mengalami kerusakan.
  • Bagaimana Mengatasinya?


Untuk mengatasinya, cukup repot, karena anda harus membuaka dan membongkar laptop anda. Apabila tidak terbiasa, serahkan kepada ahlinya. Yang harus dilakukan adalah:


  • Membersihkan area tombol power laptop.
  • Mengganti switch power laptop.
  • Mengganti tombol power laptop, apabila memang patah dan mengalami kerusakan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar