--> Skip to main content

Cara Mengedit Video Dengan Windows Movie Maker

Saat ini, berbagai konten di internet disajikan dalam bentuk audio visual, lebih tepatnya dalam video. Yup, karena kecepatan internet negara kita semakin cepat, maka banyak orang mulai menikmati tayangan video melalui smartphone yang mereka miliki.

Seiring dengan banyaknya konten video di internet, orang-orang kini juga mulai mencoba belajar mengedit video mereka sendiri. Untuk mengedit video, berbagai perangkat lunak pengeditan video dapat Anda gunakan. Salah satu perangkat lunak pengeditan video adalah Windows Movie Maker.

Windows Movie Maker adalah perangkat lunak yang dibuat oleh Microsoft di mana pengguna dapat mengedit video dengan alat yang cukup mudah digunakan dan hasil video buatan pengguna dapat langsung dibagikan ke media sosial atau perangkat lain. Perangkat lunak ini membantu mengiringi sejarah Microsoft Windows sebagai OS populer komunitas dunia. Tampilan Windows Movie Maker cukup mudah dimengerti oleh orang-orang, membuat perangkat lunak ini dilirik sebagai perangkat lunak pengeditan video populer.
Cara Mengedit Video Dengan Windows Movie Maker

Pada kesempatan ini kita akan membahas cara mengedit video dengan Movie Maker. Cara kami berdiskusi cukup mudah dilakukan, jadi kami jamin Anda juga dapat membuat video keren menggunakan perangkat lunak Movie Maker. Yang jelas, tutorial ini bisa Anda ikuti dengan menggunakan OS Windows versi apa pun, baik 32 bit maupun 64 bit. Jadi, Windows Movie Maker tidak akan terpengaruh oleh perbedaan Windows 32 bit dengan 64 bit.

Selain itu, Anda tidak dapat melakukan cara-cara yang akan kita bahas ini jika laptop Anda menggunakan OS Linux. Jadi pastikan Anda mengetahui perbedaan Linux dengan Windows. Nah, tanpa banyak kata, beginilah caranya:

1. Instal Movie Maker

Sebelum Anda memulai proses pengeditan video menggunakan Movie Maker, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Tenang, Anda dapat mencari dengan mudah di internet. Setelah Anda mengunduh Movie Maker, jangan lupa untuk menginstalnya di komputer Anda. Namun, jika Anda sudah memiliki Movie Maker, Anda dapat langsung menuju ke langkah kedua di bawah.

2. Buka Movie Maker

Setelah Anda menginstal Movie Maker, Anda sudah dapat memulai proses pengeditan video. Buka program Movie Maker di Windows Anda. Setelah terbuka, Anda dapat segera memulai proses pembuatan video dengan memilih menu File> Proyek Baru atau tekan Ctrl + N pada keyboard.

3. Tampilan muka Movie Maker

Mari kita berkenalan dulu dengan tampilan muka dari software Movie Maker. Pada bagian muka, Anda akan disuguhi 3 bagian utama pada di Movie Maker, di antaranya:


  • Pada bagian paling atas, Anda akan menemukan Ribbon, dimana berbagai menu edit, seperti transitions, effects, captions, audio levels, dan lainnya. Anda juga bisa menambahkan video, gambar, dan file audio melalui tool yang ada di Ribbon. Pada bagian ini juga terdapat tool untuk menyimpan cepat video yang telah Anda edit.
  • Bagian di bagian kiri layar, tepatnya di bawah Ribbon adalah bagian Preview Window. Pada bagian ini, Anda bisa melihat video yang Anda edit dan Anda simpan. Bagian ini juga akan memutar video sementara sebelum di-render.
  • Bagian Storyboard atau Timeline. Bagian ini terletak di bawah Ribbon, tepatnya di bagian kanan layar. Bagian ini berisi urutan video, audio, dan file yang di-import dari komputer Anda. Storyboard adalah tempat dimana Anda bisa mengatur, memotong dan mengurutkan klip yang hendak Anda jadikan sebagai video. Bisa dibilang, storyboard ini adalah “kanvas” Anda untuk membuat video.



4. Mengimpor Video atau Gambar

Untuk membuat sebuah video, tentu saja harus ada video atau gambar yang akan ditampilkan. Untuk menambahkan video atau gambar pada video buatan Anda, Anda bisa mengimpornya melalui beberapa cara, diantaranya:


  • Impor video dari kamera Digital Video (DV). Jika Anda memiliki video di dalam kamera digital, Anda dapat menghubungkan kamera itu dengan komputer Anda melalui koneksi IEEE 1394 atau USB 2.0. Kemudian, atur kamera untuk memutar rekaman video.
  • Impor foto atau video dari komputer Anda.  Anda bisa menambahkannya ke Storyboard di Movie Maker dengan mudah. Caranya Anda klik “Add videos and photos”, lalu pilih foto atau video yang ingin ditambahkan di Movie Maker

5. Memotong Klip

Cara mengedit video dengan Movie Maker selanjutnya adalah memotong klip menjadi beberapa bagian. Caranya, pilih menu Video, lalu klik Edit. Anda akan menemukan alat Split. Seret klip yang telah dipecah (dibagi) sesuai urutan yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda dapat menghapus beberapa bagian yang tidak ingin ditampilkan, menyisipkan transisi antar video, dan banyak lagi.

6. Pangkas klip (Trim)

Memotong klip atau memotong klip adalah alat yang berguna untuk menghapus beberapa bagian dalam klip, tetapi Anda tidak ingin menghapusnya. "Trims Tool" di Movie Maker memungkinkan Anda memilih klip berdasarkan urutan yang Anda inginkan dan urutannya akan digabung dari awal hingga selesai untuk membentuk urutan klip baru.

7. Sesuaikan level audio

Video yang bagus juga harus memperhatikan tingkat audio yang dikeluarkan. Anda dapat membuat tingkat audio pada setiap klip memiliki stabilitas yang sama. Untuk mengubah tingkat audio dalam klip, klik Edit pada menu Video dan pilih "Volume Video". Dengan alat ini juga, Anda dapat menyesuaikan tempat audio dari klip akan ditampilkan.

8. Menambahkan Transisi

Untuk menambahkan transisi ke video Anda, Anda hanya perlu memilih klip yang ingin Anda tambahkan transisi, lalu klik pada tab Animasi pada bilah alat untuk membuka beberapa opsi transisi.

9. Menambahkan Efek Visual

Salah satu manfaat Movie Maker adalah perangkat lunak pengeditan video yang dilengkapi dengan berbagai efek visual (efek visual). Efek ini ditemukan di bawah tab Efek Visual pada bilah alat.

10. Menghilangkan Transisi dan Efek Visual

Dengan Movie Maker, Anda juga dapat menghilangkan transisi atau efek visual yang telah Anda tambahkan sebelumnya. Untuk menghapus transisi, klik "Animasi", lalu pilih "Tanpa Transisi". Begitu juga jika ingin menghilangkan efek visual pada video buatan Anda.

11. Menambahkan Judul ke Video

Untuk menambahkan judul video, klik "Rumah", lalu cari Judul. Alat ini akan menambahkan halaman hitam dan keterangan slide untuk mengedit di bagian depan klip yang telah Anda pilih sebelumnya. Anda cukup menambahkan judul video Anda di kotak teks yang disediakan, lalu keluar dari teks slide.

12. Menambahkan Teks ke Video

Jika Anda ingin menambahkan teks ke beberapa bagian video Anda, klik "Caption" yang terletak di bagian bawah Home. Selanjutnya, Anda akan diberikan tempat untuk menambahkan teks.

13. Finishing: Bagikan di media sosial

Setelah Anda selesai mengedit video, Anda memiliki dua pilihan yang dapat Anda lakukan. Salah satunya, Anda dapat membagikan video yang baru saja Anda buat di akun media sosial Anda. Windows Movie Maker langsung terhubung dengan Facebook, YouTube, Vimeo, dan Flickr Movie Maker. Pada menu Beranda, Anda akan melihat beberapa opsi media sosial yang dapat Anda gunakan untuk membagikan video yang Anda buat. Anda ingin memilih yang mana, itu tergantung keinginan Anda.

14. Finishing: Rendering ke komputer Anda

Sementara itu, jika Anda hanya ingin menyimpan video ke komputer Anda, Anda hanya perlu mengeklik "Simpan Film" di sebelah kanan Bagikan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih lokasi folder tempat Anda akan menyimpan video Anda. Setelah disimpan, Anda dapat memutarnya di berbagai perangkat lunak multimedia yang tersedia di komputer Anda. Selain disimpan di komputer, video yang Anda simpan dapat dibakar ke CD. Anda ingin memilih yang mana, semuanya terserah Anda.

Dari semua cara yang telah kami sebutkan di atas, kita dapat melihat bahwa cara mengedit video dengan Movie Maker tidak sulit dan rumit, karena alat dan menu masih sederhana dan cocok untuk editor video pemula. Masih banyak perangkat lunak gratis untuk mengedit video yang dapat Anda gunakan selain Movie Maker, meskipun mungkin ada lebih banyak atau lebih sedikit kemampuan daripada Movie Maker. Begitu banyak artikel kami kali ini tentang cara mengedit video dengan Movie Maker. Semoga cara yang kami sebutkan di atas dapat memberikan referensi bagi Anda untuk mengedit video.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar