--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tiba-Tiba Menjadi RAW

Hard disk adalah perangkat keras (perangkat keras komputer) yang berfungsi sebagai penyimpanan data pada komputer seperti dokumen, gambar, musik, video, program komputer hingga jenis sistem operasi komputer. Mengingat semuanya disimpan dan dicatat pada hard disk, menjadikan bagian dari komputer ini sangat penting.

Tidak sedikit pengguna yang membutuhkan hard disk eksternal untuk mendukung pekerjaan mereka. Pengguna dengan mobilitas tinggi akan sangat terbantu oleh fleksibilitas hard disk eksternal. Atau dengan kata lain bisa dibawa kemana-mana.

Namun, berbagai masalah sering terjadi dalam penggunaan perangkat keras komputer. Mulai dari bad sector pada hard disk internal hingga hard disk eksternal yang lambat dan mengganggu kinerja komputer dalam mendukung pekerjaan pengguna.
Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tiba-Tiba Menjadi RAW

Nah, di artikel ini kita akan membahas masalah seputar hard disk eksternal dan cara memperbaikinya. Ingin tahu? Yuk simal artikel di bawah ini!

Hard disk berubah menjadi RAW

Mungkin Anda pernah mengalami masalah di mana hard disk yang Anda hubungkan dengan komputer atau laptop Anda berubah menjadi format RAW. RAW adalah sistem file yang berarti hard drive masih dalam keadaan 0 byte atau belum ditinggalkan tanpa awak dan masih mentah.

Di sini, ketika Anda menghubungkan hard drive ke komputer Anda, Anda akan menemukan peringatan yang mengatakan "Anda perlu memformat disk di drive (nama drive): sebelum Anda dapat menggunakannya". Ini berarti ada perintah untuk memformat harddisk Anda jika Anda ingin menggunakannya. Dan tentu saja dengan memformat drive, Anda akan kehilangan semua data yang ada di dalamnya.

Ketika sistem file hard disk berubah menjadi RAW maka hard disk tidak dapat diakses sama sekali. Jika Anda melihat properti drive, Anda akan menemukan 0 byte pada ruang yang digunakan dan 0 byte dalam ruang kosong. Biasanya ini terjadi pada hard disk eskternal. Jadi ketika hard disk eksternal terhubung ke komputer, itu menjadi tidak dapat dibaca dan data di dalamnya tidak dapat diakses.

Sistem file yang seharusnya NTFS atau kependekan dari New Technologi File System yang merupakan salah satu jenis sistem file dengan kinerja yang lebih baik dari pendahulunya FAT32. Jenis sistem file ini lebih unggul dalam hal akses data dan tidak memiliki batasan dalam melakukan format data.

Jadi ketika sistem file hard disk Anda berubah menjadi RAW, padahal seharusnya NTFS maka secara langsung hard disk Anda tidak akan dapat diakses atau dengan kata lain memiliki masalah.

Penyebab kerusakan hard disk atau perubahan sistem file dapat disebabkan oleh sistem operasi yang digunakan (umumnya windows) yang tidak dapat membaca drive (hard disk eksternal) dalam bentuk RAW. Oleh karena itu, ketika hard disk terhubung, komputer tidak dapat membaca dan memverifikasi semua data pada hard disk eskternal. Dalam banyak kasus, windows akan memberi perintah untuk memformat hard disk. Masalah ini biasanya terjadi karena:


  • Cara memutuskan koneksi partsisi (Hard disk) dengan komputer yang tidak benar
  • Daya yang terputus secara tiba-tiba
  • Masalah umum lain pada komputer

Hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari terjadinya masalah tersebut pada hard disk kita adalah dengan melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Selalu gunakan fasilitias “safely remove hardware” untuk memutuskan koneksi hard disk dengan komputer
  • Pekalah untuk mengganti kabel USB dengan yang baru jika sudah mulai timbul tanda-tanda kerusakan fisik atau tanda-tanda mulai tidak terbaca
  • Jangan mencabut USB driver secara tiba-tiba karena akan adanya masalah daya yang membuat perangkat rusak
Tentunya Anda tidak ingin kehilangan semua data, bukan? Apalagi jika data di dalamnya adalah data pekerjaan atau data penting lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah file sistem RAW ini? Penjelasan di bawah ini dapat membantu Anda memecahkan masalah.

Cara memperbaiki Hard disk RAW menjadi NTFS

Untuk mengembalikan fungsi hard disk pada komputer seperti sebelumnya tanpa harus melakukan pemformatan pada kasus ini dapat dilakukan dengan mengubah sistem file menjadi NTFS kembali. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, baik tanpa atau menggunakan perangkat lunak. Namun dalam beberapa kasus dibutuhkan tahap kedua untuk mengembalikan fungsi hard disk.

Cara pertama adalah dengan menggunakan CMD (Command Prompt). Langkah-langkahnya adalah :


  1. Pastikan hard disk yang bermasalah telah terhubung dengan perangkat komputer
  2. Tekan Tombol windows + R pada keyboard secara bersamaan
  3. Kemudian ketikan ‘cmd’ dan tekan enter pada keyboard
  4. Untuk masuk ke dalam halaman CMD juga dapat dilakukan dengan cara mencari program pada menu start.
  5. Setelah berada pada jendela CMD, ketikan chkdsk /r /f K: lalu tekan Enter pada keyboard. (K adalah nama Drive. Sesuaikanlah dengan nama drive pada komputer anda
  6. Tunggu hingga proses yang sedang berjalan selesai. Biasanya proses ini memakan waktu yang lumayan lama. Sesuai dengan besar kapasitas drive juga banyaknya file yang ada di dalamnya.

Itu adalah cara memperbaiki hard disk mentah tanpa menggunakan perangkat lunak tambahan apa pun. Hanya perlu menggunakan CMD yang sudah ada di komputer. Langkah lain untuk memperbaiki hard disk RAW adalah dengan menggunakan perangkat lunak.

Jenis-jenis perangkat lunak yang dapat digunakan sebenarnya bervariasi. Ada beberapa perangkat lunak yang bisa Anda dapatkan secara bebas dengan mengunduhnya di internet. Salah satunya adalah perangkat lunak M3 Raw Drive Recovery.

Inilah langkah-langkah penggunaan software M3 Raw Drive Recovery untuk mempebaiki hard disk raw menjadi NTFS :


  1. Pastikan M3 Raw Drive Recovery telah terinstal di kompter anda.
  2. Jalankan aplikasi tersebut kemudian letakkan kursos pada hard disk eksternal.
  3. Klik tombol “Next”
  4. Pop Up windows akan menunjukan proses recovery.
  5. Harap tunggu beberapa saat setelah selesai Klik “Fix Done”
  6. Kemudian lihat hasilnya.

Perangkat lunak lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah hard disk RAW adalah Pemulihan Data Daya. Mirip dengan software M3 Raw Drive, perangkat lunak ini dapat membantu mengentasi masalah hard disk yang tidak dapat diakses tetapi dengan membackup data yang hilang.

Jadi, dengan menggunakan perangkat lunak ini, Anda dapat melakukan proses pencadangan pada drive yang tidak dapat diakses seperti biasa. Ingin tahu? Berikut langkahnya:

  1. Pastikan komputer anda telah terinstall sofware Power Data Recovery yang dapat anda download secara bebas di Internet.
  2. Jalankan aplikasinya
  3. Setelah aplikasi terbuka pilih Tool “Advanced Recovery”
  4. Pilih Drive yang ingin anda backup (Hard disk anda yang bermasalah)
  5. Kemudian pilih tombol “Scan”
  6. Tunggu samapi prosesnya scanning selesai
  7. Setelah proses scanning selesai maka semua data anda akan kembali. Pilih semua data yang ingin anda selamatnya, kemudian backup atau pindahkan pada Drive yang tidak bermasalah.
  8. Setelah itu, ubah file system hard disk RAW menjadi NTFS dengan menggunakan CMD lalu pindahkan kembali data yang telah di backup ke hard disk anda yang sudah bisa digunakan kembali
Meskipun cenderung lebih rumit karena harus melakukan proses backup dan mengubah sistem file secara terpisah tetapi dengan menggunakan perangkat lunak Power Data Recovery ini data Anda akan lebih aman.

Itulah penjelasan lengkap masalah hard disk yang berubah menjadi RAW dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dengan masalah.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar