--> Skip to main content

5 Jenis-Jenis Printer Dan Fungsi Printer Paling Umum Digunakan

Printer adalah salah satu perangkat keras yang paling banyak digunakan untuk berbagai kantor, sekolah, dan jenis kebutuhan administrasi lainnya. Karena itu, hari ini sangat umum ketika kita bertemu printer di berbagai tempat. Tapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis printer yang tersebar di sana? Berbagai jenis printer tentu memiliki karakteristik tersendiri, yang mungkin berbeda satu dengan lainnya. Dengan mengetahui jenis printer jenis apa, maka kita juga bisa memilih printer mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Apakah Anda tahu perbedaan printer? Apakah Anda sudah tahu jenis printer apa yang ada di luar sana? Jika Anda tidak mengetahuinya dan ingin mengetahuinya, maka tentu artikel ini harus Anda baca hingga selesai.

Jadi, jenis printer seperti apa itu? Berikut ini beberapa informasi tentang jenis-jenis printer yang mungkin perlu Anda ketahui.

1. Printer InkJet

Salah satu jenis printer yang biasa ditemui adalah printer InkJet. Printer inkjet ini menyemprotkan tinta di atas kertas untuk membentuk gambar atau dokumen yang Anda cetak. Printer ini bekerja dengan menempatkan pelat magnet yang menguras tinta ke kertas sesuai dengan pola yang diinformasikan oleh komputer atau driver-nya. Itu sebabnya terkadang tinta tidak bisa mengalir karena ada masalah, dan Anda harus mengatasinya dengan cara mengatasi tinta dengan printer yang tidak mengalir.
5 Jenis-Jenis Printer Dan Fungsi Printer Paling Umum Digunakan

Kualitas printer InkJet standar umumnya tidak begitu bagus dengan kualitas printer laserjet, yang memiliki kepadatan sekitar 300 dpi. Seperti halnya printer pada umumnya, jenis printer ini dapat digunakan untuk mencetak warna hitam atau warna lain dengan kombinasi tertentu yang akan disemprotkan sesuai dengan perintah yang diberikan oleh komputer. Karena menggunakan tinta semprot, kualitasnya dianggap lebih baik daripada dot matrix, salah satunya karena tinta bisa dikeringkan dalam hitungan detik.

Kelebihan printer ini di antaranya adalah mencetak lebih cepat jika dibandingkan dengan printer dot matrix, dengan kualitas yang bagus dan suara cetak yang relatif berisik atau berisik. Sementara kekurangannya adalah harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan printer dot matrix, harga tinta asli relatif mahal dan tidak bisa mencetak lebih dari satu dupleks. Anda dapat mempelajari berbagai tips tentang printer InkJet, seperti cara mereset printer Epson L210.

2. Printer Dot Matrix

Printer berikutnya adalah printer dot matrix. Jenis printer ini menggunakan sistem pembentukan karakter dengan menekan jarum pada pita di atas kertas sehingga dapat mencetak karakter tertentu di atas kertas. Dengan kata lain, tinta dari printer ini adalah pita itu sendiri. Cetakan adalah titik-titik kecil yang digiring menjadi karakter, oleh karena itu hasil cetakan tidak terlalu bagus.
5 Jenis-Jenis Printer Dan Fungsi Printer Paling Umum Digunakan

Karena berfungsi seperti mesin tik, hasil cetak dari printer ini dapat terjebak dengan karbon. Karena mengandalkan pita, maka warna yang bisa digunakan pada saat ngeprint hanya sebatas satu warna saja, biasanya merah atau hitam. Kecepatan cetak juga relatif rendah, antara lima hingga lima ratus karakter per detik, dengan jumlah pin atau jarum yang bervariasi antara 9-24 yang akan menentukan kualitas cetak yang dihasilkan. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak dokumen yang disalin dan digandakan, seperti tanda terima, stopmap, amplop, dan sebagainya.

Kelebihan printer dot matrix termasuk cetak ganda, ukuran kertas yang dapat digunakan untuk mencetak relatif lebar, dengan biaya pita printer relatif murah. Sementara itu kekurangannya adalah dpi rendah dan ppm yang menghasilkan cetakan kasar, kecepatan cetak lambat, suara berisik, dan cetakan yang tidak memiliki warna bervariasi. Jika printer dot matrix Anda bermasalah, tentu saja Anda harus tahu apa yang menyebabkan printer tidak mencetak, yang mungkin berbeda dari printer inkjet.

3. Printer Laser Jet

Jenis printer berikutnya yang mungkin kita temui adalah printer laser jet. Printer yang satu ini menggunakan laser sebagai media utama dalam pencetakannya. Cara kerjanya cukup unik, laser ini dilukis pada drum untuk menciptakan pola gambar yang akan dicetak pada kertas yang Anda miliki. Drum akan berputar melalui toner, bagian drum listrik akan mengambil toner dan kemudian memindahkannya ke kertas dengan bantuan tekanan dan panas.
5 Jenis-Jenis Printer Dan Fungsi Printer Paling Umum Digunakan

Printer ini bekerja dengan cepat dan kartridnya dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan printer lain. Warnanya juga bisa bervariasi, sama seperti printer inkjet adalah CMYK (Cyan, Magenta, Kuning, Hitam). Kualitas printer cetak jet laser sangat baik dan tajam dan dapat menghemat tinta. Oleh karena itu printer laser cenderung cocok dan sering digunakan untuk mereka yang mencetak dalam jumlah besar dan harus memenuhi syarat, seperti fotokopi dan percetakan bisnis dekat sekolah, atau mereka yang bekerja di kantor.

Keuntungan dari printer laser jet termasuk kecepatan cetak yang relatif tinggi dengan cetakan yang sangat baik dan suara pencetakan yang tenang atau tidak bising. Sementara itu kekurangannya yang mahal dan juga cepat panas.

4. Printer LED/LCD
5 Jenis-Jenis Printer Dan Fungsi Printer Paling Umum Digunakan

Printer LED atau LCD bekerja dengan prinsip yang tidak jauh berbeda dari printer laser jet. Perbedaannya terletak pada sumber pembuat pola. Ketika printer laserjet menggunakan laser, printer LED / LCD ini menggunakan dioda pemancar cahaya untuk membuat pola di atas drum. Hasil cetak sangat bagus, baik untuk mencetak teks atau grafik. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, ada baiknya jika Anda menyimpan dengan menyimpan printer dalam waktu lama agar printer LED / LCDmu tidak rusak.

5. Printer Plotter

Jenis printer berikutnya adalah printer yang banyak digunakan untuk mencetak grafik pada permukaan kertas, stiker pencetakan, vinyl dan lain-lain yang membutuhkan pencetakan grafis pada bidang yang luas. Itu sebabnya printer ini banyak digunakan dalam mencetak spanduk, poster, dan sejenisnya. Printer plotter terbagi menjadi dua, yaitu flatbed plotter dan drum plotter.
5 Jenis-Jenis Printer Dan Fungsi Printer Paling Umum Digunakan

Kelebihan printer ini tentu saja mampu mencetak kertas dengan ukuran yang lebar, dengan kecepatan cetak yang andal dan kualitas cetak yang bagus serta tidak berisik. Sementara harganya relatif mahal, ukurannya berlangsung dan juga bisa tinta yang boros tergantung pada apa yang dicetak dengannya.

Itu semacam printer yang bisa Anda ketahui. Selain beberapa jenis printer di atas, jenis printer lain yang dapat Anda pelajari adalah:


  • Printer thermal
  • Printer bubble jet
  • Printer solid ink
  • Printer DTG (direct to garment)
  • Printer label

Semoga dengan pembahasan singkat di atas, Anda tahu apa saja jenis printer di luar sana dan apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis jenis printer. Jangan lupa pelajari trik-trik tertentu seperti cara membersihkan printer Windows 8.

Selamat belajar printer ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar