--> Skip to main content

Pengertian, Contoh dan Fungsi Registry pada Komputer (Windows)

Tidak banyak yang tahu, fungsi registry di microsoft window sangat penting. Registry, berasal dari kata register, yang dapat diartikan registrasi atau daftar. Dalam sistem operasi Windows, registri adalah salah satu fitur yang sangat penting, karena seperti namanya, registri berfungsi untuk "mendaftarkan" setiap konfigurasi yang diterima oleh komputer dan sistem operasi. Semua bentuk konfigurasi dan pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras disimpan dalam menu registri ini. Selain menyimpan daftar konfigurasi sistem operasi, registri juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu

1. Sebagai inti dari sebuah sistem operasi Windows

Fungsi pertama dari registri dalam sistem operasi Windows adalah sebagai inti dari sistem operasi. Sama seperti manusia, komputer dalam pekerjaan juga membutuhkan beberapa jenis persepsi dan pola dan aturan. Setiap aturan yang dijalankan oleh sistem operasi Windows ditetapkan dan juga disimpan dalam registri. Oleh karena itu, fungsi registri sangat penting dan juga penting untuk sistem operasi. Kesalahan mengedit di registri dapat membuat seluruh sistem operasi crash dan harus diinstal ulang, yang tentu saja akan sangat merugikan pengguna, baik dari segi waktu, dan juga aspek ekonomis.
Pengertian, Contoh dan Fungsi Registry pada Komputer (Windows)

Jika dibandingkan dengan perangkat keras, fungsi registri mungkin mirip dengan fungsi prosesor, yang dapat mengatur dan menyediakan pola-pola tertentu untuk semua perangkat yang terhubung ke sistem operasi agar berfungsi dengan benar.

2. Memungkinkan Windows dalam mejalankan sebuah software dan juga hardware

Dengan registri, maka ini akan memungkinkan sistem operasi windows dalam menjalankan dan menjalankan perangkat lunak dan perangkat keras. Dalam registri biasanya berisi seluruh data - data dan juga memori penting yang dibutuhkan oleh perangkat lunak dan perangkat keras dalam pekerjaan. Oleh karena itu, jika kita membuat kesalahan dalam mengganti dan mengedit registri, sudah pasti taruhannya crash pada perangkat lunak yang Anda milki dalam sistem operasi Windows.

3. Konfigurasi utama dari sebuah software dan hardware

Registry juga memiliki fungsi untuk mengedit dan konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras. Ketika kita masuk ke menu registry editor, maka secara tidak langsung kita akan melakukan konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras langsung dari titik tersebut. Biasanya, beberapa hal yang kita ketahui tentang konfigurasi perangkat keras dan juga perangkat lunak seperti ini:


  • Meningkatkan resolusi software
  • Meningkatkan volume suara
  • Mempercerah layar atau display
  • Sensitifitas mouse (Fungsi mouse)
  • Mengatur konfigurasi software agar tidak memberatkan komputer, dan masih banyak lagi

Fungsi editor registri jauh lebih kompleks dan juga lebih rumit. Dengan menggunakan registry editor, kita dapat mengubah berbagai jenis parameter yang digunakan untuk menjalankan program atau perangkat lunak. Hasil? Jika registry dapat dijalankan dengan baik, maka software yang mengalami crash, akan berjalan edngan dengan lancar dan lebih baik dari sebelumnya.

4. Membuat agar sistem operasi dapat berjalan dengan baik

Sebagai inti dari sistem operasi, tentu registri sangta penting agar sistem operasi berjalan lancar. Sistem operasi, dalam hal ini adalah Windows memerlukan konfigurasi yang tepat, bukan hanya konfigurasi yang mudah diakses oleh pengguna, seperti properti tampilan, atau lainnya, tetapi konfigurasi yang mendalam. Mungkin ketika dibandingkan dengan pekerjaan manusia, editor registri ini dapat bekerja sebagai psikolog atau ahli terapi mental, yang dapat melakukan konfigurasi kognitif dari kliennya dari dalam. Demikian pula, registry editor, yang dapat membantu menjalankan sistem operasi dengan baik dari titik.

Bagaimana membuka menu registry editor?

Untuk membuka dan juga melihat menu registry editor, maka caranya sangat mudah. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk masuk ke dalam menu registry editor di dalam sistem operasi windows, yaitu :

Cara 1 :


  • Klik start
  • Serach pada bagian search box “Registry Editor” tanpa tanda petik
  • Kemudian Enter
  • Tampilan jendela dari registry editor pun akan muncul


Cara 2 :


  • Masuk ke menu RUN, tekan Windows + R
  • Kemudian ketikkan “regedit” tanpa menggunakan tanda petik
  • Lalu tekan enter ata Run
  • Kemudian Jendela registry editor akan terbuka

Penting untuk diperhatikan!

Ketika Anda memasuki jendela dan mulai melihat registry editor di sistem operasi windows Anda, itu berarti Anda telah masuk ke inti dan pusat dari keseluruhan sistem operasi komputer, yang terintegrasi dengan semua konfigurasi komputer Anda, termasuk konfigurasi perangkat keras. driver, perangkat lunak Anda, pengaturan sistem, dan semua yang terkait dengan sistem operasi Anda.

Ini berarti satu kesalahan pengeditan registri saja, itu akan berakibat fatal. Ini terjadi karena set, ah registry yang diedit, terutama dihapus dari direktori registry, tidak dapat dikembalikan lagi, alias berlaku secara permanen. Jadi berhati-hatilah dalam mengedit, terutama hapus beberapa registri yang tidak perlu.

Kapan Registry Editor atau pengaturan registry dibutuhkan?

Jika Anda hanya menggunakan komputer sebagai pengguna low end, yang berarti hanya menggunakan komputer Anda sebagai sarana untuk bekerja dengan kantor, hanya hiburan dengan mendengarkan lagu, menonton film, dan bermain game yang merupakan spesifikasi ringan, maka registry editor tidak perlu.

Registry editor biasanya paling dibutuhkan pada pengguna komputer yang berada pada level mi untuk pengguna tingkat lanjut. Biasanya, pengguna menengah ke atas membutuhkan konfigurasi tertentu yang membuat pekerjaan mereka lebih baik dan lebih lancar.

Contoh :

Ketika seorang advance user ingin melakukan modifikasi terhadap software yang dimilikinya, advanced user harus mencari dan juga melakukan pengeditan, seperti menghapus dan juga mengganti value dari beberapa registry. Hal ini dimaksudkan agar software yang ingin dimodifikasi tidak menolak untuk dimodifikasi.

Kebanyakan registry editor juga berlaku pada user yang senang bermain game, alias gamer. Beberapa game yang berspesifikasi berat, terkadang membutuhkan konfigurasi tertentu untuk dapat berjalan. Salah satunya adalah dengan melakukan pengeditan pada registry.

Syarat dan ketentuan dalam melakukan registry edit

Sebenarnya tidak ada ketentuan resmi yang harus dipatuhi oleh pengguna ketika akan melakukan pengeditan pada registry di sistem operasi Windows-nya. Namun, setidaknya setiap pengguna yang akan melakukan pengeditan pada registri harus memahami dan mengetahui hal-hal berikut:


  • Direktori atau root dari registry yang akan di edit
  • Mengetahui registry mana saja yang harus diedit
  • Memahami dampak dan juga efek samping dari melakukan registry edit
  • Mengetahui parameter dan juga arti – arti spesifik dari setiap parameter di dalam registry editor
  • Teliti dalam melakukan pengeditan registry
  • Dan yang penting adalah, merasa bahwa pengeditan terhadap registry sangat penting untuk dilakukan, karena sifatnya mendesak dan incidental.

Tetapi Anda harus memahami itu, fungsi registri di windows microsoft sangat vital dan tidak pernah di otak utama tanpa sepengetahuan. Karena itu sangat berbahaya dan dapat menyebabkan komputer sering hang atau perangkat lunak tidak dapat digunakan.


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar