--> Skip to main content

9 Cara Format Hardisk Eksternal yang Benar Mudah Dan Cepat

Seperti yang kita ketahui fungsi harddisk di komputer sangat penting. Jadi jika harddisk Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal akan menghambat pekerjaan yang Anda lakukan. Salah satu hal yang dapat memperbaikinya adalah dengan melakukan proses pemformatan.

Proses pemformatan dapat dilakukan dari hard drive eksternal umum ke hard drive eksternal terbaik. Jika Anda memformat hard drive Anda tidak benar-benar menghapus data yang terkandung di dalamnya. Untuk seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman profesional dalam pemulihan data. Orang tersebut masih dapat memulihkan sebagian data yang ada pada hard drive yang diformat. Oleh karena itu, biasanya format hard disk terkadang merupakan pilihan yang baik untuk beberapa situasi.
9 Cara Format Hardisk Eksternal yang Benar Mudah Dan Cepat

Alasan yang umum digunakan untuk melakukan format harddisk eksternal

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang melakukan proses format pada hard drive eksternal mereka. Beberapa alasan ini adalah sebagai berikut

1. Harddisk yang Penuh
Hard drive penuh tentu dapat menimbulkan masalah dan mengganggu kinerja komputer. Ini juga membuat harddisk cenderung menjadi kesalahan juga lebih besar jika harddisk dibiarkan menjalankan aplikasi dalam keadaan kapasitas penuh. Ini dapat menyebabkan gangguan dalam membaca dan menulis data pada hard disk.

2. Terlalu banyak kesalahan.

Registri, aplikasi macet, dan bug bisa menjadi masalah serius dan menyebabkan banyak kesalahan. Semakin banyak masalah yang mengakumulasi ini akan menjadi penyebab hard drive Anda perlu dilakukan sehingga format dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya.

3. Performa disk yang lambat.

Kinerja hard disk yang lambat dan kinerja yang menurun tidak dapat dihindari dari hard drive. Ini juga sering menjadi penyebab kerusakan hard disk jika tidak ditangani dengan benar.

4. Virus Terinfeksi

Virus umumnya menjadi salah satu alasan untuk membuat seseorang memilih untuk memformat hard drive. Jika berbagai cara telah dilakukan oleh mereka akhirnya solusi itu dikirimkan ke format hard drive. Beberapa infeksi virus juga merupakan penyebab dari hard drive eksternal yang tidak dapat dibaca.

5. Hilangkan data yang ada di hard disk.

Menghilangkan data yang ada di hard drive dengan memformat adalah alasan paling umum mengapa orang melakukan proses memformat hard disk.

6. Ganti sistem file harddisk Anda.

Perlu diingat untuk hard drive umumnya memiliki tipe file sistem yang berbeda yang biasanya terkait dengan sistem operasi yang berbeda juga. Sebagai contoh, sistem Windows umumnya menggunakan jenis sistem file NTFS sebagai jenis sistem file untuk hard disk mereka. Sedangkan untuk OSX pada harddisknya MAC diformat dengan sistem HFS + dan UBUNTU menggunakan jenis file sistem Ext4.

Format yang dapat dibaca oleh sistem operasi apa pun adalah format hard disk FAT yang merupakan jenis drive default yang dapat dihubungkan ke USB. Jika Anda berpikir untuk mengubah hard drive Anda apakah itu hard drive eksternal atau internal. Mengganti sistem file Anda adalah cara yang bagus untuk melakukannya.

7. Menghapus Partisi.

Dengan memformat hard disk Anda dapat membuat hard disk drive menjadi beberapa partisi atau beberapa partisi menjadi satu partisi. Jadi Anda bisa lebih memaksimalkan kinerja yang dimiliki oleh harddisk Anda.

Cara Format Harddisk Eksternal

Berikut merupakan beberapa langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk memformat harddisk eksternal ana.


  • Memformat Harddisk Eksternal di Windows.

Untuk memformat harddisk baik itu hardisk eksternal atau internal. Akan lebih baik jika Anda melakukan backup data - data penting yang mungkin ada pada hard drive Anda. Memformat harddisk Anda akan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menyimpan semua data yang Anda perlukan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman. Anda dapat memulihkan data cadangan yang telah Anda buat ke hard drive yang telah Anda format nanti setelah proses memformat hard drive.

Jika Anda sudah mengerti itu, untuk bagian pertama saya ingin berbagi cara memformat hard drive eksternal di Windows. Jadi hanya berikut ini adalah cara untuk memformat hard drive eksternal di Windows.

Instal hard drive yang akan Anda format untuk menghubungkannya melalui steker USB yang tersedia di komputer Anda.

Buka Komputer / Komputer Saya / jendela PC ini pada komputer Windows Anda melalui menu Start atau dengan menekan tombol Win + E. Jendela ini akan menampilkan semua media penyimpanan yang terhubung ke komputer Anda pada waktu itu.

Klik kanan pada harddisk yang ingin Anda format, lalu klik "Format". Jendela pemformatan Windows akan terbuka nanti.

Pastikan Anda memilih harddisk yang benar karena nantinya semua data yang ada di harddisk akan terhapus dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Pilih sistem file. Sistem file adalah cara harddisk mengatur dan mengkategoirkan file dan akan menentukan kompatibilitas hard drive. Pilih opsi FAT32 atau exFAT.

Jika Anda mau, Anda dapat menamainya di hard drive Anda.

Putuskan apakah Anda ingin menggunakan Quick Format. Quick Format akan memformat harddisk Anda lebih cepat dari proses pemformatan standar, dan cukup baik untuk sebagian besar pengguna. Lakukan format standar, dan cukup baik untuk sebagian besar pengguna. Lakukan format standar hanya jika Anda mencurigai hard drive Anda bermasalah. Format standar memungkinkan Anda memperbaiki masalah.

Mulai proses pemformatan dengan mengklik Mulai, lalu klik OK untuk mengonfirmasi bahwa Anda memahami bahwa seluruh isi hard disk pada hard disk yang ingin Anda format akan dihapus.


  • Memformat harddisk di MAC.

Jika kita telah membahas cara memformat hard disk di Windows, diskusi selanjutnya kita akan membahas cara memformat hard disk di OSX pada komputer atau laptop MAC. Sama seperti sebelumnya pastikan Anda membuat cadangan data yang ingin Anda simpan. Berikut langkah-langkah untuk memformat hard disk di MAC

Instal hard drive Anda, Anda dapat menghubungkannya melalui USB, FireWire, atau melalui Thunderbolt.

Buka Disk Utility dengan mengklik "Pergi" dan memilih Utilitas ".

Jika Anda tidak melihat opsi Utilitas, pilih "Aplikasi" dan klik dua kali folder "Utilitas", kemudian buka program "Disk Utility".

Pilih harddisk dari daftar di sebelah kiri. Semua media penyimpanan yang terhubung ke komputer akan terdaftar di sisi kiri jendela Disk Utility. Pastikan Anda memilih hard drive yang tepat.

Klik tab "Hapus" untuk membuka opsi format untuk hard drive Anda.

Pilih sistem file. Sistem file adalah cara hard disk mengelola dan mengkategorikan file, dan akan menentukan kompatibilitas hard drive. Gunakan menu Volume Format untuk memilih sistem file. Jika Anda akan menggunakan hard drive eksternal pada sistem operasi yang berbeda, pilih exFAT.

Berikan nama pada hard drive.

Mulai proses format dengan mengklik Hapus. Proses ini hanya akan memakan waktu beberapa detik.

Memformat hard drive adalah langkah terakhir jika hard drive Anda ingin diperbaiki. Dengan tidak langusng proses pemformatan hard disk adalah cara untuk memperbaiki hard drive eksternal, jika Anda sudah mencoba langkah sebelumnya. Itu adalah diskusi tentang cara memformat hard drive eksternal. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar