--> Skip to main content

5 Cara Menghilangkan Iklan / Redirect di Browser Android

Virus adalah seperangkat kode instruksi yang membentuk perintah atau prosedur dengan tujuan mengeksploitasi sistem yang dijagkiti, dan tahan dan mampu mengembangkan diri. Saat ini, virus ini tidak hanya mampu menginfeksi sistem dari OS yang terinfeksi, tetapi juga ternyata ia mampu menginfeksi aplikasi browser atau yang biasa kita sebut dengan Web Browser, dengan media internet, mengingat fakta bahwa browser web adalah aplikasi berbasis desktop yang paling banyak berinteraksi dengan dunia di luar "internet" sehingga kemungkinan virus untuk menangkap aplikasi browser tidak dapat diremehkan. Media penyebaran virus melalui web browser sangat beragam, beberapa di antaranya bisa melalui skrip HTML, addons, applet, dan lain sebagainya.

1. Hapus URL Web Browser yang me-redirect ke homepage

Ini dilakukan dengan menghapus tautan pengalihan ke alamat tertentu yang dialihkan dengan menggunakan ikon pintasan dari browser web di Desktop, Start Menu, atau System Taskbar. Jadi ketika seorang pengguna membuka aplikasi browser web melalui pintasan di desktop, pengaturan jalur lokasi sudah ditempelkan dengan URL web yang mencurigakan, bukan tidak mungkin ketika halaman web dimuat, applet atau program jahat secara rahasia memasuki sistem dan menginfeksi peramban.
5 Cara Menghilangkan Iklan / Redirect di Browser Android

Cara melakukan penghapusan redirect :


  • Klik kanan ikon web browser di desktop;
  • Klik pada tab Shortcut, dan pada bagian target, setelah path .exe (misal : exe), cek apakah ada URL yang disisipin di bagian akhir teks, jika ada, hapus URLnya;
  • Simpan perubahan dengan mengklik Apply, kemudian OK.
2. Hapus Homepage dari Web Browser

Sama seperti langkah-langkah di atas, penghapusan ini dilakukan dengan menghapus beranda dari browser web sehingga ketika browser web dibuka, jangan akses halaman yang dicurigai. Setiap browser memiliki pengaturan yang berbeda untuk beranda, tetapi umumnya pengaturan beranda ditempatkan di awal jendela Pengaturan yang sesuai di browser.


Unuk Browser Chrome, langkahnya sbb :

  • Klik ikon titik 3 pada pojok kanan atas web browser;
  • Klik menu Settings;
  • Pada section On Startup, klik Manage On Startup Pages;
  • Pada Page to Open On Startup, klik dan pilih Open the New Tab Page;
  • Restart web browser untuk melihat perubahan.
3. Pengecekan Module Web Browser (Plugin, Extensions, atau Addons)

Langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan ekstensi web browser, dengan cara masuk ke settings dari web browser, kemudian memilih pengaturan untuk addons.

Caranya sbb :

3.1 Untuk Browser Chrome, langkahnya sbb :

3.1.1    Klik ikon titik 3 pada pojok kanan atas web browser;

3.1.2    Arahkan pada More Tools, dan klik Extensions;
3.1.3    Cek untuk Extensi yang dirasa mencurigai atau Kita tidak pernah instal sebelumnya, dan klik ikon Trash di sebelah kanan nama extension untuk menghapus Extension
3.3.4    Restart Chrome untuk melihat perubahannya.

3.2 Untuk Browser Firefox, langkahnya sbb :

  • Klik ikon garis 3 pada pojok kanan atas web browser;
  • Klik menu Add-Ons;
  • Dipanel kiri, klik Extensions, lalu dipanel kanan cek untuk extension yang dicurigai atau Kita tidak pernah menginstalnya, lalu klik tombol Uninstall;
  • Lakukan untuk ekstensi lainnya yang dirasa aneh dan mencurigai;
  • Lakukan restart Firefox;
4. Cek Software yang Terinstall
Perangkat lunak berbahaya atau mencurigakan yang diinstal secara otomatis saat Anda menjelajah Internet menggunakan peramban web dapat menyebabkan peramban web yang terinfeksi virus atau jenis malware yang berdampak pada penggunaan peramban dan sistem sumber daya yang ada.

Pengecekan perlu dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik menu Start;
  • Klik Control Panel;
  • Cari entry add / Remove Programs;
  • Klik pada header kolom installer On untuk melakukan sorting berdasarkan tanggal terbaru software yang diinstal;
  • Cek program atau software yang mencurigakan, kemudian lakukan Uninstal program tersebut dengan cara klik kanan pada nama program, dan klik Uninstall;
  • Ikuti tahap uninstal software hingga selesai;
  • Restart PC untuk melihat perubahannya.
  • Lakukan untuk program atau software lain yang dianggap mencurigai.
5. Melakukan setting Ulang browser
Pengaturan ulang browser dilakukan untuk menghapus addons, ekstensi, tema, dan berbagai pengaturan terkait browser. Dengan demikian, semua addons, serta pengaturan browser akan dihapus dan konfigurasi browser akan dikembalikan ke peringatan yang sama seperti saat browser web pertama kali diinstal. Metode ini bisa sangat efektif untuk menghapus virus yang menginfeksi peramban.

Caranya sbb :

5.1 Untuk Browser Chrome, langkahnya sbb :

5.1.1    Klik ikon titik 3 pada pojok kanan atas web browser;
5.1.2    Klik menu Settings;
5.1.3    Pada bagan pengaturan yang muncul, scroll halaman hingga bagian paling bawah dan klik pada button atau link Reset;
5.1.4    Lakukan konfirmasi dengan mengklik tombol Reset;
5.1.5    Tunggu hingga proses selesai, restart Chrome;

Langkah diatas akan menghapus seluruh ekstensi atau addons, tema, cookie dan data website, setelan konten privacy, dan settingan search engine. Yang telah terinstal sebelumnya di Chrome.

5.2 Untuk Browser Firefox, langkahnya sbb :

5.2.1    Klik ikon garis 3 pada pojok kanan atas web browser;
5.2.2    Klik ikon help dibagian bawah menu yang muncul, disamping menu Customize;
5.2.3.   Pada submenu yang muncul, pilih Troubleshooting Information;
5.2.4    Pada halaman webpage yang muncul, klik tombol  Refresh Firefox dibawah keterangan Give Firefox a tune up;
5.2.5    Konfirmasikan reset dengan mengklik Setel Ulang Firefox;
5.2.6    Firefox akan merestart otomatis setelah proses reset selesai;

Langkah diatas akan menghapus seluruh ekstensi atau addons, tema, cookie dan data website, setelan konten privacy, dan settingan search engine. Yang telah terinstal sebelumnya di Firefox.

Tips Mengamankan Browser

Untuk mengamankan browser dari virus, malicious software dan malware dari penyebarannya, perlu perhatikan beberapa Hal-hal berikut :

1. Selalu lakukan scanning virus;
2. Update secara kontinue Windows, dan juga Antivirus yang terpasang;
3. Jika memungkinkan, gunakan antivirus internet security yang memang ditujukan untuk penggunaan keamanan di dunia maya. Jika tidak memungkinkan untuk membeli sebuah software antivirus yang biaya lisensinya cukup mahal, gunakan yang versi freeware;
4. Selektif dalam melakukan instalasi addons, extensions, atau theme untuk browser. Sebaiknya menginstal hanya dari fasilitas store manager yang disediakan oleh Masing-masing browser.

Demikian artikel dari cara menghapus virus browser, semoga dapat memberi manfaat terutama dalam troubleshooting menangani virus pada web browser. Semoag bermanfaat.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar