--> Skip to main content

Macam Macam Software Aplikasi Desain Grafis Untuk Komputer

Perangkat lunak komputer saat ini tidak hanya digunakan untuk keperluan kantor (membuat dokumen, presentasi, dll.), Tetapi banyak pekerjaan telah mengimplementasikan perangkat lunak komputer termasuk grafik, termasuk manipulasi Foto, pembuatan gambar Raster (juga disebut gambar Bitmap), pembuatan gambar Vektor dan bahkan pembuatan gambar 3 dimensi (3D), informasi berikut berhasil dikumpulkan,

Software Grafis untuk Manipulasi Photo Sederhana
Macam Macam Software Aplikasi Desain Grafis Untuk Komputer

1. Photoshine

Perangkat lunak sederhana ini cukup populer di kalangan mereka yang ingin menggabungkan dua atau lebih Foto ke dalam satu bingkai (Frame), atau mungkin hanya satu Foto saja.

Banyak opsi bingkai yang ditawarkan, pengguna dapat dengan mudah menambahkan Foto pada frame yang diinginkan, menyesuaikan posisinya, dan menyimpannya ke dalam file gambar (biasanya * .jpg).

Beberapa perangkat lunak serupa seperti PhotoCollage-bahkan banyak bermunculan, kemudahan menjadi keunggulan Software-Software adalah karena fungsi spesifiknya untuk kebutuhan "penggabungan" Foto dan "framing" (bingkai dalam Foto).

2. Photoscape

Mirip dengan PhotoShine dan PhotoCollage, PhotoScape juga mendukung untuk menggabungkan dua atau lebih Foto, tetapi tampaknya dukungan untuk framing tidak beragam dalam PhotoShine dan PhotoCollage.

Tetapi banyak hal yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak ini yang tidak dapat dilakukan PhotoShine seperti penampil, efek gambar (seperti sephia, hitam dan putih, dan sebagainya) dan banyak fitur menarik lainnya.

3. Pcture Manajer

Meskipun namanya hanya "pengelola", tetapi kemampuannya tidak hanya mengelola gambar saja. Secara pribadi Perangkat lunak ini adalah Perangkat lunak favorit saya, Perangkat lunak dengan nama lengkap Microsoft Office Picture Manager adalah perangkat lunak "tambahan" yang diinstal selama instalasi Microsoft Office.

Fitur sangat lengkap untuk manipulasi Foto sederhana, mulai dari pengaturan kecerahan dan kontras, re-warna, menghilangkan efek mata merah pada Foto, untuk mengubah ukuran dan bahkan mengompresi ukuran foto sehingga lebih "efisien" dalam hal ukuran.

4. ACDSee

Perangkat lunak ini mirip dengan Microsoft Office Picture Manager, tetapi perangkat lunak ini tidak hanya "ekstra", kelengkapannya digunakan untuk kebutuhan profesional baik untuk kebutuhan manipulasi foto dan fitur manajemen (Photo Manager).

Software untuk Desain Grafis, Bitmap atau Raster

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop sudah sangat terkenal di dunia desain grafis, banyak (sejauh yang saya tahu) perusahaan terutama terlibat dalam pencetakan menggunakan Perangkat Lunak ini. (baca Juga: Memahami Perangkat Lunak Menurut Para Pakar)

Bahkan jejaring sosial umumnya orang menyebut gambar atau edit foto komputer dengan judul "Photoshoped" yang berarti kurang "Photoshop diedit", tetapi belum tentu gambar atau foto tersebut diedit menggunakan Photoshop Software.

Saya pribadi menggunakan Adobe Photoshop sejak CS (Creative Suite) versi hingga CS6 terakhir, yang terakhir? Ya, Adobe terakhir menggunakan CS sebagai produk penomoran versi umum (CS, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6), tetapi itu tidak berarti Adobe tidak mengeluarkan produk baru (Photoshop), sekarang Adobe Photoshop CC (Creative Cloud) bukan CS7 ya! Nama "Cloud" sendiri disematkan karena produk Adobe (terutama Photoshop) mendukung teknologi "Cloud Computing" sebagai tren saat ini.

Tahu sendiri, banyak aplikasi sekarang menyediakan banyak fitur login (keanggotaan) untuk berbagai keperluan seperti penyimpanan cloud, sharing dan lain sebagainya.

2. Corel PhotoPaint

Corel PhotoPaint adalah perangkat lunak grafis Raster yang merupakan "pasangan" (sebenarnya lebih seperti "alat tambahan") untuk CorelDRAW.

CorelDRAW adalah perangkat lunak grafis Vector (kita akan membahas lebih lanjut tentang bagian selanjutnya), menariknya ketika kita memanipulasi gambar Raster menggunakan CorelDRAW, kita dapat menggunakan fungsi PhotoPaint dari dalam CorelDRAW sendiri, jadi tidak perlu ekspor-impor antara CorelDRAW dengan Raster perangkat lunak grafis (misalnya Photoshop).

3. GIMP

GIMP adalah perangkat lunak grafis yang (atau mungkin masih) diklaim sebagai saingan Adobe Photoshop, perbedaan mencolok antara Adobe Photoshop dan GIMP, antara lain:


  • Flatform digunakan

Adobe Photoshop umumnya mendukung Flatform (Operating System) Windows, beberapa versi (biasanya versi terbaru) menyediakan dukungan untuk Flatform MacOS. Sementara GIMP mendukung cross-flastform, itu berarti GIMP dapat digunakan pada Sistem Operasi Windows, Sistem Operasi MacOS, bahkan Sistem Operasi Linux.

Memang saat ini peranti lunak lintas platform banyak dilirik dan dipertimbangkan karena komunitas pengguna Linux dari berbagai distro (seperti distro Lubuntu yang saya gunakan) semakin besar, terbukti dengan semakin bervariasi distribusi Linux yang ada (baru dan masih bertahan dan berkembang ).


  • Lisensi digunakan

Adobe Photoshop, pasti menggunakan lisensi komersial (berbayar), dalam arti bahwa pengguna diharuskan membayar beberapa Dolar AS untuk dapat menggunakan perangkat lunak ini secara bebas sebagai pembaruan rutin, mendukung cloud-drive, dukungan layanan, dan banyak lagi.

Kecuali seorang pengguna menggunakan aplikasi bajakan dia akan kehilangan kebebasan termasuk pembaruan rutin dari situs resmi pengembang (Adobe Inc.) bahkan jika Perangkat Lunak tetap dapat digunakan. Seperti halnya GIMP yang menggunakan lisensi gratis, dalam arti siapapun dapat mengunduh (download), menginstal (memasang), dan menggunakan aplikasi ini secara bebas, dan mendapatkan dukungan penuh (dukungan penuh) seperti pembaruan dan sebagainya secara gratis juga.

Software untuk Desain Grafis, Vector

1. CorelDraw

Secara pribadi, ini adalah Perangkat Lunak favorit saya. Perangkat lunak ini juga (sepengetahuan saya) mendominasi banyak perusahaan yang bergerak dalam percetakan, bahkan jika saya dapat mengatakan bahwa CorelDRAW adalah "mitra" Adobe Photoshop, dalam arti bahwa CorelDRAW digunakan untuk merancang Vector (misalnya logo) sementara Adobe Photoshop digunakan untuk mendesain Bitmap (mis. Foto).

Padahal masing-masing sudah memiliki "pasangan" seperti Adobe Illustrator yang digunakan untuk mendesain Vector (harus sepasang Adobe Photoshop) sementara CorelDRAW memiliki Corel PhotoPaint untuk mendesain Bitmap.

2. Adobe Illustrator

Sama halnya dengan CorelDRAW, perangkat lunak ini juga ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan perangkat lunak grafis untuk memproses gambar Vektor, tetapi (menurut saya) Adobe Illustrator lebih dinamis dalam penggunaannya, sama seperti Adobe Photoshop.

3. InkScape

Saya belum pernah mendengar (atau membaca) bahwa Inkscape diklaim sebagai pesaing CorelDRAW serta GIMP terhadap Adobe Photoshop, tetapi jika ada seperti itu (klaim seperti itu) saya pikir itu akan wajar mengingat kemampuan Perangkat Lunak ini yang ( menurut saya) bersaing dengan CorelDRAW.

Namun, InkScape dengan CorelDRAW memiliki beberapa perbedaan yang sangat mendasar selain antarmuka dan fitur yang berbeda, termasuk:


  • Flatform digunakan

Sama seperti GIMP, awalnya (sepengetahuan saya) InkScape adalah aplikasi alternatif untuk pengguna Sistem Operasi Windows yang menggunakan Vector endesain menggunakan CorelDRAW (atau sejenisnya) dan beralih ke Sistem Operasi Linux (salah satu distro), tetapi dalam perkembangannya InkScape sekarang mendukung platform Windows bahkan MacOS.)


  • Lisensi digunakan

Ya, lagi-lagi lisensi gratis menjadi kelebihannya sendiri dibandingkan dengan Perangkat Lunak dengan lisensi komersial, tetapi tidak mewakili kualitas, yang berarti kualitas Perangkat Lunak grafis dengan lisensi komersial mungkin lebih baik daripada perangkat lunak grafis dengan lisensi gratis (dari sudut pandang lain tentu saja ).
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar