--> Skip to main content

Pengertian Open Source Beserta Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Open Source

Sistem komputer memiliki 3 komponen utama agar berfungsi. Pertama, perangkat keras (hardware), yang merupakan perangkat fisik yang mendukung kinerja komputer. Kedua, brainware (pengguna), manusia yang menggunakan komputer. Dan terakhir, perangkat lunak, yang merupakan perangkat non-fisik yang mendukung kinerja komputer.

Berbicara tentang komputer, biasanya ada sistem operasi dan perangkat lunak yang diinstal untuk membuat komputer berfungsi dengan benar. Perangkat lunak ini dapat hadir tentu karena ada membuat dan mendistribusikan. Jadi di dunia perangkat lunak, sangat penting dengan lisensi bernaa sesuatu. Yup, lisensi digunakan untuk melindungi hak cipta dari perangkat lunak, sehingga karya seseorang lebih dihargai. Seperti karya seorang seniman yang memiliki ciri khas seniman untuk membedakan karyanya agar tidak disalin oleh seniman lain.
Pengertian Open Source Beserta Contoh, Kelebihan dan Kekurangan open source

Untuk mendapatkan lisensi perangkat lunak, ada dua cara, yaitu berbayar dan tidak berbayar. Misalnya, jika Anda menggunakan jenis sistem operasi komputer Windows, yang juga menginstal Microsoft Ofice di dalamnya, maka sistem operasi dan perangkat lunak termasuk perangkat lunak berbayar. Anda harus membayar lisensi dari produsen terlebih dahulu sebelum Anda dapat menggunakannya secara sah. Selain sistem berbayar, ada juga yang tidak berbayar atau gratis. Eittss, tapi gratis kadang ada rekaman. Meskipun ada perangkat lunak yang dapat diakses atau dimodifikasi secara gratis, ada beberapa jenis perangkat lunak yang dapat diakses secara gratis tetapi ada "perlakuan khusus", baik dalam hal waktu penggunaan, kehadiran iklan, atau penampilan atau tidak ada kode sumber. Berikut ini berbagai lisensi perangkat lunak tidak berbayar yang sering dirilis di pasaran:


  1. Freeware: software dengan lisensi ini biasanya gratis untuk dipakai, namun penggunanya tidak bisa melihat source code tersebut. Selain itu, pengguna juga tidak boleh memodifikasi software tersebut. Sebuah software dengan lisensi freeware biasanya tidak memiliki batasan jumlah dan waktu pemakaian.
  2. Shareware: software dengan lisensi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis selama waktu tertentu saja. Ciri khas dari software lisensi shareware adalah adanya batasan waktu pemakaian, atau biasa dikenal dengan masa trial / percobaan. Lama waktunya bermacam-macam, mulai dari 7 hari hingga 30 hari. Setelahnya, software tersebut tidak lagi bisa digunakan atau ada beberapa fitur yang terkunci. Jika pengguna merasa puas dan ingin melanjutkan untuk memakai software tersebut, maka pengguna bisa membeli lisensi penggunaan dari software tersebut.
  3. Adware: software dengan lisensi ini bisa didapatkan dan digunakan secara gratis. Namun, ketika digunakan, akan terdapat banyak iklan yang muncul. Iklan ini adalah sumber penghasilan bagi pembuat software tersebut.


Yah, ada juga jenis lisensi perangkat lunak yang memprioritaskan kebebasan bagi penggunanya untuk membayar atau memodifikasi perangkat lunak. Lisensi ini disebut sebagai "Open Source". Biasanya, perangkat lunak dengan lisensi ini dapat diakses secara gratis dan legal. Lalu, apa itu pemahaman open source? Bagaimana perangkat lunak plus minus dengan lisensi open source ini? Nah, di sini kita akan menjelaskan tentang pengertian open source dan segala macam dan plus minus open source. Cekidottt

Apa itu Open Source?

Open source adalah lisensi pengembangan perangkat lunak yang tidak dikelola oleh individu atau lembaga, tetapi dikoordinasikan oleh pengguna yang bekerja sama dalam penggunaan kode sumber gratis, dan dapat diakses atau diubah oleh siapa pun. Pada dasarnya, open source menerapkan pola pengembangan "ambil dan beri", di mana pengguna mengambil kode sumber mereka, lalu berikan modifikasi yang bermanfaat.

Setiap orang dapat menggunakan perangkat lunak open source secara gratis. Kemudian, jika Anda berpikir perangkat lunak memiliki cacat atau memerlukan fitur tambahan, pengguna dapat memodifikasinya dan berkontribusi untuk memodifikasi perangkat lunak menjadi lebih baik. Kebebasan untuk bekerja sangat dihormati dalam perangkat lunak berlisensi sumber terbuka. Pengguna bebas untuk bekerja tanpa campur tangan pihak tertentu untuk belajar, mengubah, mengutak-atik, menambahkan bagian, memperbaiki, atau bahkan menyatakan bahwa kode sumber perangkat lunak memiliki kekurangannya.

Selain itu, pengguna perangkat lunak open source juga dapat mendistribusikan perangkat lunak open source mereka yang dimodifikasi untuk penggunaan orang banyak. Meskipun tampaknya pengguna perangkat lunak open source bebas melakukan modifikasi, tetapi modifikasi harus disertai dengan tanggung jawab penuh dan tidak asal dalam melakukan modifikasi.

Contoh-contoh Software Open Source

Memangnya, apa aja sih software yang termasuk dalam software berlisensi open source? Nah, berikut ini adalah berbagai contoh sistem operasi atau software yang menggunakan lisensi open source. Selain itu, juga disebutkan beberapa software berbayar sebagai perbandingan saja. Berikut ini contoh-contohnya:
  1. Sistem operasi berlisensi open source : UNIX, Linux, dan berbagai macam turunannya. Linux sendiri memiliki beberapa jenis varian (atau disebut distro), seperti Slackware, Debian, SuSE, dan RedHat. Sedangkan sistem operasi berbayar contohnya Microsoft Windows dan MacOS.
  2. Macam-macam software grafis berlisensi open source: GIMP, InkScape, Abhishek’s GLIMPSE dan Digikam. Sedangkan perangkat lunak jenis ini yang berbayar: Adobe Photoshop dan Corel Draw.
  3. Macam-macam software pengolah kata berlisensi open source: LibreOffice dan OpenOffice. Sedangkan yang berbayar: Microsoft Office.
  4. Sistem operasi untuk Smartphone berlisensi open source: Android dan Firefox OS. Sementara Windows Phone dan iOS merupakan sistem operasi smartphone berbayar.
 
Kelebihan Open Source
Perangkat lunak berlisensi sumber terbuka memiliki beberapa keunggulan, termasuk:

1. Pengguna Gratis Kembangkan Diri Anda: Perangkat lunak berlisensi sumber terbuka memungkinkan pengguna mempelajari kode sumber perangkat lunak. Setelah pengguna memahami kode sumber, pengguna dapat menganalisis beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki atau fitur yang ditambahkan dari kode sumber. Kemudian, pengguna memodifikasinya jika perlu untuk membuat perangkat lunak lebih baik dari sebelumnya. Modifikasi juga bisa dimaksudkan untuk memunculkan sistem baru sesuai dengan keinginan pengguna.

Ibaratnya, Anda disuguhi makanan (kode sumber) dan Anda dibebaskan untuk mengolah materi hingga bisa dinikmati sesuai selera Anda. Nah, bentuk olahan ini biasanya kita sebut resep. Nah, resep ini yang membuat jenis makanan olahan bisa beragam, meski makanannya mungkin sama.

Itu sebabnya, di sistem operasi Linux, diketahui beberapa distro yang memiliki kelebihan masing-masing. Keragaman distro Linux adalah salah satu kelebihan dan kekurangan Linux yang diakui oleh sebagian pengguna.

2. Hukum: Dengan menggunakan perangkat lunak berlisensi sumber terbuka, pengguna tidak akan melanggar hukum karena perangkat lunak tidak dikontrol oleh satu pihak tertentu secara komersial. Meski begitu, ada perangkat lunak atau sistem operasi open source yang berbayar. Misalnya, salah satu distro Linux, Linux RedHat.

3. Tidak Ada Pembajakan: Karena kebebasan menggunakan dan memodifikasi perangkat lunak berlisensi sumber terbuka, tidak mungkin membajak perangkat lunak ini. Pasalnya, mayoritas perangkat lunak open source didistribusikan secara gratis, sehingga semua orang bisa mendapatkannya tanpa membayar. Anda juga menghindari bahaya menggunakan perangkat lunak bajakan jika menggunakan perangkat lunak berlisensi sumber terbuka.

Kekurangan Open Source

Berikut beberapa kelemahan perangkat lunak berlisensi open source, termasuk:

1. Tidak Ada Pendanaan dan Dukungan Pemasaran: Tidak seperti perangkat lunak berbayar yang didukung oleh dana dan pemasaran dari perusahaan, perangkat lunak berlisensi sumber terbuka tidak memiliki dukungan itu, atau hampir tidak ada jika Anda tidak ingin mengatakan tidak sama sekali. Jadi waktu yang dibutuhkan untuk memperkenalkan perangkat lunak berlisensi sumber terbuka cenderung berlangsung lebih lama.

2. Kurang Familiar: Bagi sebagian orang awam, perangkat lunak atau sistem operasi open source berlisensi terlalu asing dan akhirnya hanya segelintir orang yang tahu dan menggunakannya. Selain itu, tampilan perangkat lunak berlisensi open source dapat berbeda dari perangkat lunak berbayar yang banyak digunakan oleh publik, sehingga pengguna harus memahaminya dengan otodidak.

Begitu banyak artikel kami kali ini seputar pemahaman open source, contoh, plus plus minus. Semoga artikel kami kali ini bisa menjadi jembatan informasi Anda tentang perangkat lunak berlisensi open source.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar